data-ad-format="auto"

5 Penyebab Mengapa Perut Mulas Setelah Minum Kopi

Mungkin bagi sebagian besar orang, kopi memang menjadi salah satu jenis minuman yang harus selalu dikonsumsi setiap hari. Jika satu hari tanpa kopi tentunya akan membuat seseorang merasa kurang lengkap. Bagaimanapun juga bagi pecinta kopi, mengonsumsi kopi dapat memberikan pikiran dan juga otak yang lebih rileks. Bagi sebagaian besar orang tentunya tidak dapat beraktivitas dengan baik jika tidak menyeruput kopi terlebih dahulu. Maka dari itu, tidak heran jika kopi menjadi minuman yang tidak dapat dilepaskan begitu saja. Inilah mengapa banyak orang yang kecanduan akan kopi.

Akan tetapi, bagi sebagian besar orang yang tidak terbiasa mengonsumsi kopi, maka akan sedikitnya mengakibatkan perut menjadi mulas dan juga sakit. Perut mulas dan juga sakit ini tentunya dapat disebabkan oleh beberapa hal yang kemungkinan besar ada masalah dengan gangguan pencernaan Anda. Meskipun begitu, namun tetap saja mengonsumsi kopi dapat menjadi sebuah kebiasaan yang sangat sulit untuk dilepaskan.

Mengapa Perut Mulas Setelah Minum Kopi?

Meskipun tidak semua orang merasakan perut mulas dan juga sakit saat meminum kopi. Namun, tidak sedikit pula orang yang selalu mengalami rasa sakit perut setelah mengonsumsi kopi. Rasa mulas pada perut biasanya terjadi beberapa menit setelah kita meminum kopi. Setelah mengonsumsi kopi akan timbul rasa ingin buang air besar. Tidak jarang orang yang buang air besar setelag beberapa menit mengonsumsi kopi.

Baca Juga: Keputihan Pada Wanita - Jenis, Penyebab dan Pencegahan

Tentu, ada penyebab dimana perut Anda akan merasa mulas dan juga sakit setelah minum kopi. Mungkin beberapa hal tersebut dapat pula diakibatkan oleh sistem pencernaan Anda terganggu. Untuk lebih jelasnya, berikut kami sajikan beberapa penyebab mengapa perut mulas setelah minum kopi, diantaranya:

Kopi membuat usus jadi cepat

Penyebab pertama dimana perut mulas dikarenakan kopi dapat membuat kinerja usus menjadi lebih cepat. Hal ini dikarenakan kafein dan juga zat-zat kimia yang ada di dalam kopi tentunya dapat merangsang kinerja usus menjadi lebih cepat. Tidak heran jika perut Anda akan sakit dan juga mulas saat meminum kopi. Ini tentunya dapat membuat reaksi normal dan juga wajar untuk terjadi. Namun, bagi orang yang sensitif terhadap kopi tentunya akan membuat sebuah pergerakan dimana usus menjadi lebih cepat sehingga akan membuat perut menjadi mulas dan juga kram. Pada orang yang mengalami masalah pencernaan dan juga rentan terhadap penyakit tentu akan sangat mudah mengalami penyakit maag dan ataupun asam lambung menjadi semakin meningkat.

Mencampurkan susu dengan kopi

Mungkin bagi sebagian besar orang yang tidak kuat akan pahitnya kopi. Mereka akan menambahkan susu ataupun krimer. Padahal jika Anda mencampurkan susu dan juga krimer justru akan membuat perut Anda mulas dan juga sakit, terlebih jika Anda memiliki intoleransi laktosa. Penyebab intoleransi laktosa terjadi dikarenakan tubuh tidak dapat menyerap ataupun mencerna laktosa yang ada di dalam susu. Gejala yang dapat timbul dari intoleransi laktosa ini yakni dapat menyebabkan perut sakit, mulat, diare bahkan perut kembung.

Jika Anda mengalami gejala seperti yang sudah kami sebutkan di atas, maka segeralah konsultasikan kepada dokter. Dalam hal ini dokter akan menyarankan Anda untuk mengganti produk susu dengan basis kandungan nabati seperti misalnya susu kedelai untuk mencegah kambuhnya intoleransi laktosa.

Minum kopi saat perut Anda kosong

Sebuah artikel yang diterbitkan di dalam jurnal Critical Reviews in Food Science dan Nutrition menyebutkan bahwa pada tahun 2006 dilaporkan bahwa kopi dapat merangsang produksi asam lambung akibat terdapatnya kandungan asam klorogenatnya. Seperti yang kita tahu bahwa asam lambung (asam klorida) merupakan cairan yang memiliki sifat korosif kuat sehingga jika dibiarkan terus menerus mengenang, maka akan menyebabkan dinding lambung menjadi terkikis, terlebih jika tidak adanya asupan makanan ke dalam perut. Inilah yang menyebabkan perut sakit dan juga mulas setelah minum kopi yang pada akhirnya akan berakhir dengan gastritis (maag).

Keluarnya hormon yang membantu sistem pencernaan

Jika Anda termasuk orang yang sering mengalami rasa mulas ataupun sakit perut saat minum kopi. Jangan khawatir karena Anda tidak sendiri karena hampur sekitar 30-40% orang yang mengonsumsi kopi akan mengalami rasa mulas dan juga sakit perut. Selain dari mengonsumsi kopi dalam keadaan perut yang kosong, rasa mulas dan juga sakit perut juga dapat disebabkan oleh adanya komponen pada kopi yang dapat mendukung keluarnya hormon yang membantu sistem pencernaan. Akan tetapi belum diketahui secara jelas zat apa yang ada di dalam kopi tersebut karena tentunya banyak sekali komponen yang terdapat di dalam kopi sehingga cukup sulit untuk disimpulkan.

Cara Mengatasi Agar Tidak Mulas Setelah Minum Kopi

Jika Anda terbiasa mengonsumsi kopi, namun terasa mulas setelahnya. Maka ada beberapa hal yang harus diperhatikan dan juga diwaspadai karena mungkin saja hal tersebut cukup serius bagi kesehatan tubuh Anda. Meskipun begitu tentunya ada beberapa tips dan juga cara untuk mengatasi agar tidak mulas setelah minum kopi, diantaranya:

Jangan minum kopi saat perut kosong

Tips pertama yang bisa Anda lakukan ialah dengan menghindarkan diri dari minum kopi saat perut Anda kosong. Ini tentu dapat menjadi solusi yang cukup baik bagi perut Anda. Terlebih jika Anda termasuk tipe orang yang rentan terkena maag ataupun asam lambung naik dengan mudah. Alangkah baiknya jika Anda membiasakan diri untuk minum kopi setelah perut Anda terisi meskipun cuma makanan ringan.

Pilih jenis kopi

Selain dari kebiasaan minum kopi dalam keadaan perut yang kosong, tentunya Anda juga disarankan untuk memilih jenis kopi terlebih dahulu. Jenis kopi di sini yakni jenis kopi decaf dimana tidak akan membuat perut Anda mulas dikarenakan kandungan kafein yang sangat rendah. Meskipun terbilang sulit untuk memilih jenis kopi yang tidak biasa kita konsumsi, namun pilihan ini menjadi hal yang harus Anda lakukan.

Konsultasikan dengan dokter

Jika Anda merasa mengalami rasa sakit perut dan juga mulas yang tidak biasa, maka solusi terbaik yang bisa Anda lakukan yakni dengan berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter. Dengan begitu Anda dapat sedikitnya mengetahui kondisi dan juga keadaan perut Anda. Mungkin saja dokter akan menyarankan cara lain agar Anda tidak mulas ataupun sakit perut saat minum kopi.

Jika Anda terbiasa untuk mengonsumsi kopi setiap harinya dan berujung dengan perut sakit dan juga mulas tentunya Anda diwajibkan untuk mulai mengikuti tips yang sudah kami bagikan di atas. Alangkah lebih baiknya jika Anda mulai berhenti untuk mengonsumsi kopi terlebih jika Anda sering merasakan mulas dan sakit perut. Hal ini tentunya tidak lain ialah untuk kesehatan perut dan juga tubuh Anda. Itulah beberapa penyebab mengapa perut mulas setelah minum kopi yang perlu Anda ketahui. Jagalan kebiasaan buruk Anda dengan menggantinya dengan kebiasaan sehat. Semoga bermanfaat!