5 Makanan Sehat untuk Ibu Hamil yang Wajib Kamu Coba Sekarang

Mengonsumsi makanan yang sehat itu penting bagi kita semua untuk gaya hidup yang lebih sehat. Hal ini lebih penting lagi bagi ibu hamil. Wanita hamil perlu mengonsumsi makanan sehat yang penuh nutrisi untuk kesehatan ibu dan janin yang dikandungnya. Makanan sehat ini perlu mengandung nutrisi gizi yang seimbang seperti protein, lemak, serat, karbohidrat, serta vitamin dan mineral. Dan tentunya makanan sehat ini perlu memiliki rasa yang enak. Inilah 5 makanan sehat untuk ibu hamil yang wajib kamu coba.

  1. Susu dan produk olahannya

Susu adalah makanan yang sangat penting bagi ibu hamil. Susu dan produk olahannya seperti keju dan yogurt akan memberikan asupan kalsium yang sangat dibutuhkan untuk pertumbuhan janin. Susu juga mengandung dua macam protein, yaitu kasein dan whey protein. Selain itu, susu juga mengandung berbagai vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh seperti vitamin B, magnesium, fosfor, dan zinc.

Keju sebagai salah satu produk olahan dari susu juga mengandung banyak nutrisi. Kamu bisa menikmati keju sebagai camilan atau menambahkan keju pada makanan favoritmu.

Mengonsumsi yogurt juga sangat baik bagi ibu hamil. Yogurt mengandung bakteri probiotik yang dapat menjaga kesehatan saluran pencernaan.

Jika kamu memiliki lactose intolerance, maka kamu dapat mengganti susu sapi dengan susu kedelai atau susu almond.

  1. Kacang-kacangan

Siapa yang tak suka kacang sebagai camilan? Kacang-kacangan ternyata mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan ibu hamil seperti asam folat, protein, kalsium, serat, dan zat besi. Asam folat atau vitamin B9 merupakan nutrisi yang sangat penting bagi ibu hamil untuk membantu perkembangan janin, terutama pada trimester pertama. Dalam satu hari, ibu hamil perlu mengonsumsi 600 mikrogram asam folat. Menambahkan kacang-kacangan sebagai salah satu makanan atau cemilan wajib akan membantu untuk memenuhi kebutuhan asam folat bagi ibu hamil.

Kacang-kacangan yang dapat dikonsumsi bermacam-macam, misalnya kacang tanah, kacang arab, kacang polong, kacang almond, dan sebagainya. Pastikan untuk selalu menyediakan camilan sehat ini di rumah.

  1. Ikan Salmon

Jika kamu menyukai masakan ikan, pilihlah ikan salmon sebagai salah satu menu favoritmu. Ikan salmon sangat baik dikonsumsi oleh wanita hamil karena banyak mengandung asam lemak omega-3. Zat gizi ini sangat baik untuk pertumbuhan otak dan mata janin. Selain itu, asam lemak omega-3 juga dapat mencegah bayi terlahir prematur.

Ikan salmon juga kaya akan vitamin D yang baik untuk pertumbuhan tulang dan baik untuk ketahanan tubuh. Nutrisi ini sangat dibutuhkan baik oleh ibu hamil maupun janin.

Tetapi hati-hati, karena tidak semua ikan laut baik untuk dikonsumsi ibu hamil. Beberapa ikan laut seperti ikan tuna putih, ikan hiu, ikan king mackerel, dan ikan todak sebaiknya tidak dikonsumsi ibu hamil karena mengandung merkuri dalam kadar yang cukup tinggi.

 4. Telur

Telur juga sangat baik untuk ibu hamil. Kamu dapat membuat bermacam-macam variasi makanan dengan telur. Sandwich telur, orak arik telur, martabak, dan sebagainya. Telur banyak mengandung zat gizi yang diperlukan ibu hamil, diantaranya adalah kolin. Satu butir telur mengandung sekitar 147 miligram kolin, atau sepertiga dari kebutuhan harian kolin bagi ibu hamil. Kolin dapat membantu pertumbuhan otak janin dan mencegah timbulnya kelainan pada otak dan tulang belakang janin.

  1. Brokoli dan sayuran hijau lainnya

Jangan malas makan sayuran hijau seperti brokoli, bayam, dan lainnya. Sayuran hijau memiliki berbagai kandungan vitamin dan mineral yang dapat mencegah bayi lahir dengan berat badan terlalu rendah. Sayuran juga mengandung banyak serat yang bermanfaat untuk melancarkan sistem pencernaan ibu hamil.

Kandungan vitamin dan mineral dalam sayuran hijau diantaranya adalah vitamin C, vitamin K, zat besi, asam folat, dan kalium.

Selain untuk dimasak, brokoli atau sayuran hijau juga dapat dibuat jus. Agar rasanya lebih segar, kamu bisa mencampur jus sayuran hijau ini dengan buah-buahan seperti jeruk atau lemon.

Itulah beberapa makanan yang kaya gizi dan baik untuk dikonsumsi ibu hamil. Ingatlah bahwa makanan yang kamu konsumsi selama hamil akan berefek pada janin. Jadi, pastikan agar makanan sehat ini selalu ada dalam menu harianmu.

Leave a Reply