5 Kiat Mencegah Bisul Agar Tak Meradang dan Timbulkan Sakit Berlebihan

3.85/5 (48)

Penyakit Bisul

Bisul merupakan suatu gangguan penyakit kulit yang amat menjengkelkan. Penyakit ini timbul dengan adanya benjolan merah dibagian permukaan kulit yang kemerahan dan berisi dengan cairan juga nanah.

Ketika seseorang terserang dengan penyakti bisul, maka gejala yang akan mungkin dirasakan adalah perasaan nyeri yang berdenyut, peradangan dibagian benjolan yang apabila disentuh akan terasa hangat. Benjolan yang muncul umumnya akan membesar seiring dengan berjalannya waktu dan pada gilirannya bisul akan pecah dengan sendirinya dan mengeluarkan nanah. Akan tetapi ada pula beberapa bisul yang tidak bisa pecah dan menjadi infeksi dibagian dalam.

Adapun penyebab bisul yang paling umum adalah adanya infeksi akibat bakteri yang masuk kedalam folikel rambut lewat pori-pori kulit. Bakteri yang menginfeksi bagian tersebut adalah jenis bakteri Staphylococcus aureus. Infeksi pada awalnya akan menyerang bagain akar rambut dibagian bawah kulit. Kemudian akan naik hinga menubuhkan bintik kecil dibagian kulit.

Serangan dari penyakit kulit yang satu ini tidak hanya menyerang orang dewasa. Bahkan pada beberapa survei menunjukan bahwa penderita bisul lebih banyak menyerang anak-anak dibandingkan dengan orang dewasa. Untuk itulah, sangat penting untuk kita mengetahui bagaimana pencegahan terhadap penyakit bisul. Simak dibawah ini.

kiat mencegah bisul agar tidak meradang

1. Jangan Stres

Hal pertama yang dapat dilakukan untuk mencegah kondisi bisul yang dirasakan agar tidak memburuk adalah menjaga tubuh dan pikiran anda agar tidak stres. Stres umumnya akan menyebabkan gangguan keseimbangan hormon dalam tubuh. Yang mana dampak awal dari kondisi perubahan hormon adalah timbulnya jerawat yang kemudian akan mungkin berubah menjadi bisul.

Gangguan pikiran yang berat ini pun akan dapat menimbulkan aliran darah dalam tubuh menjadi tidak lancar. Untuk itu, sebaiknya hindari stres dari tubuh anda dengan menghindari beberapa penyebab stres.

Stres biasanya timbul ketika tekanan pada tubuh dan pikiran anda terlalu besar. Untuk itu cobalah menjadi lebih rileks dengan mengalihkan perhatian anda pada sesuatu yang dapat menenangkan anda seperti mendengarkan musik, bersantai dan lain sebagainya.

2. Mengelola Alergi

Alergi juga bisa menjadi salah satu hal yang dapat memicu penyebab bisul muncul. Alergi akan dapat menimbulkan bisul karena sistem kerja sel darah putih justru dapat merusak keseimbangan alirah darah dalam tubuh. Salah satu cara mencegah bisul timbul dalam kulit adalah dengan mengelola alergi anda.

Bila anda seringkali mengalami alergi yang dapat menyebabkan bisul, maka hindari produk atau berbagai hal yang akan dapat memicu alergi. Beberapa produk yang bisa memicu alergi diantaranya adalah susu, ikan telur dan jenis makanan lainnya.

Apakah informasi ini bermanfaat?

1 2 3 4 5

Leave a Reply