data-ad-format="auto"

4 Pilihan Metode Menidurkan Bayi

Bayi memiliki keunikan masing-masing dalam pertumbuhan dan perkembangnya, begitu pula dalam membiasakan waktu tidur dan metode yang digunakan untuk membuat bayi anda tertidur lelap.

Berikut adalah beberapa pilihan metode yang dapat disesuaikan dengan bayi anda :

1.  Metode ferberizing

Metode ini yaitu menidurkan bayi dengan membiarkan bayi menangis hingga tertidur. Meskipun terkadang beberapa orang tua seringkali tidak menggunakan metode ini yang dianggap membuat bayi tidak nyaman dan menangis semakin keras. Padahal metode ini dapat anda lakukan asalkan anda mengetahui jadwal tidur bayi anda, sehingga ketika bayi anda menangis di saat waktunya untuk tidur anda dapat membiarkan bayi anda menangis lebih panjang dari biasanya. Untuk anda yang akan menggunakan metode ferberizing anda dapat memulainya dengan rutinitas di malam hari sehingga membantu menciptakan suasana tenang pada anka anda dan menandakan waktu tidur. Anda dapat menjadwalkan waktu setiap malam ketika bayi anda mengantuk atau belum mengantuk sehingga terbiasa.

Baca Juga: Repot Bayi Sering Ngompol? Gunakan Sprei Waterproof, Atasi Ompol dan Bau Pesing

Kesulitan dalam menggunakan metode ferberizing yang dipopulerkan oleh Richard ferber yaitu ketika bayi menangis dan harus membiarkannya hingga 5 menit. Kemudian biarkan bayi anda mendengarkan suara lembut anda tanpa menggendongnya. Pada malam selanjutnya anda dapat memberi jeda yang 10 menit hingga bertahap 15 menit di malam selanjutnya. Dalam metode ini anda harus peka terhadap tangisan bayi anda sehingga anda dapat mengetahui penyebab bayi menangis sehingga apabila dikarenakan hal yang harus diwaspadai seperti tersedak atau terkena sesuatu yang keras.

2.  Metode No Cry

Metode ini menitikberatkan antara kedekatan antara bayi dengan anda sehingga anda dapat menguranginya secara bertahap. Metode ini cocok untuk anda yang tidak ingin bayi menangis di malam hari, tidak keberatan ketika bangun sepanjang malam atau bagi anda yang menginginkan banyaknya kontak fisik antara anda dan bayi. Dalam melakukan metode ini adalah menjaga waktu secara konsisten dan melakukan rileksasi yang menegangkan pada bayi. Dalam melakukan metode ini yang harus anda lakukan adalah untuk menjaga sepanjang malam bersama dengan bayi anda sehingga anda lebih dekat dengan bayi anda. Apabila bayi anda terbangun hal yang harus anda perhatikan bayi terbangun atau tidur kembali. Sentuhan lembut yang mendekatkan bayi anda dengan asi akan membuatnya kembali mengantuk. Dalam melakukan metode ini sebaiknya memperhatikan keamanan selama anda tidur dengan bayi anda, apabila seranjang anda harus memperhatikan kenyamanan dan resiko bayi anda tertindih.

3.  Metode Long Good Bye

Metode ini menekankan cara agar anda mempunyai batasan secara perlahan dengan bayi anda. Metode ini sangat cocok pada anda yang mempunyai kesibukan sehingga mempunyai waktu yang lebih panjang. Adapun cara yang dapat anda lakukan dalam menggunakan metode ini adalah dengan membiasakan bayi anda untuk dibaringkan di tempat tidurnya hingga mengantuk, ketika bayi anda rewel anda dapat menepuk-nepuknya sehingga bayi anda tenang.

Bagi anda yang menggunakan metode ini sebaiknya tidak buru buru merespon tangisan akan tetapi memberikan waktu sehingga ketika tangisannya histeris baru bayi anda digendong. Anda dapat melakukan metode ini secara konsisten sehingga menjadi kebiasaan untuk bayi anda akan tetapi yang harus diperhatikan jangan terburu buru meninggalkan bayi anda sendiri, anda dapat membiasakannya secara perlahan sedikit demi sedikit hingga terbiasa.

4.  Metode Self Soothing

Metode ini membiarkan bayi anda untuk tidur sendiri dengan membiasakan jadwal tidur dan juga menenangkannya dengan verbal. Metode ini sangat cocok digunakan untuk mengatur bayi secara personal untuk tetap tenang. Anda dapat memulainya dengan ritual yang mendukung metode ini misalnya dengan mandi dengan air hangat, lampu yang redup dan membaca buku cerita sehingga membuat bayi anda tenang. Selanjutnya yang tidak kalah penting dalam melakukan metode ini adalah dengan menenangkan dengan suara anda sendiri sehingga membantunya ketika terbangun di malam hari. Dalam melakukan metode ini anda memerlukan waktu minimal satu minggu hingga bayi anda bisa terlelap kemudian selanjutnya perhatikan pula daftar lagu yang dapat membuat bayi anda tenang dan putarlah secara perlahan sehingga menjadi pengantar tidurnya.

Loading...

Populer di Dunia Bayi

1500+ Rangkaian Nama-Nama Bayi Laki-Laki Islami Modern

Mendapatkan kehamilan memang merupakan salah satu berkah yang luar biasa yang di berikan…

Nama-Nama Bayi Perempuan Islami

Nama adalah doa dan nama juga bisa menjadi pengharapan orang tua kepada anak. Oleh karena…

Cara Ampuh Menaikan Berat Badan Bayi

Pada umumnya bayi dilahirkan dengan berat badan dan ciri yang berbeda satu sama lainnya,…
Default Image

Bayi Muntah Setelah Diberi ASI

sumber : KuliahBidan Gumoh dan muntah sering kali terjadi hampir setiap pada bayi. Gumoh…
Default Image

Mengenal Tanda-Tanda Pertumbuhan Gigi Bayi

Setiap bayi akan memiliki masa pertumbuhan gigi yang berbeda-beda, namun biasanya awal di…

Follow us