4 Cara Memenuhi Kebutuhan Kalsium Untuk Ibu Hamil yang Intoleransi Laktosa

Cara Memenuhi Kebutuhan Kalsium Untuk Ibu Hamil yang Intoleransi Laktosa – Intoleransi laktosa merupakan gangguan kesehatan yang dapat dialami siapa saja, termasuk oleh ibu hamil. Seseorang yang mengalami intoleransi laktosa biasanya akan mengalami keluhan seperti perut kembung dan sakit perut setelah mengonsumsi atau minum produk olahan susu.

Kalsium yang terkandung di dalam susu sangat penting untuk kesehatan tulang ibu hamil, termasuk diperlukan untuk tumbuh kembang bayi dalam kandungan. Selain itu, kalsium juga bermanfaat untuk menurunkan risiko ibu hamil mengalami preeklampsia, serta irama jantung bayi normal.

Nah, saat hamil kebutuhan kalsium menjadi meningkat. Ada banyak efek yang akan ditimbulkan jika ibu hamil tidak dapat memenuhi kebutuhan kalsium dengan baik seperti mudah merasa lelah, rentan mengalami patah tulang, pada beberapa bagian tubuh sering kesemutan, mood swing dan si kecil dalam kandungan akan kekurangan kalsium.

Untuk ibu hamil yang mengalami intoleransi laktosa, berikut ini beberapa cara memenuhi kebutuhan kalsium. Tidak hanya bisa didapatkan dari susu dan produk olahannya saja, namun juga kalsium bisa didapatkan dari asupan makanan lainnya seperti berikut ini.

Cara Memenuhi Kebutuhan Kalsium Untuk Ibu Hamil

Cara Memenuhi Kebutuhan Kalsium Untuk Ibu Hamil yang Intoleransi Laktosa

Apabila anda tidak bisa minum susu maupun produk olahannya, maka beberapa cara ini bisa anda lakukan untuk memenuhi kebutuhan kalsium seperti berikut ini.

Mengonsumsi Biji-Bijian

Cara Memenuhi Kebutuhan Kalsium Untuk Ibu Hamil

Untuk memenuhi kebutuhan kalsium saat hamil, anda bisa mengonsumsi biji-bijian. Mengonsumsi biji-bijian bisa menjadi pengganti susu untuk memenuhi kebutuhan kalsium ibu hamil.

  • Biji-bijian yang dapat dikonsumsi yaitu biji-bijian yang sudah dikeringkan, serta mengandung kalsium yang banyak seperti chia seeds, biji labu dan lain sebagainya.
  • Anda bisa mengonsumsi langsung biji-bijian tersebut ataupun dicampurkan dengan salad.

Mengonsumsi Sayuran Hijau

Cara Memenuhi Kebutuhan Kalsium Untuk Ibu Hamil

Mengonsumsi sayuran dianjurkan karena termasuk sumber makanan sehat. Nah, untuk memenuhi kebutuhan kalsium, anda bisa mengonsumsi sayuran hijau. Selain mengandung asam folat dan zat besi, sayuran hijau juga mengandung kalsium yang bagus untuk kehamilan anda.

  • Beberapa jenis sayuran hijau yang dapat anda pilih di antaranya yaitu brokoli, bayam dan pakcoy.
  • Sayuran tersebut bisa anda olah dengan cara direbus, ditumis atau dikukus sesuai selera. Anda bisa mengonsumsi makanan tersebut dengan jenis makanan sehat lainnya.

Mengonsumsi Produk Olahan Susu

Cara Memenuhi Kebutuhan Kalsium Untuk Ibu Hamil

Selain itu, untuk memenuhi kebutuhan kalsium, anda juga dapat mengonsumsi produk olahan susu.

  • Anda dapat memilih makanan yang sudah difermentasi, seperti misalkan yoghurt.
  • Tidak ada salahnya anda juga mencampurkan buah-buahan yang segar ke dalam yoghurt agar dapat memaksimalkan pemberian nutrisi.

Mengonsumsi Jenis Makanan dan Minuman yang Lainnya

Cara Memenuhi Kebutuhan Kalsium Untuk Ibu Hamil

Untuk mencukupi sumber kalsium, anda tidak perlu mendapatkannya dari susu saja. Selain susu, ada banyak jenis makanan lainnya yang tinggi akan kandungan kalsium.

  • Ada banyak jenis makanan lainnya yang tinggi akan kandungan kalsium seperti tahu, kedelai, tempe, kacang-kacangan dan seafood.
  • Anda jangan hanya terpaku pada susu saja, sebab masih banyak lagi makanan maupun minuman yang mengandung tinggi kalsium untuk ibu hamil.

Baca juga : Cara Mengendalikan Nafsu Makan Berlebih Saat Hamil

Nah, itulah beberapa cara memenuhi kebutuhan kalsium untuk ibu hamil. Selain dengan konsumsi jenis makanan tersebut, agar kebutuhan kalsium tercukupi anda juga dapat berjemur di bawah matahari. Selain itu, anda juga dapat berkonsultasi pada dokter untuk mengetahui cara yang benar memenuhi kebutuhan kalsium.

Leave a Reply