data-ad-format="auto"

30 Makanan Yang Baik Ketika Puasa Yang Wajib Anda Konsumsi

Bulan puasa menjadi bulan yang ditunggu-tunggu oleh umat muslim. Tidak heran jika umat muslim menyambut bulan puasa ini penuh dengan kebahagian. Hal ini dikarenakan bulan puasa menjadi waktu dimana kita harus menahan diri dari makan, minum serta hal-hal yang membatalkan puasa. Meskipun sedang berpuasa, kita sebagai umat muslim diwajibkan untuk memenuhi asupan gizi dan juga nutrisi yang baik bagi tubuh. Selama kita berpuasa tentunya harus tetap menjaga makanan yang kita konsumsi setiap hari.

Ketika sedang berpuasa, tubuh justru membutuhkan asupan gizi dan juga nutrisi yang lebih banyak dikarenakan pada waktu siang hari kita diharuskan untuk menahan makan dan juga minum. Hal pertama yang harus Anda lakukan yakni menjaga asupan makanan dan juga minuman yang baik ketika sedang menjalankan puasa. Makanan yang baik ketika berpuasa tentunya akan mempengaruhi kesehatan tubuh kita selama menjalankan puasa pada saat siang hari.

Akan tetapi, sebagian besar orang lebih memilih untuk mengonsumsi jenis makanan yang justru tidak sehat. Banyak yang memilih makanan yang pedas dan juga junk food dikarenakan rasa yang sangat menggugah selera. Untuk itu, ketika kita sedang berpuasa, maka diharuskan bagi kita untuk memilih jenis makanan dan minuman tertentu yang tentu baik untuk kesehatan tubuh kita. Bagaimanapun juga, makanan dan juga minuman yang sehat tidak akan berdampak buruk pada kesehatan tubuh kita terutama ketika sedang berpuasa.

Makanan Yang Baik Ketika Puasa

Baca Juga: Keputihan Pada Wanita - Jenis, Penyebab dan Pencegahan

Pada intinya, makanan yang sangat baik dan juga direkomendasikan ketika sedang berpuasa yakni makanan yang mengandung gizi yang cukup tinggi. Seperti yang kita tahu bahwa banyak sekali jenis makanan yang kaya akan protein dan juga vitamin. Jenis makanan tersebut tentunya menjadi jenis makanan yang wajib untuk dikonsumsi ketika sedang berpuasa. Makanan yang mengandung zat-zat dan juga senyawa yang diperlukan tubuh untuk proses metabolisme tubuh menjadi jenis makanan yang wajib untuk kita konsumsi.

Namun, banyak sekali yang masih bertanya-tanya mengenai jenis makanan apa yang memang sebaiknya dikonsumsi selama menjalankan ibadah puasa serta bagaimana pola makan yang benar ketika kita sedang berpuasa. Selain menghindari makanan yang tinggi lemak serta makanan yang terlalu manis, berikut ini kami sajikan beberapa jenis makanan yang sangat baik  ketika dikonsumsi selama berpuasa, diantaranya:

Kelompok Karbohidrat Kompleks

Jenis makanan pertama yang sangat wajib dikonsumsi ketika sedang berpuasa yakni kelompok karbohidrat kompleks. Karbohidrat memang senyawa yang dibutuhkan oleh tubuh untuk menambah energi yang diperlukan oleh tubuh dalam melakukan aktivitas sehari-hari ketika sedang berpuasa. Karbohidrat di sini tentunya menjadi jenis makanan yang wajib dikonsumsi karena bermanfaat untuk mengembalikan kekuatan tubuh serta menghindari tubuh merasa lemas ketika sedang berpuasa.

Namun, alangkah baiknya jika kita mengonsumsi jenis karbohidrat yang kompleks karena akan membuat tubuh menjadi kenyang lebih lama serta memberikan kadar energi yang cukup stabil setiap harinya. Banyak sekali jenis makanan yang mengandung karbohidrat kompleks, diantaranya:

Nasi merah

Jenis makanan yang satu ini tentunya memang menjadi jenis makanan yang kerap dikonsumsi oleh banyak orang. Nasi merah tentunya digunakan oleh sebagian orang untuk program diet yang alami dan juga sehat. Banyak sekali pelaku diet yang melirik sumber karbohidrat ini sebagai pengganti nasi putih. Tidak seperti nasi putih yang mengandung gula, nasi merah dikenal memiliki keunggulan yakni lebih tinggi serat dan juga mineral. Untuk itu, bagi mereka yang berniat untuk menurunkan berat badan selama berpuasa, alangkah baiknya jika Anda mengonsumsi nasi merah dibandingkan dengan mengonsumsi nasi putih.

Kentang

Kentang memang kerap digunakan sebagai sumber makanan pengganti nasi baik nasi putih ataupun nasi merah. Kentang mengandung kalori yang cukup tinggi dan menjadi makanan yang harus dihindari oleh penderita diabetes. Namun, kandungan serat yang cukup tinggi pada kentang membuat kentang menjadi sumber karbohidrat yang aman untuk dikonsumsi. Selain itu, kentang juga menjadi sumber yang kaya akan zat besi sehingga sangat baik dikonsumsi untuk wanita yang lebih membutuhkan zat besi dibandingkan dengan laki-laki.

Oatmeal

Jenis makanan selanjutnya yang kaya akan karbohidrat kompleks yakni banyak sekali gizi dan juga nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Oatmeal tergolong ke dalam karbohidrat yang sehat dan kerap digunakan pula oleh pelaku diet yang sehat. Oatmeal termasuk ke dalam salah satu jenis karbohidrat yang sehat karena mengandung banyak serat sehingga dapat mengatasi berbagai masalah pada sistem pencernaan.

Jagung

Sudah tidak asing lagi bahwa jagung memang menjadi sumber karbohidrat yang berkualitas tinggi. Makanan pokok orang Madura ini ternyata mengandung banyak gizi dan juga nutrisi yang sangat tinggi dengan indeks glikemik yang cukup rendah. Maka dari itu, jagung kerap digunakan oleh penderita diabetes yang membutuhkan jenis makanan yang rendah akan kalori dan juga gula. Selain itu, jagung juga memiliki kandungan gizi dan juga nutrisi yakni kalium yang sangat bermanfaat untuk mengontrol tekanan darah.

Pisang

Buah pisang memang menjadi salah satu jenis buah-buahan yang mengandung karbohidrat yang cukup kompleks. Selain memiliki kandungan kalori yang cukup tinggi, buah pisang juga menjadi jenis makanan yang mengandung banyak serat, namun tidak menyebabkan badan Anda menjadi gemuk. Sehingga Anda tidak perlu khawatir akan konsumsi jenis buah yang satu ini. Selain itu, pisang juga mengandung banyak vitamin diantaranya vitamin C, B6, kalsium, dan juga kalium. Jenis vitamin B6 yang terkandung di dalam buah pisang memiliki peranan yang cukup penting dalam meningkatkan fungsi sistem saraf serta dapat memperkuat sistem imunitas tubuh dalam melawan infeksi. Kandungan karbohidrat di dalam pisang menjadi salah satu alasan bagi Anda untuk mengonsumsi jenis buah yang satu ini.

Alpukat

Jenis buah yang satu ini memiliki rasa khas serta memiliki banyak manfaat yang sangat baik untuk kesehatan. Alpukat kaya akan serat dan juga karbohidrat yang kompleks. Selain itu, alpukat juga mengandung asam folat yang cukup tinggi sehingga sangat baik untuk kehamilan. Meskipun tinggi akan kalori, namun tetap saja dibutuhkan tubuh untuk membuat energi meskipun dalam jumlah yang sedikit dan juga tidak berlebihan.

Lentil

Jenis makanan selanjutnya yang tinggi akan karbohidrat kompleks yakni lentil. Jenis makanan ini memang dianggap sebagai sumber karbohidrat terbaik karena mengandung protein dan juga kaya akan serat. Kombinasi kedua senyawa ini tentunya memang diperlukan oleh tubuh meningkatkan energi yang diperlukan untuk aktivitas sehari-hari. Seperti yang kita tahu abhwa lentil ialah sejenis tumbuhan penghasil kacang. Jenis kacang-kacang ini tentunya sangat bervariasi dari mulai warna jingga, kuning, hitam dan juga coklat.

Diketahui bahwa sekitar 30% sumber kalori dari kacang ini berasal dari protein sehingga sangat baik untuk kesehatan tubuh manusia. Selain itu, lentil juga menjadi sumber zat besi yang cukup baik serta mampu memberikan lebih banyak kebutuhan harian rata-rata orang dewasa. Selain kandungan karbohidray di dalamnya, lentil tentunya menjadi jenis makanan yang wajib dikonsumsi selama puasa karena sangat membantu tubuh kenyang lebih lama.

Kedelai

Salah satu jenis makanan yang mengandung karbohidrat kompleks yang banyak diolah menjadi jenis makanan tertentu yakni olahan dari kacang kedelai. Seperti misalnya  tempe, tahu, susu kedelai dan juga menu olahan kacang kedelai lainnya. Tidak dapat dipungkiri bahwa kedelai menjadi pilihan yang paling sehat karena sangat rendah lemak dan juga tinggi akan protein nabati. Setidaknya di dalam 100 gram kedelai terdapat sekitar 30 gram karbohidrat dan juga 277 mg kalsium.

Quinoa

Mungkin banyak orang yang belum mengetahui akan jenis makanan yang satu ini. Quinoa atau yang dikenal dengan sebutan Kinoa merupakan serealia semu yang dijadikan sebagai makanan pokok masyarakat Indian di Pegunungan Andes, Amerika Selatan. Biji kinoa ini memang dijadikan sebagai sumber gizi dikarenakan mengandung karbohidrat, protein asam amino, fosfor, kalsium dan zat besi.

Jenis makanan ini diketahui kaya akan serat yang hampir sama denga brokoli. Kandungan protein yang ada di dalam Kinoa ini tentunya sangat membantu memenuhi kebutuhan protein harian Anda. Ditambah lagi, Kinoa mengandung banyak mineral yang sangat penting sehingga dapat menjadi sumber karbohidrat sempurna dalam mengisi kebutuhan harian Anda selama berpuasa.

Kelompok Protein

Protein memang sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk sistem metabolisme. Agar puasa lebih maksimal tentunya Anda harus mengonsumsi makanan yang kaya akan mengandung protein. Zat ini tentunya dapat menjadi pendorong sistem metabolisme pada tubuh manusia. Beberapa makanan yang kaya akan protein ini, diantaranya:

Telur

Jenis protein pertama yang kaya akan protein yakni telur dan menjadi makanan yang paling bergizi. Telur tentunya mengandung mineral, lemak sehat, vitamin dan juga antioksidan sehingga memberikan nutrisi otak dan juga melindungi mata. Dalam mengonsumsi telur tentunya akan lebih baik dikarenakan mengandung protein yang murni tanpa lemak dan alangkah baiknya jika Anda mengonsumsi putir telur. Di dalam satu telur tentunya mengandung 6 gram protein dan juga 78 kalori.

Dada ayam

Selain telur, tentunya dada ayam menjadi sumber makanan yang kaya akan protein. Di dalam 1 dada ayam berjumlah 53 gram setidaknya terkandung 284 kalori.

Gandum

Jenis makanan selanjutnya yang kaya akan protein tentunya termasuk ke dalam makanan sehat yang mengandung serat sehat, mangan, vitamin B1, magnesium serta beberapa nutrisi lainnya. Kadar protein yang terdapat di dalam gandum yakni sekitar 13 gram setidaknya mengandung 303 kalori.

Kacang almond

Jenis makanan selanjutnya yang berasal dari almond tentunya menjadi salah satu jenis kacang yang paling populer karena mengandung banyak gizi dan juga nutrisi yang penting untuk mendukung kesehatan tubuh. Kandungan gizi dan juga nutrisi yang berada di dalam kacang almond diantaranya vitamin E, mangan, serat, dan juga magnesium. Kadar protein yang ada di dalam kacang almond sebanyak 6 gram di dalam per 1 ons.

Daging sapi

Jenis makanan ini yang memang mengandung protein yang cukup tinggi, terlebih dengan rasa yang sangat lezat. Di dalam daging sapi sekitar 85 ons yang dimasak dengan lemak 10% tentunya mengandung 22 gram protein dan juga 184 kalori. Daging sapi memang kerap digunakan sebagai menu makanan ketika sedang berpuasa.

Udang

Tidak dipungkiri bahwa hampir setiap orang menyukai makanan laut. Dalam hal ini tentunya makanan laut dapat dijadikan sebagai sumber protein yang sangat baik untuk kesehatan tubuh manusia. Sumber protein dari makanan laut tersebut tentunya sangat rendah lemak sehingga jika dikonsumsi akan sangat baik untuk kesehatan. Meskipun udang termasuk ke dalam salah satu makanan yang sangat rendah kalori, tetapi sangat kaya akan berbagai nutrisi lainnya seperti vitamin B12, selenuim, omega-3 dan juga lemak. Setidaknya di dalam 1 ons udang mentah mengandung sekitar 24 gram protein dan juga 99 kalori di dalamnya. Menu makanan ini tentunya sangat cocok untuk dikonsumsi ketika sedang berpuasa.

Susu

Jenis minuman yang kaya akan gizi dan juga nutrisi serta kandungan protein di dalamnya tentunya sangat baik untuk kesehatan tubuh manusia. Namun, sebagian besar orang dewasa kurang menyukai akan jenis minuman yang satu ini. Dalam hal ini susu memang mengandung banyak gizi dan juga nutrisi tunggal yang memang dibutuhkan oleh manusia. Hal ini dikarenakan fosfor, vitamin B2 dan juga kalsium memang terkandung di dalam 8 gram protein dengan nilai kalori sebanyak 184.

Keju cottage

Keju cottage ialah salah satu jenis keju yang sangat rendah lemak dan juga kalori. Keju cottage memang sangat baik untuk dikonsumsi selama bulan puasa. Kandungan yang terdapat di dalam keju cottage diantaranya fosfor, kalsium, vitamin B2, vitamin B12, selenium dan juga kandungan nutrisi lainnya. Di dalam secangkir keju cottage tentunya mengandung sekitar 2% lemak  yang terkandung di dalam 27 gram protein dengan takaran 194 kalori.

Yogurt

Makanan yang sangat lezat dan memiliki rasa yang khas ini tentunya memiliki tekstur yang cukup lembut dan juga tinggi akan nutrisi. Di dalam sekitar 170 gram yogurt mengandung sekitar 17 gram protein dengan sebanyak 100 kalori.

Cairan Yang Sehat

Setelah kita berpuasa selama 1 hari penuh tentunya tubuh memerlukan cairan yang lebih banyak dibandingkan dengan ketika kita tidak berpuasa. Ketika sedang berbuka puasa, tentunya tubuh memerlukan cairan yang berfungsi untuk meningkatkan kadar gula darah yang berlebihan. Setelah berbuka berpuasa, tentunya Anda akan meminum 8 gelas air putih ketika berbuka hingga sahur. Beberapa cairan yang dibutuhkan oleh tubuh ketika sedang berpuasa, diantaranya jus buah, susu, teh manis, dan tidak lupa air mineral. Alangkah lebih baiknya jika ketika sedang berpuasa, Anda menghindari untuk meminum air yang mengandung es seperti es campur, cendor dan lain sebagainya. Jenis makanan tersebut tentunya mengandung es yang sangat buruk untuk lambung dan sistem pencernaan tubuh kita.

Kelompok Sayuran

Sayuran memang tidak dapat diragukan lagi akan kandungan gizi dan juga nutrisi di dalamnya. Dalam hal ini sayuran memang kaya akan kandungan vitamin dan juga nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Berbagai jenis sayuran memang sangat baik untuk kesehatan tubuh serta bisa membuat tubuh Anda menjadi lebih kuat ketika sedang berpuasa. Sayuran yang sangat bagus untuk diolah tentunya dapat Anda jadikan sup ataupun tumisan. Beberapa jenis sayuran yang sangat baik untuk dikonsumsi ketika berpuasa diantaranya bayam, wortel, brokoli, serta beberapa jenis sayuran lainnya.

Kelompok Buah-Buahan

Buah-buahan memang menjadi salah satu sumber gizi dan juga nutrisi yang sangat direkomendasikan ketika sedang berpuasa. Tidak dapayt dipungkiri bahwa semua jenis buah-buahan mengandung vitamin C yang sangat banyak sehingga sangat direkomendasikan untuk kesehatan tubuh selema berpuasa. Tentunya setiap buah sangat baik untuk kesehatan seperti anggur, jeruk, apel, buah berry, manggis dan juga jenis buah lainnya.

Demikianlah beberapa jenis makanan yang baik ketika puasa yang tentunya wajib untuk Anda konsumsi.  Semoga bermanfaat!