3 Efek Aneh yang Muncul Selama Masa Kehamilan

4/5 (3)

1. Keluarnya Cairan dari Vagina

Pada masa kehamilan, merupakan hal yang wajar jika ada cairan berwarna putih bening atau kekuningan yang keluar dari area henital anda. Cairan ini akan terus keluar sampai beberapa hari setelah persalinan dan tidak berbahaya selama cairan tersebut tidak mengeluarkan bau yang busuk dan tidak menimbulkan rasa gatal atau sensasi terbakar. Keluarnya cairan ini bisa disebabkan oleh meningkatnya jumlah hormon yang diproduksi oleh tubuh serta peredaran darah yang ada di dalam vagina. Untuk mengatasi hal ini, anda bisa menggunakan pembalut tipis untuk melapisi celana dalam yang anda gunakan. Sebaiknya, hindari juga penggunaan sabun pembasuh kewanitaan karena hal tersebut bisa menyebabkan iritasi.

2. Tak Sengaja Mengompol saat Tertawa Keras atau Bersin

Selama masa kehamilan, anda dituntut untuk banyak minum air putih dan cairan lain agar kebutuhan cairan serta nutrisi anda dapat terpenuhi. Hal ini tentu juga berpengaruh pada meningkatnya jumlah cairan yang tertampung di dalam kandung kemih anda. Dan seiring dengan semakin membesarnya perkembangan janin di dalam kandungan, posisi kandung kemih pun menjadi ikut tertekan. Akibatnya, anda seringkali lepas kontrol atau tidak sengaja mengompol ketika tertawa dengan keras atau bersin. Untuk mengatasi hal ini, anda sebaiknya sering pergi ke kamar mandi untuk buang air kecil meskipun tidak ada dorongan yang kuat untuk hal tersebut. Semakin anda sering menahan kencing, maka akan semakin besar pula peluang anda untuk tidak sengaja mengompol saat tertawa ataupun bersin. Anda juga bisa menggunakan pembalut yang agak tebal dan membawa beberapa celana dalam cadangan di dalam tas anda untuk menghindari kalau kalau anda tidak memiliki kesempatan untuk buang air kecil karena sedang berada di sebuah pertemuan penting atau sedang berada di jalan. Selain tindakan prefentif diatas, anda juga bisa mencoba melakukan latihan super kegel untuk melatih otot vagina anda.

3. Berkeringat dalam Jumlah yang Banyak

Selama masa kehamilan, sebagian besar dari anda pasti akan merasakan kegerahan yang teramat sangat serta berkeringat dalam jumlah yang sangat banyak. Aktifitas kecil yang anda lakukan pun terkadang akan membuat anda merasa sangat kepanasan dan benar-benar berkeringat. Apa yang menjadi penyebab terjadinya hal ini? Saat anda sedang hamil, metabolisme yang terjadi di dalam tubuh jauh lebih tinggi dari biasanya. Selain itu, peredaran darah dalam jumlah yang lebih besar yang terjadi pada tubuh anda juga membuat tubuh menjadi lebih hangat. Nah hanya dengan mengeluarkan keringat inilah, tubuh anda bisa mengurangi panas yang ada di dalam tubuh. Untuk mengatasi hal ini, anda bisa menggunakan bedak atau deodoran di bawah ketiak anda serta menggunakan baju hamil yang nyaman dan menyerap keringat.

Apakah informasi ini bermanfaat?

1 2 3 4 5

Leave a Reply