KB IMPLANT BAHAYAKAH BILA MENSTRUASI ?

5/5 (1)

Selamat siang dokter ,   saya maya , usia saya 27th . saya sudah menikah dan di  karuniai anak 1 , dengan umur 1th 2bulan .  saya Kb implant sejak anak saya berumur 3bulan , dan sejak anak saya berumul 3bulan sampai 1th . saya tidak mengalami menstruasi . tetapi pada anak saya umur 1th 1bulan , sy menstruasi dok .  yang saya pertanyakan , bahayakah bila terjadi mestruasi ? mohon penjelasan nya ya dok .   terimakasih

Ditulis oleh maya

Salam kenal, sebelumnya kita bukan dokter yah tapi bidan 🙂

Salah satu efek samping yang paling sering di alami oleh pemakaian KB Implant (susuk) adalah tidak teraturnya siklus haid. Tidak teraturnya siklus menstruasi ini biasanya setelah satu bulan pemakaian dan rentang waktunya sangat panjang, bahkan ada yang tidak mengalami haid sama sekali (amenore).

Hal ini disebabkan oleh hormon progestin yang di keluarkan oleh KB Implant. Hormon ini berfungsi mencegah masuknya sel telur ke dinding rahim dan menyebabkan dinding rahim menjadi lebih tipis. Hal inilah yang membuat menstruasi menjadi tidak teratur.

Efek samping ini biasanya terjadi pada tahun pertama atau tahun ke dua setelah pemakaian KB Implant (susuk), dan biasanya setelah melewati masa-masa tersebut perempuan akan kembali mengalami siklus menstruasi yang normal, biasanya….

Jadi, Bunda Maya lama tidak mengalami menstruasi karena efek samping KB implant tersebut, dan mungkin saatnya sekerang telah melewati masa-masa tersebut, sehingga Bunda Maya kini kembali mengalami menstruasi.

Namun ada baiknya juga Bunda Maya melakukan pemeriksaan kembali ke dokter mengenai kondisi ini, untuk lebih memastikan kembali.

Terima kasih telah berkunjung di website kami, semoga jawaban kami membantu…..

Apakah informasi ini bermanfaat?

1 2 3 4 5

Leave a Reply