Vitamin Bayi 4 Bulan

siang dok, mau tanya. boleh tidak bayi 4 bulan diberi vitamin untuk daya tahan tubuhnya biar kuat(tdk mudah sakit)?

Ditulis oleh putri fitriani

 

Jawaban Bidanku.com

Hallo Fitriani,

Tidak perlu Bun, karena semua aspek imunologik sudah terkandung dalam ASI.

ASI mengandung zat anti infeksi, bersih dan bebas kontaminasi.
Immunoglobulin A (Ig.A) dalam kolostrum atau ASI kadarnya cukup tinggi. Sekretori Ig.A tidak diserap tetapi dapat melumpuhkan bakteri patogen E. coli dan berbagai virus pada saluran pencernaan.
Laktoferin yaitu sejenis protein yang merupakan komponen zat kekebalan yang mengikat zat besi di saluran pencernaan.
Lysosim, enzym yang melindungi bayi terhadap bakteri (E. coli dan salmonella) dan virus. Jumlah lysosim dalam ASI 300 kali lebih banyak daripada susu sapi.
Sel darah putih pada ASI pada 2 minggu pertama lebih dari 4000 sel per mil. Terdiri dari 3 macam yaitu: Brochus-Asociated Lympocyte Tissue (BALT) antibodi pernafasan, Gut Asociated Lympocyte Tissue (GALT) antibodi saluran pernafasan, dan Mammary Asociated Lympocyte Tissue (MALT) antibodi jaringan payudara ibu.
Faktor bifidus, sejenis karbohidrat yang mengandung nitrogen, menunjang pertumbuhan bakteri lactobacillus bifidus. Bakteri ini menjaga keasaman flora usus bayi dan berguna untuk menghambat pertumbuhan bakteri yang merugikan.
Selain aspek imunologik, ASI juga memiliki kelebihan lain mencakup aspek gizi, aspek psikologs, aspek kecerdasan dan masih banyak lagi. Mengenai hal ini selengkapnya bisa di baca di Manfaat Air Susu Ibu (ASI) Dilihat Dari Berbagai Aspek.

Artikel lainnya juga bisa di baca: Manfaat ASI

Oh yaa kita bukan dokter yah tapi bidan 🙂

Terima kasih

Apakah informasi ini bermanfaat?

1 2 3 4 5

Loading...

Diskusikan Tema Artikel