Anak Susah Makan,,,, Apa Perlu Ganti Susu ?

Siang Bunda….. Perkenalkan saya Fadhila.. sekarang ini bunda saya lagi bigung untuk mengadapin anak saya yg susah x untuk makan. pertanyaan ini juga sudah pernah saya tanyakan sama bunda tp tdk ada perubahan sama sekali, skrg ini anak saya mau msk usia 9 bulan. malah terpintas di benak saya untuk memberinya susu makan (pediasure). Dan yg mau saya tanyakan apakah boleh dan apakah tdk mempengaruhi pencernakannya ya bun ?

Ditulis oleh Fadhila Hanum

Siang Bunda,

Anak susah makan memang merupakan salah satu masalah yang banyak dihadapi para orang tua.Sebagian besar orang tua merasa khawatir dan itu adalah hal yang wajar karena kita tahu bahwa makanan sangat penting peranannya untuk pertumbuhan dan perkembangan anak kita. Perlu bunda ketahui bahwa ada 7 faktor yang harus diperhatikan dalam hal pemberian makan pada bayi dan anak. Yaitu :

  1. Faktor usia. Sampai dengan usia 0-6 bulan bayi hanya memerlukan asi saja untuk kebutuhan nutrisinya. Usia 6-9 bulan, ASI hanya memenuhi 2/3 dari kebutuhan nutrisi.1/3 bagian lagi didapat dari makanan pendamping ASI. Usia 9-12 bulan ASI hanya memenuhi 1/2 kebutuhan nutrisi bayi, 1/2 lagi dari makanan pendamping ASI. Dan usia 12-24 bulan ASI hanya memenuhi 1/3 kebutuhan nutrisi bayi, 2/3 lagi dari makanan pendamping ASI.
  2. Faktor Frekwensinya ( seberapa sering pemberiannya )
  3. Faktor Jumlahnya ( seberapa banyak makanan yang diberikan )
  4. Faktor Teksturnya ( bagaimana kekentalannya )
  5. Faktor Variasi ( jenis-jenis makan yang diberikan )
  6. Faktor Kebersihan
  7. Faktor Responsif ( kepekaan orang tua terhadap pola makan anak )

Nah bunda, hal-hal diatas tersebut perlu diperhatikan oleh bunda ketika memberi makan bayi bunda. Jadi karena bayi bunda berusia 9 bulan, maka sebetulnya 2/3 dari kebutuhan nutrisinya sudah terpenuhi dari ASI. Artinya yang 1/3 lagi bunda bisa mencobanya memberikan makanan secara perlahan dan bertahap. Mencoba berbagai jenis makanan dengan berbagai variasi bentuk dan rasa yang tentunya jangan lupa memperhatikan ke-7 faktor diatas. Jangan cepat bosan dan putus asa untuk mencoba menemukan makanan yang akan disukai si kecil karena bunda punya cukup waktu untuk mencobanya.

Memberikan susu bernutrisi tinggi saya rasa belum saatnya, karena terlalu dini untuk memutuskan bayi anda susah makan sebelum melakukan upaya yang optimal. Beri waktu bayi bunda untuk mengenal berbagai jenis makan yang belum pernah ia kenal,sebelum ia hanya dapat makanan dari sufor bernutrisi tinggi.

Baik bunda, selamat mencoba yah…

Apakah informasi ini bermanfaat?

1 2 3 4 5

Loading...

Diskusikan Tema Artikel