bayi umur 2 bulan sudah 4 hari tidak pup

3.79/5 (24)

bu saya mau bertanya… bayi saya umur 2 bulan sudah 4 hari tidak pup. tetapi malah sering terkentut. sebelumnya pups setiap hari. apakah yang dialami bayi saya ini tidak apa apa.
Ditulis oleh yalita

 

Jawaban Bidanku.com

Hallo Bunda Yalita,

Tiap bayi pasti memiliki siklus dengan pola tertentu, termasuk dalam pola buang air besar . Kebiasaan buang air besar pada bayi dipengaruhi oleh banyak faktor, pola makan, minum, aktifitas dan seberapa cepat kemampuan tubuh bayi mencerna makanan yang masuk adalah perihal yang berdampak kepada sering bayi buang air besar jika salah satu faktor berubah, maka telat buang besar mungkin terjadi.

Pada usia 0-5 bulan dan bayi nya mengkonsumsi hanya ASI secara ekslusif buang air besar seminggu sekali itu masih bisa dikatakan normal bunda.

Meski perubahan salah satu faktor diatas terjadi tetap ada batas toleransinya. Berikut adalah gejala ketika bayi mengalami gangguan buang air besar atau konstipasi/sembelit

Batas buang air besar kurang dari tiga kali dalam seminggu,
Bentuknya keras tidak seperti biasanya
Bayi terlihat kesakitan pada saat buang air besar.
Perut kembung hingga menurunkan nafsu makan
Bayi terlihat rewel dan sering menangis
Selengkapnya bisa di baca di : Kenali Penyebab Buang Air Besar Tidak Lancar Pada Bayi

Jika bayi bunda mengalami gejala di atas, baiknya segera periksakan ke dokter untuk mendapatkan pengobatan atau tindakan selanjutnya.

Jika bayi bunda tidak mengalami gejala di atas, baiknya tenang aja dulu, awasi perkembangan selanjutnya, bunda bisa melakukan beberapa hal berikut agar bab nya lancar:

coba lakukan beberapa kali gerakan kaki bayi secara perlahan seperti mengayuh sepeda saat posisi bayi terbaring, hal ini dilakukan untuk merangsang usus besar bayi sehingga membantu melepaskan gas dan kotoran yang mungkin tersendat dan terjebak dengan cepat.
Perbanya konsumsi ASI namun masih dalam taraf yang wajar, karena ASI dapat membantu memperlancar BAB bayi
Pijatan ringan dan lembut pada perut bayi, bisa menggunakan sedikit minyak penghangat untuk membantu meringankan perut bayi.
Bayi berendam di air hangat untuk lebih menenangkan dan meringankan perut bayi.
Selengkapnya baca: 5 Cara Agar Buang Air Besar Pada Bayi Menjadi Lancar dan Teratur

Semoga Membantu, Terima kasih

Apakah informasi ini bermanfaat?

1 2 3 4 5

Loading...

Diskusikan Tema Artikel