Bayi alergi atau intoleransi laktosa?

3/5 (2)

Assalamualaikum wr wb Bayi saya usia 3 bulan dan minum susu formula Morinaga BMT PHP. Saat ini berat badan anak saya 5.3 kg. Relatif kurus jika dibandingkan dgn bayi pada umumnya. Bayi saya sangat sulit naik BB nya, sangat agresif tangan dan kakinya,badan sering kaku jika digendong,mata juga suka melihat ke atas. Sekitar seminggu lebih bayi saya diare (pupnya encer tanpa ampas) dan berbau sangat menyengat. Apakah bayi saya menderita alergi susu atau intoleransi laktosa ya Bu?saya sangat bingung kira2 susu apa yang cocok dan bisa menaikkan BB anak saya? Terima kasih Wassalamu’alaikum wr wb
Ditulis oleh Siti munawaroh

 

Jawaban Bidanku.com

Waalaikum Salam Bunda Siti,

Baiklah Bun, sebelumnya kita jelaskan dulu mengenai apa itu alergi susu dan apa itu Intoleransi Laktosa

Apa itu alergi susu ? Alergi susu merupakan respon abnormal dari sistem kekebalan tubuh terhadap susu dan produk olahannya. Alergi susu terjadi saat sistem kekebalan tubuh salah menginterpretasikan kandungan protein di dalam susu sebagai substansi yang berbahaya bagi tubuh, sehingga memicu reaksi alergi dan mempengaruhi banyak organ di dalam tubuh. Konsumsi susu yang sedikit saja bisa menyebabkan reaksi alergi yang cepat dan parah. Reaksi bisa terjadi dalam beberapa detik hingga beberapa menit setelah konsumsi produk susu.

Gejala alergi susu yang timbul biasanya mual, sesak nafas dan muntah. Setelah beberapa menit reaksi berkembang menjadi diare, kram perut, gatal pada kulit, bengkak pada bibir.

Inttoleransi laktosa adalah kondisi ketidakmampuan seseorang untuk mencerna laktosa, yaitu gula yang terdapat pada susu dan produk olahannya. Gejalanya adalah kembung, mulas, muntah dan diare. Jadi bunda intoleransi berbeda dengan alergi susu meskipun gejalanya hampir sama tetapi mekanisme nya berbeda. Perbedaan lainnya adalah pada alergi susu penderita harus menghindari semua makanan yang mengandung susu sedkit saja bisa menimbulkan reaksi berbahaya pada tubuh. Sedangkan penderita intoleransi laktosa penderita masih bisa mengkonsumsi susu dan produk olahannya.

Jika kami di tanya susu apa yang terbaik untuk menaikan berat badan?, dengan tegas tentu akan kami katakan adalah ASI. Karena ASI telah di ciptakan begitu sempurna untuk memenuhi seluruh kebutuhan nutrisi bayi, bahkan susu formula termahal sekalipun tidak akan bisa menandingi kandungan nutrisi yang terdapat di dalam ASI. Selain itu begitu banyak manfaat yang di rasakan, salah satunya ASI bukannya membuat bayi menjadi sakit/alergi tapi justeru malah memberikan sistem kekebalan tubuh secara alami. Selengkapnya: Dashyatnya Manfaat Air Susu Ibu (ASI)

Namun mungkin bunda punya kendala atau halangan tertentu yang membuat tidak bisa memberikan ASI ekslusif yah… Untuk memberikan rekomendasi susu formula, kami tidak dapat memberikan jawabannya, karena harus dilakukan pemeriksaan dulu. Alergi susu bisa terdeteksi dengan adanya pemeriksaan dokter, sebaiknya segera periksakan bayinya untuk mengetahui penyebab dari gejala tersebut bunda, nanti setelah ada hasil pemeriksaan dokter akan menyarankan susu apa yang cocok buat anak bunda.

Selengkapnya mengenai hal ini bisa di baca di artikel kami: Perbedaan Alergi Susu dan Intoleransi Laktosa Pada Anak

Terima kasih Bunda, semoga bermanfaat jawaban kami

Apakah informasi ini bermanfaat?

1 2 3 4 5

Leave a Reply