Pengaruh Kaki x Pada Popok Bayi

Hallo admin, saya ayu ingin menanyakan apakah penggunaan popok bayi dia atas usia 6 bln dan dalam jangka waktu panjang akan berpengaruh saat dewasa nanti? karena berdasarkan di publik saya mendapatkan dari sanak saudara saya yang saat mengikuti tes kesehatan, ia tidak lolos karena terdiagnosa kaki x grade 6. bisa tolong di jelaskan lebih detai. terima kasih
Ditulis oleh Anjayaniayu

 

Jawaban Bidanku.com

Halo Bunda

Kelainan kaki berbentuk X dan O merupakan jenis kelainan yang paling sering ditemukan pada anak balita. Penyebab kelainan ini bukan hanya karena faktor genetik, tapi juga ada sejumlah faktor lain, seperti:

Posisi tidur yang salah, misalnya tengkurap seperti katak. Jika berlangsung lama, kebiasaan ini dapat mengakibatkan gangguan rotasi dan bentuk tungkai.
Kebiasaan duduk yang salah, misalnya duduk dengan posisi kaki membentuk huruf W.
Kebiasaan menggendong yang salah, misalnya saat digendong menyamping, kaki anak dibiarkan melingkari tubuh Anda dan membentuk sudut 90 derajat.
Memakaikan popok sekali pakai dengan cara dan pada saat yang tidak tepat, misalnya terus-menerus pada saat anak sedang belajar berjalan. Hal ini membuat anak sulit menemukan posisi kaki yang stabil.
Memakaikan baby walker, anak yang belum cukup kuat menopang berat tubuhnya akan memaksakan salah satu kakinya untuk menyangga seluruh berat tubuhnya. Akibatnya, tungkai bawah dan pergelangan kaki saja yang terlatih, sehingga terjadi ketidakseimbangan kekuatan otot (muscle imbalance). Penggunaan baby walker memang tidak dianjurkan, karena sering juga menimbulkan kecelakaan pada anak.

Tulisan yang saya tebalkan sebagai jawaban ya bun, sedikitnya ada pengaruh penggunaan popok sekali pakai terhadap tipe kaki X, jadi pergunakanlah popok sekali pakai pada saat yang tepat atau sedang melakukan perjalanan jauh.

Semoga Membantu

Apakah informasi ini bermanfaat?

1 2 3 4 5

Leave a Reply