Pasca melahirkan

Pagi dok, saya mau sedikit cerita sekaligus konsultasi. Januari 2016 saya baru melahirkan proses normal. Dan mengalami 5 jahitan. Selang 1bln setelah di cek ternyata jahitan d vagina robek. Miss “V” saya pun mengalami luka karena ketika berhubungan mengalami kesakitan. Kira2 apa yg terjadi yaa dok? Mau konsultasi ke bidan/dokter terdekat malu. Mohon bantuan nya yaa soal nya klo ada luka d miss “V” ga enak apa2
Ditulis oleh Eva Nf

Jawaban Bidanku.com

Pagi bunda…

Ada beberapa teknik penjahitan pada vagina. Ada teknik penjahitan jelujur dan ada teknik penjahitan satu satu. Ada kelebihan dan kekurangan dari masing-masing teknik. Untuk teknik jelujur, kelebihannya adalah lebih cepat pengerjaannya, akan tetapi apabila satu jahitan lepas maka jahitan yang lainnya juga akan lepas. Sedangkan untuk teknik satu satu ,kelebihannya adalah jika ada satu jahitan yang lepas maka yang lain akan tetap utuh tidak akan ikut terlepas namun pengerjaannya agak lama.

Hal yang dapat menyebabkan jahitan di vagina terlepas adalah adanya infeksi ,yang disebabkan karena kurangnya perawatan miss v . Miss v yang tidak higienis atau kurang bersih akan mengundang banyak kuman sehingga menyebabkan benang pada jahitan luka terlepas.

Sebaiknya bunda segera menghubungi dokter untuk masalah ini. Karena akan mengganggu kenyamanan bunda dan harus segera diobati apabila ternyata sudah terjadi infeksi untuk mencegah infeksi yang lebih luas.

Terimakasih…

Apakah informasi ini bermanfaat?

1 2 3 4 5

Leave a Reply