Bagaimana menahan mengejan sebelum waktunya?

5/5 (2)

Dear bu bidan,. saya wanita hamil, sekarang menginjak 3bln, dan ini merupakan kehamilan anak ke 3, dari pengalaman saya melahirkan secara normal, ada masalah yg kadang saya merasa kwatir, yaitu mengejan sebelum waktunya, biasanya saat pembukaan 4-6, hingga suster bidan pun slalu menyuruh saya untuk menahan, tp tetap saja tidak bisa yg ada malah saya ingin berteriak krna g kuat, pertanyaan saya adakah solusi untuk bisa menahan mengejan seperti yg disarankan oleh bidan dan suster2 ?, walopun akhirnya saya melahirkan cepat dan minim jahitan,. dan adakah saran untuk saya yg bulan november nanti rencana melahirkan sendiri tanpa suami(suami tugas keluar negri), saking kwatir nya dgn keadaan tersebut, suami saya menyarankan untuk CS aja ,.gimana y bu? Terima Kasih
Ditulis oleh dynna

 

Jawaban Bidanku.com

Bunda yang terhormat…

Mengedan yang tepat memang seharusnya dilakukan setelah pembukaan lengkap. Dan memang, menahan keinginan untuk mengedan bukanlah hal yang gampang apalagi ketika mulas yang sangat kuat disertai dorongan bayi yang kuat pula. Akan tetapi bunda tidak perlu khawatir karena ini memang kerap kali dialami ibu bersalin. Tips berikut ini mungkin bisa sedikit membantu mengatasi kekhawatiran bunda :

1. Yakinlah pada diri sendiri bahwa anda kuat untuk tidak mengedan sebelum waktunya.

2. Berlatih teknik pernafasan yang baik. Ketika keinginan untuk mengedan datang , tarik nafas panjang dan tekan bokong ke bawah untuk menguragi keinginan itu.

3. Posisi duduk akan lebih baik, karena bokong akan tertekan kebawah.

4. Cobalah untuk memikirkan kalau anda terus mengedan sebelum waktunya, maka akan berbahaya bagi anda dan bayi anda.

5. Alihkan perhatian anda dengan nonton tv atau sedikit berbincang, supaya anda tidak terus memikirkan rasa mules dan keinginan untuk mengedan.

6. Lakukan senam kegel secara rutin

Demikian tips untuk mengurangi keinginan mengedan sebelum waktunya. Semoga membantu…

Terimakasih,

Apakah informasi ini bermanfaat?

1 2 3 4 5

Leave a Reply