Kurus

5/5 (1)

Kenapa ya bru pertama hamil badan langsung kurus
Ditulis oleh dhini

 

Jawaban Bidanku.com

Hallo Bunda Dhini,

Sudah di timbang belum bun? atau hanya karena kelihatan saja kurus? tinggi badan berapa? karena banyak ibu hamil yang merasa kurus padahal belum di timbang, tapi setelah di timbang ternyata naik:).

Baiklah anggap memang kurus dan sudah di timbang turun. Sekarang coba ukur LILA (lingkar lengan atas). Apakah LILA nya kurang dari 23,5 cm? jika tidak berarti ok, tapi jika kurang dari 23,5 cm, maka bunda termasuk ke dalam kehamilan yang perlu di waspadai, karena dengan demikian bunda mengalami kekurangan energi kronis (KEK) yang tentunya berpengaruh tidak baik bagi perkembangan janin. Untuk hal ini baiknya segera konsultasikan dengan dokter. Baca: Kehamilan Yang Perlu Di Waspadai

Gambaran mengenai berat badan selama Kehamilan
Berat badan ideal bagi calon ibu hamil adalah antara 45-65 kg, dan mengalami kenaikan berat badan selama kehamilannya berikisar antara 12-15 kg.

Pada saat trimester pertama, kenaikan berat badan belum signifikan, ada yang tetap tidak naik, bahkan hingga turun berat badannya karena seringnya muntah-muntah akibat morning sickness. Kenaikan berat badan yang signifikan terjadi pada saat memasuki trimester ke dua, dan saat ini sangat penting di pantau kenaikan berat badannya, jangan sampai over atau kurang kenaikannya.

Baca: Berat Badan Ideal Selama Kehamilan

Meskipun banyak ibu hamil yang turun berat badannya saat trimester pertama akibat morning sickness, namun di usahakan ibu hamil harus tetap menjaga berat badannya agar tetap naik. Perhatikan asupan nutrisi, tambah kalori bisa dari susu, keju, dll, bisa di lakukan dengan makan porsi sedikit tapi sering, jaga cairan tubuh dengan banyak minum dan istirahat yang cukup.

Artikel terkait

Gizi dan Nutiris Selama Kehamilan

Nutrisi Penting Selama Kehamilan

Terima kasih bunda, semoga bisa membantu

Apakah informasi ini bermanfaat?

1 2 3 4 5

Leave a Reply