Bengkak Di Tangan

5/5 (2)

Siang bidanku,, saya mau tanya. Normal ga sih bengkak di kaki dan tangan disertai keram. Setiap bangun tidur pastii telapak tangan keram dan kaki sakit untuk berjalan. Tetapi tensi darah saya tidak tinggi 100/80. Terima Kasih..
Ditulis oleh agietha

 

Jawaban Bidanku.com

Siang Bunda

Bengkak saat hamil merupakan salah satu efek samping kehamilan yang umum terjadi, bengkak terjadi terutama di kaki, tangan dan juga sampai ke muka. Keadaan ini biasanya sering terjadi ketika kehamilan memasuki usia 20 minggu.

Secara umum kaki bengkak saat hamil terjadi karena adanya penumpukan cairan berlebih di kaki ibu, hormon kehamilan yang dihasilkan ibu saat hamil akan membuat tubuh menahan dan mengumpulkan cairan lebih banyak. Gaya gravitasi adalah alasan mengapa cairan lebih banyak terkumpul di kaki ibu. Kram pada tangan dan kaki bisa juga terjadi karena kekurangan kalsium. Penyebab lainya adalah, karena ibu hamil kurang berolah raga, duduk atau berdiri terlalu lama, overweight. (selengkapnya: Mengenal Bengkak Kaki dan Tangan Saat Hamil)

Namun biarpun hal ini sering terjadi dan normal pada ibu hamil, tidak semua kaki bengkak pada ibu hamil adalah normal hal ini bisa saja juga merupakan tanda ada nya penyakit yang diderita oleh ibu hamil, salah satunya adalah preeklampsia atau di sebut juga keracunan kehamilan.

Tanda utama dari penyakit preekalmpasia ialah

Tekanan darah yang tinggi. Kenaikan tekananan sistolik sebesar 30 mm Hg atau mencapai 140 mm Hg dan kenaikan tekanan diastolik sebesar 15 mm Hg atau mecapai 90 mm Hg.
Proteinuria dalam urin ibu. Terdapat konsentrasi protein dalam air kencing yg melebihi 0,3 g/liter dan air kencing 400 ml atau kurang dalam sehari. Secara kasar artinya, tandanya air kencing ibu penderita sedikit sekali dalam sehari
Edema. Terjadinya penimbunan cairan secara umum dan berlebihan dalam tubuh, biasanya dapat diketahui dari kenaikan berat badan serta pembengkakan kaki, jari tangan dan muka.
Selengkapnya bisa di baca: Keracunan kehamilan atau preeklampsia

Kalau dilihat dari kasus bunda sepertinya bengkak pada kaki nya termasuk gejala yang normal karena tekanan darah nya normal. Tapi sangat penting memeriksakan kehamilan rutin setiap bulan nya supaya tekanan darah dan kadar protein dalam urin terkontrol.

Beberap tips untuk mengatasi kaki bengkak di antaranya:

Saat tidur terlentang usahakan kaki lebih tinggi dari jantung, jadi bunda bisa ganjal ujung kaki dengan bantal, hal ini dilakukan untuk lebih melancarkan peredaran darah. Atau tidur di lakukan dengan posisi miring ke kiri, agar pembuluh darah balik ada di bagian kanan tubuh dan membuat tekanan pada tubuh anda berkurang.
Jangan duduk atau berdiri terlalu lama
Berolahragalah dengan rutin
Seimbangkan konsumsi makanan bunda terutama makanan yang mengandung garam
Hindari penggunaan high heels, terlalu sempit atau sepatu yang mengikat bunda
Sumber: Mengatasi Kaki Bengkak Saat Hamil

Demikian bun penjelasannya, Semoga Membantu

Terima kasih

Apakah informasi ini bermanfaat?

1 2 3 4 5

Loading...

Diskusikan Tema Artikel