PMS atau tanda kehamilan?

5/5 (1)

Selamat malam, dok. Saya wanita usia 27 tahun dan sudah menikah 6 bulan. Saat saya masih gadis, siklus menstruasi saya tidak teratu; siklus terpendek 30 hari dan siklus terpanjang 35 hari. Setelah menikah, selama 3x periode siklus saya teratur menjadi 31 hari. Periode ke-4, yaitu 2 bulan yang lalu, bulan april, saya sempat terlambat 6 hari dengan tanda2 payudara saya nyeri dan perut kram, sehingga siklus saya berubah menjadi 37 hari. 31 hari kemudian di tgl 15 Mei saya menstruasi tanpa tanda pms apapun. Bulan ini saya merasakan payudara saya membesar dan lebih kenyal, terkadang terasa nyeri cenat-cenut, perut mual di pagi. Dan jika siklus saya 31 hari, itu berarti saya sudah terlambat 2 hari. Terakhir saya berhubungan intim dengan suami tgl 2, 4, dan 5. Yang mau saya tanyakan; apakah tanda2 yang saya rasakan saat ini adalah tanda2 kehamilan atau hanya pms?

Ditulis oleh Sally
Jawaban Bidanku.com

Salam Kenal Bunda

Siklus wanita dikatakan teratur apabila mempunyai interval waktu antara 22 – 35 hari. Dari penjelasan bunda, siklus haid nya termasuk ke dalam siklus yang teratur.

Mengenai tanda-tanda kehamilan, memang terkadang sulit untuk mengartikan sinyal yang dikirim tubuh kita, tentunya satu cara termudah untuk mengetahui terjadinya kehamilan atau tidak adalah dengan menggunakan alat tes kehamilan. Alat ini lebih dari 95% kurat dan bisa memberitahu estimasi berapa minggu bunda hamil. Coba lakukan test di pagi hari sesaat terbangun dari tidur agar urine masih terkonsentrat, kemudian untuk lebih memastikan lagi ulangi test 2 minggu kemudian. (Baca: Cara memastikan Terjadinya Kehamilan)

Namun selain itu, ada tanda-tanda kehamilan lain yang tidak pasti yang memang sebagian mirip gejala akan datangnya haid. Berikut adalah beberapa tanda-tanda kehamilan tidak pasti yang biasanya di alami oleh sebagian besar perempuan:

– Terlambat datang bulan

– Sering buang air kecil

– Dada yang membesar dan terasa kencang

– Mual di pagi hari (Morning Sickness)

– Perubahan warna gelap di sekitar area puting susu

– Mengidam

– Merasa lelah dan cepat mengantuk sepanjang waktu (fatigue)

– Sering meludah (Hipersalivasi)

Selengkapnya: Tanda-tanda Awal Kehamilan

‎Alangkah baiknya jika bunda melakukan tes kehamilan, agar lebih yakin lagi lakukan pemeriksaan USG.

Terima kasih, semoga membantu

Apakah informasi ini bermanfaat?

1 2 3 4 5

Loading...

Diskusikan Tema Artikel