apakah sakit maag bisa mempengaruhi sulitnya untuk hamil?

5/5 (3)

Slmat sore dokter,,,sebelumnya saya mau mempertanyakan masa kesuburan menstruasi saya dok,,,sya menikah baru jalan 6bln,,tpi tanda”kehamilan belum juga saya dapatkan. sebelumnya saya pernah telat sampai 10hari tapi pas tes khamilan ternyata hasilnya masih satu garis & itu bertnda belum hamil, bln berikutnya saya normal stiap tgl 10 menstruasi. dan dibulan ini saya mundur 3 hari dari jadwal menstruasi saya. bagaimana cara menghitung masa subur saya dokter? & saya juga mempunyai sakit maag yang blkngn ini sering minum obat sakit maag. pertnyaan saya sakit maag apakah bisa mmpengaruhi sulitnya kehamilan?& apakah obat sakit maag yg sering saya minum juga bsa berdampak sulit untuk hamil?. mohon jawaban & penjelasnnya dokter. terima kasih.
Ditulis oleh lina laela

 

Jawaban Bidanku.com

Selamat Sore Bunda

Proses fertilisasi (kehamilan) hanya bisa terjadi pada saat ovulasi. Pada masa inilah wanita dikatakan subur sehingga mudah untuk terjadi pembuahan. Hubungan intim yang dilakukan sebelum atau setelah ovulasi hasilnya pun akan berbeda, sehingga baiknya memang bunda mengetahui cara menghitung masa subur. (Baca: Proses Terjadinya Kehamilan).

Berikut cara untuk menghitung masa subur dengan menggunakan sistem kalender.

1. Berdasarkan siklus menstruasi yang teratur

Ovulasi atau pelepasan sel telur biasanya terjadi 14 hari sebelum hari pertama siklus haid berikutnya. Perhitungan hari pertama haid (HPHT) bisa ditentukan apabila darah yang keluar deras pada hari tersebut. Namun jika yang keluar berupa bercak darah belum bisa dihitung sebagai hari pertama haid. Berapapun lamanya siklus haid wanita menstruasi selalu terjadi pada hari ke 14 setelah ovulasi. Untuk menentukan masa ovulasi, maka siklus haid selalu dikurangi 14 +/-1.

Menentukan masa subur dengan sistem kalender merupakan metode yang tepat bagi wanita yang mempunyai siklus menstruasi dengan interval waktu 22-35 hari. Contoh : siklus menstruasi bunda selama 35 hari , jadi cara menghitungnya 35-14 = 21 , jadi masa subur bunda adalah tanggal antara 20 dan 22.

2. Berdasarkan Siklus Menstruasi yang tidak teratur

Bagi yang siklus haidnya tidak teratur maka pertama tama harus dicatat panjang siklus haid sekurang kurangnya selama 6 siklus. Dari jumlah hari pada siklus terpanjang, dikurangi dengan 11 akan diperoleh hari subur terakhir dalam siklus haid tersebut. Sedangkan dari jumlah hari pada siklus terpendek dikurangi 18, diperoleh hari subur pertama dalam siklus haid tersebut. Misal : siklus terpanjang = 31, sedangkan siklus terpendek = 26, maka masa subur dapat dihitung, 31 – 11 = 20, dan 26 -18 = 8, jadi masa subur berlangsung pada hari ke 8 sampai hari ke 20.

Jika masih bingung, bisa baca artikel kami beriktut yang telah di lengkapi video agar lebih mudah di pahami

Cara Menghitung Masa Subur Wanita

Obat magh / antasida merupakan zat yang berfungsi menetralkan asam lambung, golongan antasid sangat aman dikonsumsi ibu hamil jadi dari penjelasan di atas bisa kita tarik kesimpulan bahwa antasid tidak berpengaruh terhadap sulitnya untuk hamil. Jadi tidak ada hubungan antara penggunaan obat magh yang Bunda konsumsi dengan kehamilan yang belum terjadi pada bunda.

Semoga Bermanfaat

Apakah informasi ini bermanfaat?

1 2 3 4 5

Leave a Reply