16 Cara Membersihkan Usus Kotor Secara Alami & Bahaya Usus Kotor

4.73/5 (290)

Apakah Anda merasa bahwa Anda memiliki usus yang bersih? Pernahkah Anda berpikir bahwa sebenarnya sisa makanan yang kita konsumsi masih tersisa di dalam usus? Apakah Anda merasa baik-baik saja jika usus Anda kotor? Lalu, Apa akibat yang ditimbulkan dari usus yang kotor tersebut bagi kesehatan?

Usus merupakan salah satu organ manusia yang mempunyai tugas untuk mengolah makanan yang kita konsumsi setiap harinya. Usus dapat disebut sebagai organ tubuh manusia yang memiliki kinerja yang cukup tinggi dan juga berat. Usus merupakan organ yang langsung mengolah makanan kita secara langsung dan juga menyalurkannya ke dalam organ tubuh lainnya. Tentunya, usus kita harus tetap kita jaga karena hal ini dapat menyebabkan penyumbatan lainnya yang akan menimbulkan gejala penyakit yang lebih berbahaya.

Ternyata memang benar bahwa usus menyimpan sisa-sisa makanan yang kita konsumsi setiap harinya. Usus tidak mengeluarkan semua sisa-sisa makanan kita dalam bentuk tinja, namun sisa-sisa tersebut akan menempel pada usus dan jika didiamkan, maka akan menumpuk yang nantinya akan menyebabkan masalah penyakit lainnya. Usus ternyata menyisahkan sisa-sisa makanan yang berupa kotoran, lendir dan juga parasit lainnya yang menempel pada usus.

Fakta Seputar Usus

Fakta membuktikan bahwa ketika kita menginjak usia 70 tahun, usus kita terisi 100 ton makanan dan juga 40.000 liter cairan. Dapat kita simpulkan bahwa perut  kita memiliki 30 ton kotoran sebagai limbah beracun yang akan meracuni tubuh kita nantinya. Kotoran yang terbuang dalam bentuk tinja ternyata masih menyisakan sedimen kotoran yang menempel pada usus. Hal ini dibuktikan dalam penelitian yang dilakukan oleh Dr. Harvey W. Kellogg yang merupakan sebagai ahli bedah, beliau mengungkapkan bahwa 90% usus manusia kotor dan 6% lainnya memiliki usus yang bersih dan sehat. Beliau mengatakan bahwa makanan yang lama mengendap di dalam usus akan menjadi racun yang akan bercampur dengan makanan yang kita konsumsi pada saat sistem pencernaan sedang berlangsung.

Kita tentunya dapat membayangkan sendiri berapa jika usia kita sudah mencapai puluhan tahun dan berapa banyak kah kotoran yang menempel pada usus kita. Jika kita asumsikan sepersekian miligram kotoran dan juga sedimen makanan yang menempel pada usus kita per harinya, tentu kita dapat melihat sendiri hasilnya dengan cara dikalikan berapa usia kita saat ini atau beberapa tahun kemudian. Jika kotoran ini terus menempel pada usus, lama kelamaan kotoran dan limbah tersebut akan bereaksi dengan zat lain seperti racun yang nantinya akan menimbulkan berbagai penyakit serta mengganggu sistem pencernaan tubuh kita.

Ciri-Ciri Usus Kotor

Setelah kita mengetahui fakta seputar usus, maka kuta akan beralih pada bagaimanakah ciri-ciri usus yang kotor tersebut, Tentunya, setiap segala sesuatu akan memberikan tanda dan juga ciri khusus yang ditimbulkan oleh masalah kesehatan pada tubuh kita. Menurut beberapa penelitian mengungkapkan bahwa gejala gangguan kesehatan pada tubuh sekitar 90% berasal dari usus besar yang mengalami penyumbatan dan juga gangguan yang disebabkan oleh sisa-sisa makanan yang menempel di dalam usus.

Berikut ini beberapa gejala dan juga ciri yang ditimbulkan akibat usus yang kotor, diantaranya:

1. Obesitas

Sudah pasti bahwa orang yang mengalami usus kotor akan ditandai dengan berat badan yang berlebih. Orang yang obesitas tentunya memiliki pencernaan yang sangat buruk karena banyak sisa makanan yang menempel pada usus bahkan yang berbentuk lemak.

2. Alergi terhadap jenis makanan tertentu

Jika Anda termasuk ke dalam orang yang memiliki riwayat alergi terhadap jenis makanan tertentu, maka sudah dipastikan bahwa Anda memiliki usus yang kotor. Alergi terhadap beberapa jenis makanan tertentu dapat dikatakan sebagai ciri bahwa pencernaan Anda terganggu bahkan kotoran yang menempel pada usus sudah menjadi toksin sehingga tidak dapat menerima salah satu jenis makanan tertentu di dalam tubuh.

3. Perut kembung

Apakah Anda rentan mengalami perut yang kembung? Hal ini merupakan tanda bahwa Anda memiliki usus yang terganggu. Kotoran yang menempel pada usus tentu dapat menimbulkan gejala lain yang bereaksi dengan udara di dalam usus.

4. Sering bersendawa dan perut terasa mual

Ciri berikut ini gejala dari penyakit maag yang sering kita temui. Ciri yang ditimbulkan dapat berupa  perut yang mual dan juga seseorang akan sering bersendawa.

5. Pencernaan yang terganggu

Tidak heran jika orang yang mempunyai usus yang kotor, maka akan mengalami pencernaan yang terganggu. Sering mengalami sulit buang air besar merupakan salah satu ciri Anda mengalami gangguan pencernaan.

6. Sering capek dan tidak bergairah

Orang yang mempunyai usus yang kotor akan sangat rentan mengalami capek dan juga tidak bergairah dalam melakukan aktifitas sehari-hari. Jika Anda merasa tidak bergairah ketika bekerja dan juga sering lelah dapat dipastikan bahwa Anda mempunyai usus yang kotor.

7. Sembelit kronis

Jika Anda mengalami sulit buang air besar, itu dapat disebabkan oleh sembelit kronis yang merupakan ciri dari Anda mempunyai usus yang kotor. Sembelit kronis dapat menjadi penyebab banyaknya kotoran yang menempel pada usus sehingga usus mengalami penyumbatan yang nantinya akan menyebabkan pencernaan menjadi terganggu.

8. Perut yang buncit dan juga keras

Anda yang mengalami usus yang kotor, indikasi awal dapat ditandai dengan perut yang keras dan juga buncit. Jika Anda pernah mengalami perut yang buncit, maka dapat dipastikan bahwa Anda mempunyai usus yang kotor dan juga banyaknya kotoran dan sisa makanan yang menempel pada usus.

9. Sering mengalami sakit kepala

Orang yang mempunyai usus yang kotor dan tidak sehat tentunya sangat rentan mengalami sakit kepala. Hal ini juga berhubungan dengan penyakit maag yang dapat menyebabkan seseorang menderita sakit kepala.

10. Mudah emosi dan juga hati merasa tidak nyaman

Jika usus kotor dan juga tidak sehat, maka Anda akan merasa tidak nyaman serta mudah emosi. Terkadang juga merasa sensitif dan juga perasaan yang tidak stabil. Hal ini memang terdengar aneh, namun ini berhubungan langsung dengan hati dan juga perasaan seseorang.

11. Wasir dan juga ambeien

Usus yang kotor tentunya sangat rentan terkena penyakit yang cukup membuat orang menderita diantaranya wasir dan juga ambeien. Wasir merupakan suatu pembengkakan pembuluh darah dengan nyeri cukup hebat yang muncul pada saat pembuluh vena di area anus menjadi lebih besar. Penyakit ini memang tidak berbahaya, akan tetapi dapat memberikan rasa tidak nyaman bagi si penderitanya.

12. Nafsu makan atau ngemil yang tinggi

Nafsu makan yang tinggi tentunya menjadi salah satu indikasi bahwa Anda mempunyai usus yang kotor dan juga tidak sehat. Usus yang kotor tentunya dapat menjadikan nafsu makan dan juga keinginan ngemil yang cukup tinggi. Hal ini dikarenakan proses olahan makanan terus terjadi dan sisa-sisa makanan yang menempel pada usus. Oleh karena itu, kita akan merasakan nafsu makan yang cukup tinggi.

13. Nafas bau tinja

Tentunya, kita sering mengalami hal semacam ini dimana bau nafas Anda bau tinja. Jika Anda pernah atau juga rentan mengalami nafas bau tinja, maka dapat dipastikan bahwa Anda mengalami penempelan kotoran pada usus sehingga menyebabkan nafas Anda bau tinja.

14. Infeksi jamur candida di dalam usus

Jamur ini dapat dikatakan sebagai jamur yang mirip dengan ragi. Ketika jamur tersebut tumbuh dan berkembang biak, maka akan menyebabkan infeksi pada selaput lendir. Jamur tumbuh pada usus yang kotor dan juga tidak sehat sehingga dapat menyebabkan saluran pencernaan terganggu, tidak jarang disertai dengan rasa sakit yang cukup hebat. Tinja pada orang yang mempunyai usus yang kotor akan terdapat parasit yang bersinergi dengan jamur.

15. Masalah kulit muncul

Munculnya permasalahan kulit berupa gatal dan juga ruam pada kulit dapat diakibatkan oleh usus yang kotor dan juga banyaknya sisa-sisa makanan yang menempel pada usus. Kotoran pada usus tersebut dapat bereaksi dengan makanan dan juga zat sehingga akan menjadi toksin dan juga racun bagi tubuh.

Bahaya Usus Kotor

Menurut para pakar, usus yang kotor dapat memicu berbagai masalah penyakit yang kerap akan menyerang tubuh manusia. Beragam gangguan kesehatan dan juga penyakit dapat muncul tanpa terduga dikarenakan usus yang kotor dan juga bermasalah. Penyakit yang datang tentu tidak secara tiba-tiba, hal ini dikarenakan kotoran yang terus menumpuk dan lambat laun akan bereaksi dengan racun sehingga seseorang akan menderita penyakit yang tidak terduga. Berikut ini beberapa bahwa yang ditimbulkan akibat usus yang kotor, diantaranya:

  1. Obesitas
  2. Mulai muncul gejala penyakit hati
  3. Gangguan metabolisme pada tubuh
  4. Diabetes
  5. Penyakit gagal ginjal
  6. Darah tinggi
  7. BAB dan sistem pencernaan tidak lancar
  8. Pengerasan dan perlemakan pada liver
  9. Kencing manis
  10. Penuaan dini
  11. Penyakit jantung koroner
  12. Tumor
  13. Penyakit lambung dan maag yang kronis
  14. Kondisi kulit yang buruk
  15. Gangguan pada penglihatan dan pendengaran
  16. Arthritis
  17. Masalah pada rambut dan juga kuku
  18. Stroke
  19. Ambeien dan wasir
  20. Kanker

Itulah beberapa masalah kesehatan dan juga penyakit yang akan timbul jika kita mengalami usus yang kotor dan juga tidak sehat. Untuk itu, penting bagi Anda untuk menjaga agar usus tetap sehat dan juga bersih dari kotoran yang menempel di dinding-dinding usus.

Cara Membersihkan Usus Kotor Secara Alami

Setelah kita mengetahui apa itu usus kotor, bagaimana ciri-cirinya dan akibat yang ditimbulkan dari usus kotor. Nah, kita akan beranjak kepada tips dan juga cara membersihkan usus kotor secara alami. Ternyata, membersihkan usus tidak harus pergi ke dokter dan juga tenaga kesehatan. Dengan cara yang alami pun. kita dapat membersihkan usus dengan mudah tanpa mengeluarkan biaya yang mahal. Berikut ini beberapa cara membersihkan usus kotor yang dapat Anda lakukan sendiri di rumah, diantaranya:

1. Asupan air putih yang cukup

Air yang satu ini memang menjadi primadona bagi setiap masalah kesehatan. Mengonsumsi air putih sebanyak 8 gelas per hari dipercaya mampu membersihkan usus dan juga mengeluarkan racun di dalam tubuh. Zat-zat racun dan juga kotoran yang menempel pad usus akan terbuang dengan air putih sehingga usus akan menjadi lebih bersih.

2. Konsumsi apel

Buah apel kaya akan serat dan juga vitamin yang dipercaya mampu membersihkan usus yang kotor. Apel mengandung pektin yang merupakan jenis karbohidrat yang tinggi sebagai pengental lambung. Anda dapat mengonsumsi jus apel namun tidak disaring ampasnya. Konsumsi rutin dan minumlah segelas air putih untuk mendorong jus apel tersebut sehingga kotoran dapat dengan mudah dibersihkan.

3. Konsumsi buah alpukat

Buah alpukat juga tidak kalah manfaatnya dengan buah apel. Buah yang kaya akan asam folat ini ternyata dapat membantu membersihkan usus yang kotor. Vitamin E dan juga lemak baik yang terdapat di dalam alpukat juga dapat membantu membersihkan kotoran pada usus. Selain itu, alpukat mengandung serat yang tinggi untuk menjaga kesehatan usus.

4. Konsumsi jahe

Bumbu dapur yang satu ini memang menjadi bahan yang alami dalam merangsang fungsi usus besar dan membuang racun yang berbahaya bagi tubuh. Selain mudah didapatkan, jahe juga merupakan bahan detoks alami pembuang racun dan juga kotoran di dalam usus. Akan tetapi, jahe tidak baik untuk dikonsumsi jika Anda menderita batuk dan juga masuk angin. Anda dapat membuat air rebusan jahe, jus jahe dan juga parutan jahe yang dapat Anda konsumsi secara rutin.

5. Konsumsi lemon

Buah yang memiliki segudang manfaat ini memang tidak diragukan lagi dalam hal menjaga kesehatan tubuh dan juga kulit. Buah yang kaya akan vitamin C ini juga memiliki kandungan oksidan yang tinggi untuk pencernaan. Lemon dapat menguras racun dan juga kotoran di dalam tubuh.

Anda dapat menambahkan lemon ke dalam menu harian Anda yang wajib Anda konsumsi. Anda dapat mencampurkan perasan satu buah lemon segar ke dalam madu dan juga garam ke dalam air hangat. Konsumsi setiap pagi tepatnya sebelum sarapan untuk membersihkan usus terlebih dahulu.

Cara lain yang dapat Anda lakukan ialah dengan menggunakan 2 sendok makan perasan lemon yang dicampurkan dengan segelas jus apel. Anda dapat mengonsumsi sajian ini sehari 3-4 kali untuk mendapatkan usus yang bersih dan juga menjaga daya tahan tubuh tetap prima.

6. Konsumsi cuka apel

Selain buah apel, cuka apel ternyata menyimpan segudang manfaat yang dibutuhkan oleh tubuh. Buah apel yang diolah menjadi cuka apel ini ternyata selain berkhasiat membersihkan kotoran, logam dan juga racun di dalam tubuh, juga dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Anda dapat mencampurkan 1 sendok makan cuka apel dengan segelas air putih.

7. Konsumsi stroberi

Jenis buah berry memang kaya akan vitamin c yang dapat membersihkan usus serta meningkatkan sistem imun tubuh yang sangat baik. untuk mendetoksasi racun di dalam tubuh, Anda dapat mengonsumsinya langsung atau dapat dibuat jus sesuai dengan selera. Stroberi juga dapat membuang racun pada usus besar tanpa memiliki efek samping yang tinggi.

8. Konsumsi blueberry

Buah berry berikut ini memang sangat dianjurkan untuk Anda konsumsi. Buah yang kaya akan aspirin alami ini ternyata dapat diandalkan dalam menjaga usus dari kerusakan akibat kotoran dan juga racun. Radang usus yang kerap menyerang sebagian orang menjadi masalah yang cukup serius karena hal ini berhubungan dengan sistem pencernaan manusia. Jika Anda rentan mengalami peradangan usus, konsumsilah blueberry secara rutin yang berperan sebagai antibiotik di dalam tubuh serta dapat juga mencegah infeksi saluran kencing.

9. Konsumsi raspberry

Buah berry lain yang berperan dalam sistem pencernaan yaitu buah raspberry. Jenis buah ini ternyata dapat digunakan sebagai pembersih alami usus. Raspberry dapat dikonsumsi langsung atau dapat dibuat jus sesuai dengan selera Anda. Anda juga dapat memasukkan buah ini ke dalam menu harian Anda atau ditambahkan ke dalam menu makanan tertentu.

10. Konsumsi jeruk bali

Jeruk bali terkenal sebagai salah satu buah yang mengandung serat pektin yang tinggi. Kandungan yang berkhasiat tinggi tersebut dapat menjadi pengikat kolesterol di dalam tubuh sebagai pembersih kotoran maupun racun yang bersarang di dalam usus. Anda dapat mengonsumsi buah ini agar kandungan serat pektinnya bermanfaat bagi seluruh tubuh.

11. Konsumsi sayur berdaun hijau

Kandungan serat di dalam sayuran berdaun hijau memang sangat dibutuhkan usus untuk terbebas dari racun. Sayuran berdaun hijau tersebut merupakan sumber serat tinggi yang dapat memenuhi nutrisi dan gizi yang dibutuhkan oleh usus. Memasukkan sayuran hijau ke dalam menu harian Anda memang sangat dianjurkan, alangkah baiknya jika Anda mengonsumsi jenis sayuran hijau seperti bayam, kacang polong, kale, rumput jelai, wheatgrass, kubis brussel, alfalfa, dan juga bayam.

12. Konsumsi makanan dan minuman fermentasi

Makanan atau minuman fermentasi memang tidak diragukan lagi akan khasiat dan juga manfaatnya bagi pencernaan. Sumber makanan yang kaya akan probiotik ini merupakan salah satu bakteri baik yang sangat baik untuk pencernaan. Probiotik dikenal sebagai penyehat dan juga pembersih usus yang sangat wajib Anda konsumsi.

Beberapa makanan dan minuman fermentasi yang wajib Anda konsumsi diantaranya kefir, yogurt, miso, sauerkraut, teh kombucha dan juga kimchi. Jadikan menu tersebut ke dalam menu mingguan yang harus Anda konsumsi.

13. Konsumsi lidah buaya

Tanaman yang satu ini tidak hanya berkhasiat dalam perawatan wajah dan juga pertumbuhan rambut, namun juga memiliki manfaat sebagai pembersih usus. Kandungan gel dan juga sifat laksatifnya yang sangat tinggi ternyata dipercaya sebagai pembuang kotoran dan juga toksin di dalam usus. Anda dapat mengonsumsi gel lidah buaya ini yang dikombinasikan dengan perasan satu buah lemon. Anda dapat memblender kedua bahan tersebut sampai tercampur dan dinginkan dulu sebelum dikonsumsi agar lebih nikmat.

14. Konsumsi teh/ kopi

Ternyata kandungan kafein di dalam kopi dapat mendorong kelancaran proses buang air besar. Tentunya, sebagian besar orang pernah mengalami rasa mulas dan juga ingin BAB setelah mengonsumsi kopi. Hal tersebut memang sangat wajar karena kafein bereaksi yang dapat menyebabkan Anda merasa mulas, akan tetapi Anda juga wajib membatasi asupan kopi setidaknya dua gelas per hari.

Jika Anda mengonsumsi kopi dengan takaran yang berlebih, justru akan menyebabkan sembelit. Selain kopi, teh hijau atau teh hitam juga mempunyai manfaat supaya kinerja usus menjadi lebih terangsang. Konsumsi teh hijau/ hitam satu cangkir setiap harinya.

15. Konsumsi chia seed dan flax

Sumber makanan berbentuk biji-bijian ini memang sangat kaya akan lemak dan juga omega-3. Kandungan serat alaminya ternyata berperan dalam membersihkan usus yang kotor dan juga pencernaan.

16. Olahraga rutin

Memang sangat mudah memasukkan olahraga ke dalam salah satu cara membersihkan usus kotor secara alami, akan tetapi sangat sulit untuk dilakukan. Olahraga memang aktifitas yang sangat mudah dan juga murah yang dapat melancarkan sistem pencernaan di dalam tubuh. Berjalan selama 30 menit setiap harinya merupakan cara yang sangat sederhana yang dapat Anda lakukan.

Tentunya, menjaga sistem pencernaan dan juga usus tetap bersih menjadi kewajiban yang harus kita lakukan. Bagaimanapun juga, usus merupakan organ tubuh yang mengolah makanan dan juga minuman secara langsung yang masuk ke dalam tubuh kita. Untuk itu, usus juga merupakan awal dimana suatu penyakit meradang.

Untuk itu, lakukanlah beberapa tips dan cara membersihkan usus kotor secara alami di atas secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Semoga bermanfaat!

Apakah informasi ini bermanfaat?

1 2 3 4 5

Loading...

Diskusikan Tema Artikel