15 Cara Mendidik Anak Usia 5 Tahun Yang Wajib Anda Lakukan

1. Curahkan kasih sayang

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah memberinya kasih sayang yang tulus kepada mereka ketika mendidiknya. Memberikan kasih sayang merupakan cara yang tepat bagi Anda dalam mendidik anak usia 5 tahun. Bersikaplah sabar ketika menghadapi anak yang rewel dan juga bandel. Jangan mudah marah dan juga memukul anak, karena hal ini akan mengakibatkan anak mengalami tekanan yang nantinya akan menghambat perkembangannya.

2. Berikan pujian ketika ia berhasil

Memberikan pujian tentunya bukanlah perkara yang sulit bagi Anda. Anak akan merasa dihargai ketika ia mendapatkan pujian setelah melakukan hal kecil sekalipun. Untuk itu, jika anak Anda melakukan sesuatu yang positif dan berhasil melakukannya, sebaiknya berikanlah pujian dan penghargaan kepadanya meskipun dengan acungan jempol dan juga perkataan pujian lainnya. Cara tersebut tentunya akan membantu anak Anda untuk mendapatkan kepercayaan diri di dalam dirinya. Satu kata pujian akan menjadi motivasi yang cukup besar bagi mereka dan akan selalu ingat sampai beranjak dewasa.

3. Ajarkan tentang agama

Ini dapat disebut sebagai poin yang sangat penting bagi Anda dalam mendidik anak usia 5 tahun. Pendidikan agama memang sangat penting dan menjadi pendidikan dan pembentukan karakter bagi anak. Meski usia yang masih terbilang sangat kecil, namun tidak menutup kemungkinan bagi mereka untuk sedikit demi sedikit mengerti akan prinsip agama yang diajarkan oleh orangtuanya. Dengan memberikan pendidikan agama tentunya memberikan arah yang positif bagi mereka. Orangtua dengan prinsip agama yang kuat serta mendidik anaknya dengan benar, maka secara otomatis akan melekat pada diri anak tersebut prinsip agama dengan kuat ketika ia mulai beranjak dewasa.

4. Berbicara dengan nada yang lembut

Seorang tentunya tidak ingin mendapatkan teguran dari orangtuanya meskipun ia telah berbuat salah. Untuk itu, penting bagi Anda untuk bersikap dan juga berkata lembut kepada anak ketika anak Anda melakukan kesalahan. Usahakan Anda untuk menahan emosi supaya tidak mengatakan sesuatu yang buruk dan juga jelek pada anak. Hal ini tentunya akan berdampak buruk pada anak Anda nantinya. Cara menegur anak yang tepat adalah dengan berbicara secara perlahan dan juga lemah lembut.

5. Berbicara dengan kata-kata yang baik

Jika Anda ingin anak Anda memiliki tingkat perkembangan yang memadai, sebaiknya cara berbicara dan juga perkataan di dalam keluarga harus menggunakan kata-kata yang baik dan juga positif. Jika Anda sekeluarga kerap berbicara dengan kata-kata yang tidak baik atau kasar, tidak menutup kemungkinan bahwa anak Anda kelak akan berbicara dengan kata-kata yang kasar. terlebih jika Anda ingin menyuruhnya untuk membereskan mainan, alangkah baiknya untuk selalu menggunakan kata-kata yang baik dan kalimat yang positif. Jangan berbicara yang akan terkesan seperti menegur atau menyuruhnya dengan paksa.

6. Tunjukkanlah perbuatan baik untuk orang lain

Orangtua dapat dikatakan sebagai cerminan sikap anaknya. Sangat penting bagi orangtua untuk menunjukkan perbuatan baik untuk orang lain. Ajarkan kepada anak bagaimana pentingnya berbuata baik kepada orang lain. Bersikap ramah serta tolonglah orang lain ketika mereka membutuhkan bantuan. Panutan terbesar bagi mereka adalah orangtuanya sendiri.

7. Berikan dukungan kepada anak

Tahap perkembangan usia anak 5 tahun dapat disebut dengan masa dimana anak banyak melakukan eksplorasi dan juga rasa ingin tahu terhadap lingkungan sekitarnya. Inilah saat yang tepat bagi Anda untuk memberikan dukungan kepada anak dengan melihat kemajuan dan perkembangan pada anak. Amatilah perkembangan pada anak. Jika si kecil sudah dapat melakukan hal-hal yang lebih dari masanya, sebaiknya Anda memberikan dukungan padanya supaya dapat mencapai perkembangan yang ia inginkan.

8. Ajarkan kedisiplinan pada anak

Pendidikan karakter yang satu ini memang harus Anda ajarkan kepada anak Anda. Hal ini sangat berkaitan dengan kebiasaan yang akan ia lakukan nantinya. Jika kita tidak mengajarkan sikap yang disiplin pada anak, kemungkinan ia tidak akan dapat menghargai waktu dan juga kesempatan dengan baik. Cara mengajarkan disiplin pada anak dapat dengan melakukan hal yang sangat sederhana seperti mengatur waktu bermain, tidur dan juga mandi pada jam yang sama. Dengan begitu mereka akan terbiasa melakukan hal tersebut ketika ia sudah beranjak dewasa.

9. Jangan menakut-nakuti anak

Satu kesalahan ini kerap dilakukan oleh sebagian besar orangtua ketika mendapati anak yang rewel dan juga bandel. Usahakan jangan menakut-nakuti anak dengan sesuatu yang dapat membuatnya menjadi enggan untuk melakukan sesuatu. Banyak para orangtua yang menakuti anaknya dengan hantu, hewan dan juga semacamnya. Efek yang timbul dari suka menakut-nakuti anak kelak mereka tidak mempunyai rasa percaya diri dan juga takut untuk mencoba hal-hal baru.

10. Jangan memberikan ancaman

Sekalipun anak Anda bandel, janganlah sekali-kali untuk memberikan ancaman keras kepadanya supaya mereka menurut pada Anda. Memberi ancaman justru akan membuatnya sulit untuk mengembangkan pola berpikir yang cukup kritis dan juga anak akan takut untuk melakukan sesuatu apapun. Jika memang ingin membuat anak menurut pada kita, Anda harus tegas dan memberinya konsekuensi ketika ia melakukan perbuatan yang tidak diinginkan oleh orangtuanya. Misalnya, jika tidak mau makan atau mandi, maka jatah bermain akan dikurangi selama satu hari.

11. Jangan berbohong kepada anak

Anak adalah cerminan dari sikap orangtuanya. Hal ini tentu berlaku juga bagi Anda dalam hal berkata jujur ataupun berbohong. Jika Anda tidak ingin dibohongi oleh anak Anda, sebaiknya Anda jangan berkata bohong kepadanya, meskipun pada usia yang masih 5 tahun. Pasalnya, suatu perkataan yang dibicarakan oleh orangtuanya menjadi pegangan teguh baginya. Si kecil akan selalu percaya dengan apa yang dikatakan oleh orangtuanya. Untuk itu, jika seorang anak bertanya namun tidak pantas untuk dijawab, maka jawablah dengan perkataan yang lemah lembut dan katakan bahwa Anda akan mencari jawabannya terlebih dahulu. Janganlah menjawab pertanyaan polos anak yang justru akan menjerumuskannya.

12. Ajaklah anak bermain

Anak akan lebih senang jika Anda mau mengajaknya bermain. Bermain dengan anak akan menjadi senjata yang jitu bagi Anda untuk mengajar dan juga mendidik anak. Mulailah ajarkan sesuatu yang baik pada anak, meskipun pada saat bermain melalui permainan kreatif dan juga mendidik. Dengan begitu, maka akan menimbulkan rasa semangat pada dirinya sehingga ia akan terus belajar.

13. Jangan menuruti semua keinginan anak

Sebagian besar orangtua kerap melakukan kesalahan ini dengan memanjakan dan menuruti semua keinginan anaknya. Ternyata, hal ini justru akan membuat anak Anda merasa lega karena orangtuanya akan selalu menuruti kemauan anaknya. Dengan bersikap seperti itu, seoarang anak akan ketagihan ketika ia ingin melakukan sesuatu, namun tidak sesuai jangkauannya. Ia akan berpikir bahwa orangtua pasti akan menuruti kemauannya.

14. Bersikap terbuka kepada anak

Ajaklah anak untuk bersikap terbuka kepada orangtuanya dengan selalu berkomunikasi dengannya. Jadilah Anda sebagai tempatnya bercerita, hal yang perlu Anda lakukan adalah janganlah sekali-kali menyela perkataan anak Anda, karena akan membuatnya enggan untuk bercerita lagi kepada Anda.

15. Ajari anak untuk meminta maaf

Tentunya, anak usia 5 tahun akan mulai bergaul dengan teman seusianya. Jika anak Anda melakukan kesalahan kepada temannya, mintalah ia untuk meminta maaf dan tidak akan mengulangi kesalahannya tersebut.

Itulah beberapa cara mendidik anak usia 5 tahun yang harus Anda lakukan. Dengan memahami perkembangan anak usia 5 tahun, tentunya Anda akan lebih tahu bagaimana cara bersikap dan juga mendidik anak Anda dengan baik. Semoga bermanfaat!

 

 

Pages ( 2 of 2 ): « Sebelumnya1 2

Tinggalkan komentar

Show Buttons
Hide Buttons