10 Tips Sarapan Pagi Lebih Menyenangkan Saat Hamil

4.61/5 (18)

Jika bayi anda memiliki kadar glukosa yang rendah (hipoglikemia) maka dikhaawatirkan anak anda akan kesulitan berkonsentrasi dan cepet merasa lelah. Efek kedua yang dapat muncul ketika ibu hamil melupakan sarapan, ialah munculnya stunting. Stunting ini merupakan kegagalan dalam mencapai suatu pertumbuhan yang optimal dan diukur sesuai tinggi badan dan umur. Efek yang ketiga yang sering muncul pada ibu hamil yang tidak sarapan yaitu menjadikan anak yang emosional. Serta emosi yang terjadi pada anak anda akan terjadi peningkatan yang mengakibatkan agresif. Supaya kesehatan janin dan ibu hamil selalu terjaga, maka anda jangan sampai melupakan sarapan pagi. Namun, yang paling disesali ibu hamil sering sekali malas untuk sarapan dengan alasan mual, bahkan beberapa ibu hamil mengalami muntah dan kehilangan selera makan.

Berikut ini cara mengatasi perasaan malas untuk sarapan :

1.    Alihkan sementara pikiran anda kemudian bayangkan suasana anda ketika anda sedang menikmati makan yang sangat berkesan dalam hidup anda. Mungkin ketika anda sedang menikmati makan malam bersama suami anda.

2.    Nikmatilah sarapan pagi sambil anda bersantai di halaman rumah atau di tempat yang menjadi favorit anda.

3.    Pilihlah makanan dengan kandungan karbohidrat yang tinggi, kemudian makanlah dengan porsi yang kecil namun sering. Memilih sarapan berupa sereal dapat menjadi pilihan untuk anda.

4.    Minumlah air putih minimal 8 gelas setiap harinya.Pada saat sarapan anda dapat minum 1-2 gelas.

5.    Jika meminum susu menjadikan anda terasa mual, penuhi kebutuhan susu tersebut dalam olahan lain seprti es krim, puding agar-agar, perkedel lapis, puding roti, serta makanan lainnya yang terbuat dari susu.

6.    Konsumsilah berbagai jenis makanan sebagai mengganti jenis makanan yang tidak dapat anda konsumsi dikarenakan oleh perasaan mual anda.Seperti susu dengan makanan yang tinggi kalsium dan protein lainnya.

7.    Sebaiknya anda menghindari makanan yang pedas.

8.    Hindari makanan yang terlalu banyak menggunakan pemanis, makanan yang bersantan dan juga mengurangi konsumsi makanan yang memiliki kandungan lemak tinggi.

9.    Sebaiknya tidak mengkonsumsi kopi serta creamer. Jika perlu anda dapat menggantinya dengan meminun teh hangat yang beraromakan peppermint atau aroma lainnya.

10.    Kurangi makanan yang terlalu basah. Sebaiknya anda mengkonsumsi makanan yang ringan, kering, serta menyegarkan. Seperti contohnya anda dapat mengkonsumsi krakers juga buah kering dalam jumlah yang disesuaikan dengan kebutuhan anda.

Dengan beberapa tips yang telah disebutkan di atas, ada baiknya tetap menjaga gaya hidup anda terutama membiasakan untuk sarapan. Tidak ada alasan untuk ibu hamil melupakan kebiasaan sarapan pagi,penuhi kebutuhan gizi anda ketika anda sarapan agar anda tetap bisa menjalankan semua aktifitas anda tanpa adanya kendala serta bayi yang ada di dalam kandungan anda tetap sehat.

Apakah informasi ini bermanfaat?

1 2 3 4 5

Leave a Reply