data-ad-format="auto"

10 Nutrisi Ibu Hamil

Ibu hamil harus selektif dalam memilih menu makanan. Hal ini bukan berarti membatasi makanan akan tetapi pemilihan makanan yang dikonsumsi ibu hami harus memenuhi nutris yang cukup. Asupan nutrisi akan mempengaruhi perkembangan dan pertumbuhan yang optimal pada janin. Dengan demikian pilihlah nutrisi yang tepat untuk ibu hamil dan juga sesuaikan dengan kebutuhan usia janin anda.

Komposisi yang sesuai yaitu terdiri dari nasi, lauk pauk , sayuran dan buah harus dikonsumsi secara seimbang sehingga variasi kandungan vitamin dan mineral dapat mengoptimalkan tumbuh kembang janin. Oleh karena itu, untuk menambah pengetuan anda mengenal nutrisi dan makanan untuk ibu hamil, kami akan memberitahu informasi 10 nutrisi ibu hamil.

Berikut inilah yang menjadi 10 nutrisi ibu hamil, diantaranya :

1. Kandungan B1

Kandungan thiamin yang terdapat di dalam daging, telur, legum atau kacang2 an dapat memberikan manfaat untuk mengoptimalkan kerja sistem saraf pada wanita,

Baca Juga: Panduan Lengkap Kehamilan dan Persalinan

2. Kandungan vitamin A

Vitamin A dan betakarotin akan membantu dalam pertumbuhan tulang dan gigi. Selain itu bagi anda yang ingin mengetahui bahan yang mengandung vitamin A adalah telur, bayam, brokoli, labu, telur, hati ayam atau kentang.

3. Kandungan vitamin B6

Kandungan pyridoxine atau B6 akan membantu dalam pembentukan sel darah merah sehingga dapat mengurangi morning sickness dan mual pada ibu hamil. Anda dapat memilih bahan makanan yang mengandung vitamin B6 diantaranya adalah telur, ayam, ikan, kubis, wortel, pisang, brokoli atau kacang-kacangan.

4. Folat

Inilah nutrisi yang sangat berperan dalam kehamilan, meskipun nutrisi lain berperan namun peran folat yaitu mencegah terjadinya cacat tulang belakang pada janin. Nah, untuk anda dapat mencegah dengan konsumsi stroberi, jeruk, buah bit, kacang-kacangan dan juga sayur mayur yang berwarna hijau.

5. Zat besi

Kandungan zat besi dapat mencegah kelahiran yang prematur dan juga dapat mengurangi risiko anemia pada ibu hamil. Makanan yang mengandung zat besi diantaranya adalah daging sapi, oat atau sayuran yang berwarna hijau.

6. Protein

Protein yang tiggi biasanya terdapat pada daging, telur dan ikan yang baik untuk dikonsumsi ibu hamil. Protein akan membantu dalam optimalkan perbaikan sel sel tubuh yang rusak

7. Kalsium

Kalsium akan membantu untuk kesehatan tulang, kesehatan gigi, atau mencegah pembekuan pada ibu hami. Anda dapat melengkapi konsumsi kalsium dari ikan sarden, sayuran hijau atau susu.

8. Vitamin C

Vitamin C memiliki manfaat untuk menambah sistem kekebalan tubuh dan dapat membantu dalam penyerapan zat besi. Anda dapat mengkonsumsi bahan makanan yang mengandung vitamin C diantaranya adalah paprika, kentang, brokoli atau stroberi.

9. Vitamin E

Kandungan vitamin  E yang terdapat di dalam kacang-kacangan, minyak sayur ataupun bayam dapat membantu dalam pembentukan sel darah dan juga jaringan otot.

10. Vitamin D

Vitamin D dapat membantu dalam memaksimalkann pertumbuhan tulang dan gigi melalui fosfor yang ada di dalamnya. Anda dapat mengkonsumsi vitamin D dari kandungan susu an ikan yang baik untik pertumbuhan tulang dan gigi janin.

Dengan demikian makanan yang sehat akan membuat ibu hamil sehat dan siap dalam menjalani kehamilan dan melengkapi nutrisi yang dibutuhkan janin.

Loading...

Follow us