10+ Manfaat Kiwi Bagi Ibu Hamil Yang Wajib Anda Ketahui

5/5 (7)

Ketika seorang wanita hamil tentunya membutuhkan banyak gizi dan juga nutrisi  sebagai pendukung untuk kesehatan ibu dan  juga janin di dalam kandungan. Bagaimanapun juga, ibu hamil memang membutuhkan beberapa  sumber makanan yang mengandung nutrisi yang  sangat banyak. Hal ini dikarenakan janin di dalam kandungan memang menjadi faktor utama  mengapa ibu hamil harus mengonsumsi makanan  yang bergizi.

Terlepas dari hal tersebut tentunya ini  menjadi tugas bagi kita terutama Anda yang  sedang hamil untuk senantiasa mengonsumsi  makanan yang sehat. Buah dan juga sayuran  memang sangat diutamakan untuk dikonsumsi  oleh setiap ibu hamil. Kandungan yang ada  pada buah dan sayur memang sangat mendukung  perkembangan janin di dalam kandungan.  Khususnya di Indonesia, banyak sekali beragam  jenis buah dan juga sayur yang mudah untuk  kita temui. Seperti hal yang buah kiwi yang  ternyata memiliki manfaat yang sangat banyak  untuk perkembangan janin di dalam kandungan. Buah kiwi memang termasuk buah yang langka di  konsumsi oleh sebagian besar orang. Namun  nyatanya, buah kiwi kaya akan kandungan  vitamin yang berguna untuk pertumbuhan janin  di dalam kandungan. Buah yang saat ini  ketenarannya sedang drastis ternyata memang  dianjurkan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil.  Lantas, apa saja manfaat buah kiwi bagi ibu  hamil? Yuk kita langsung simak saja penjelasannya berikut ini!

Manfaat Buah Kiwi Bagi Ibu Hamil

Buah kiwi memang terkenal dengan bentuk yang  sangat unik dan warna buah yang sangat khas.  Rasa masam khas yang dimiliki oleh buah kiwi  memang sangat cocok bagi ibu hamil. Faktanya  bahwa ibu hamil akan melewati masa ngidam  yang tentunya lebih menginginkan konsumsi  yang masam dan membuatnya segar. Daripada  mengonsumsi makanan yang tidak sehat,  alangkah baiknya jika ibu hamil mengonsumsi  buah kiwi yang sudah diketahui khasiatnya.Buah kiwi mengandung vitamin C yang memang  sangat tinggi dan berperan aktif dalam  mendukung perkembangan janin di dalam  kandungan.

Tidak heran jika buah kiwi banyak  dicari oleh banyak wanita hamil yang tentu  menggugah selera. Sebagian besar ibu hamil  lebih memilih membuat jus dibandingkan dengan  mengonsumsinya secara langsung atau dicampur  dengan salad. Hal ini dikarenakan rasa buah  kiwi akan lebih lezat dengan dicampur dengan  menu makanan lain. Bagaimanapun cara penyajian Anda dalam  mengonsumsi buah kiwi, hal yang paling  penting untuk Anda ingat bahwa buah kiwi  memang sangat baik untuk kehamilan Anda. Untuk lebih jelasnya mengenai khasiat yang  diberikan oleh buah kiwi, berikut kami  sajikan beberapa manfaat buah kiwi bagi ibu hamil. Simak selengkapnya di bawah ini:

Membantu Kekebalan Tubuh

Wanita yang tengah hamil tentunya rentan terhadap virus dan juga bakteri penyebab sakit. Tentunya, ini menjadi tugas yang paling penting bagi Anda untuk menjaga kesehatan. Tidak hanya bagi ibu,kesehatan juga memang perlu diperhatikan bagi bayi. Alangkah baiknya jika ibu hamil jangan mudah sakit di masa kehamilan karena akan berisiko cukup tinggi.

Untuk meminimalisir kondisi ibu hamil, tentunya dibutuhkan asupan gizi dan juga nutrisi yang cukup bagi ibu hamil. Maka dari itu, untuk menjaga kesehatan ibu dan juga janin, Anda tentunya bisa mendapatkan manfaat dari buah kiwi. Bagaimanapun juga buah kiwi memang kaya akan vitamin C dan antioksidan yang tinggi sehingga dapat menangkal radikal bebas dengan sangat mudah. Hal ini tentunya buah kiwi bekerja untuk menambah dan juga meningkatkan sistem kekebalan tubuh bagi ibu hamil.

Melindungi DNA

Selain menjaga kekebalan tubuh ibu hamil, ternyata buah kiwi juga memiliki manfaat yang cukup banyak dalam melindungi DNA pada janin. Di dalam buah kiwi tentunya mengandung antioksidan dimana kandungan ini memang sangat baik bagi ibu hamil. Kandungan antioksidan yang ada pada buah kiwi dapat melindungi DNA pada janin. Selain itu, penelitian menyatakan bahwa buah kiwi dipercaya dapat mencegah timbulnya sel kanker di dalam tubuh. Untuk itu, memang sangat penting bagi Anda untuk mengonsumsi buah kiwi di masa-masa kehamilan Anda.

Melancarkan pencernaan

Tidak dapat dipungkiri bahwa ketika hamil kerap mengalami yang namanya sembelit. Banyak ibu hamil yang mengalami pencernaan yang tidak lancar. Bagaimana juga, kondisi ini memang sangat tidak baik bagi ibu hamil dan juga perkembangan janin di dalam kandungan. Untuk mengatasi masalah pencernaan ketika hamil tentunya Anda dapat mengolah buah kiwi menjadi jus atau dapat juga dicampur menjadi olahan salad dan juga toping kue.

Mengatur berat badan

Kondisi penambahan berat badan memang kerap dialami oleh ibu hamil. Biasanya ibu hamil mengalami penambahan berat badan secara drastis, namun ada juga yang tidak mengalami penambahan berat badan yang cukup drastis. Kenaikan berat badan yang dialami oleh ibu hamil memang sangat wajar, akan tetapi jika terlalu gemuk menjadi hal yang tidak normal. Kondisi ini tentunya dapat menimbulkan masalah dan juga gangguan kesehatan lainnya.

Memang sangat penting bagi Anda untuk tetap menjaga berat badan tetap stabil. Cara yang dapat Anda lakukan ialah dengan melakukan diet yang sehat, bukan berarti menurunkan berat badan, namun menjaga berat badan tetap stabil. Buah kiwi mengandung indek glikemiks yang cukup rendah dengan kandungan serat yang sangat tinggi. Hal ini tentunya dapat mengikat lemak lebih banyak sehingga dapat membuat tubuh tidak mudah gemuk dan juga tidak mudah kurus.

Mengatasi rasa mual

Rasa mual yang kerap menyerang ibu hamil memang terbilang wajah. Namun, perlu Anda tahu bahwa mual yang berkepanjangan dapat membuat tubuh ibu hamil lemas. Jika dibiarkan ibu hamil akan mengalami dehidrasi yang tentunya sangat tidak baik bagi perkembangan janin. Untuk itu, alangkah baiknya jika ibu hamil mengatasi rasa mual dalam masa kehamilan.

Rasa mual terjadi karena tubuh mulai menyesuaikan perubahan yang terjadi. Kondisi ini tentunya bisa diatasi dengan rutin mengonsumsi buah kiwi yang dapat mengatasi rasa mual ketika sedang hamil. Vitamin B yang ada pada buah kiwi memang memiliki manfaat yang cukup banyak untuk menghilangkan rasa mual ketika sedang hamil.

Mengatasi masalah kulit

Tidak dapat dipungkiri bahwa ketika hamil akan mengalami masalah pada kulit. Hal ini dikarenakan tubuh ibu hamil mengalami perubahan hormon. Tidak heran jika ketika hamil, Anda akan mengalami yang namanya jerawat, bintik hitam, komedo dan juga masalah kulit lainnya. Terlebih ketika sedang hamil, ibu jangan menggunakan kosmetik apapun agar tidak terkena zat kimia yang cukup berbahaya.

Maka dari itu, Anda tentunya dapat mengatasi masalah pada kulit dengan mengonsumsi buah kiwi. Kandungan gizi dan juga nutrisi yang ada pada buah kiwi memang sangat baik dalam menjaga kesehatan kulit ibu hamil.

Mencegah stroke

Penyakit stroke pada ibu hamil tentunya terus meningkat. Kondisi ini tentunya dibuktikan oleh sebuah penelitian yaitu Centers for Disease Control and Prevention (CDC) dapat meningkat dari tahun ke tahun. Stroke tentunya rentan menyerang ibu hamil yang mendapatkan sakit jantung, obesitas dan juga tekanan darah tinggi. Jika Anda memakan buah kiwi, sedikitnya dapat membantu melancarkan peredaran darah dikarenakan kiwi mengandung antioksidan yang alami seperti polifenol.

Mencegah katarak

Buah kiwi ternyata dipercaya dapat mencegah terserang penyakit katarak. Meskipun memang jarang terjadi, namun ibu hamil memang sangat rentan untuk mengalami permasalahan pada mata ketika sedang hamil. Untuk itu, Anda tentunya harus menghindari terjadinya hal-hal yang tidak Anda inginkan. Untuk mencegahnya, tentunya Anda dapat memenuhi kebutuhan gizi dengan mengonsumsi buah-buahan seperti kiwi ketika sedang hamil.

Menjaga kesehatan syaraf janin

Selain mencegah katarak. buah kiwi juga dapat dikatakan sebagai sumber makanan bergizi yang dapat dikonsumsi oleh ibu hamil karena mengandung banyak asam folat di dalamnya. Dalam hal ini tentunya asam folat dapat dikatakan sebagai kelompok vitamin B. Jika Anda mengonsumsi buah kiwi ketika hamil, Anda tentunya dapat mengurangi risiko bayi yang mengalami cacat syaraf ketika lahir. Untuk mencegah hal tersebut, tentunya Anda dapat memenuhi asupan asam folat sebanyak 400 mcg perharinya. Setidaknya dalam 100 gram buah kiwi terdapat sekitar 25 mcg asam folat yang memang sangat dibutuhkan oleh ibu hamil.

Meningkatkan metabolisme

Di dalam buah kiwi tentunya mengandung vitamin C dan juga mineral elektrolit. Untuk itu, tidak dapat dipungkiri bahwa ketika hamil tubuh akan mengalami dehidrasi dikarenakan aktivitas yang cukup menguras tenaga dan juga cepat lelah. Dengan mengonsumsi buah kiwi tentunya Anda dapat menghindari dari terjadinya dehidrasi ketika sedang hamil.

Mengambil manfaat dari buah yang memiliki rasa yang khas tentunya menjadi sebuah keharusan bagi Anda. Buah kiwi tentunya dapat dijadikan sebagai cara dan juga alternatif untuk mencegah beberapa kondisi dan juga gangguan-gangguan yang terjadi dalam masa kehamilan. Itulah beberapa manfaat buah kiwi bagi ibu hamil yang harus kita dapatkan manfaatnya. Semoga bermanfaat!

Apakah informasi ini bermanfaat?

1 2 3 4 5

Leave a Reply