data-ad-format="auto"

Yuk, Relaksasi Panca Indera Untuk Ibu Hamil

Kondisi yang baru seringkali sulit untuk diterima oleh wanita yang sedang hamil. Hal ini dituntut untuk menyeimbangkan pola hidup selama kehamilan sehingga dapat menjaga kesehatan fisik dan psikis. Ibu hamil yang memiliki pikiran dan perasaan yang tenang akan siap menghadapi kehamilan dan menunjang pertumbuhan dan perkembangan janin yang optimal.

Perasaan cemas, takut, tegang atau pemicu stress yang dialami oleh ibu hamil akan berdampak pada janin. Sehingga disarankan ibu yang hamil menjadikan kehamilannya sebagai pengalaman yang menyenangkan. Salah satu caranya adalah dengan melakukan rileksasi panca indera untuk ibu hamil. Relaksasi panca indera untuk ibu hamil adalah dengan melakukan latihan diri dalam mengontrol kesadaran melalui panca indera sehingga memberikan reaksi yang positif bagi tubuh. Relaksasi panca indera sangat mudah dilakukan selama kehamilan, anda hanya dituntut untuk mereaksikan pikiran melalui hidung, mata, telinga, lidah dan kulit.

Berikut ini adalah cara relaksasi panca indera untuk ibu hamil :

1. Mata

Pemandangan yang menarik akan membuat anda lebih nyaman. Sesekali anda dapat menggunakan alam semesta untuk melakukan rileksasi. Dengan melihat pemandangan yang indah seperti pengunungan atau pantai, anda dapat meluangkan waktu untuk relaksasi. Selain itu apabila anda belum sempat berlibur, relaksasi panca indera bisa anda dapatkan dengan menonton film yang dapat menghibur anda atau kembali membuka album anda dengan pasangan anda. Dengan memfungsikan mata untuk melihat kejadian atau keadaan yang mengembirakan akan mempengaruhi mood anda dan menciptakan suasana tenang dan menyenangkan.

Baca Juga: Panduan Lengkap Kehamilan dan Persalinan

2. Telinga

Mendengarkan musik merupakan salah satu terapi yang banyak dilakukan ibu hamil. Selain membuat kondisi yang tenang untuk ibu hamil, musik juga akan memberikan stimulasi bagi janin. Anda dapat mendengarkan musik yang memiliki irama lembut sehingga membuat anda tenang. Anda dapat mencari musik yang dikhususkan untuk ibu hamil. Selain musik khusus ibu hamil, suara alam dapat memberikan rileksasi, anda dapat mendengarkan gemericik air atau deru ombak.

3. Hidung

Terapi yang dapat dilakukan dengan indera penciuman dengan menggunakan aromaterapi. Anda dapat menikmati aromaterapi yang berasal dari tumbuhan yang beraroma dan memiliki manfaat untuk ibu hamil akan tetapi beberapa aroma terapi ini tidak dapat digunakan untuk rileksasi ibu hamil yaitu geranium, mawar, chamomile, rosemarry dan lavender apalagi di usia kehamilan trimester pertama.

4. Lidah

Ibu hamil seringkali mengeluhkan gangguan nafsu makan. Semua makanan yang dirasakan akan berasa pahit padahal ibu hamil membutuhkan nutrisi untuk kelangsungan tumbuh kembang janin. Berikut adalah cara dalam relaksasi lidah selama kehamilan, yaitu dengan menyeimbangkan rasa. Rasa manis dapat anda rasakan dari madu, susu, atau kismis. Sedangkan rasa asam seringkali mudah untuk di terima ibu hamil karena rasanya yang dapat mengusir mual seperti buah mentah atau yogurt. Selanjutnya rasa asin tidak boleh berlebihan, cukup dari masakan menu makanan sehari-hari. Kemudian rasa pahit dari labu kuning atau kunyit. Sedangkan rasa segar dari buah dan sayur dan juga beberapa bahan makanan yang menyengat bisa didapat dari jahe, kayu manis atau aneka bawang lainnya.

5. Kulit

Terapi dengan pemijitan bisa dilakukan untuk ibu hamil asalkan dilakukan oleh ahli atau spa khusus ibu hamil. Beberapa area yang menjadi fokus pemijitan diantaranya adalah kepala , otot tangan dan bagian kaki tanpa membuat kehamilan anda bermasalah. Umumnya pemijitan pada area kaki akan membuat ibu terasang sehingga terjadi kontraksi sehingga lebih penting untuk berkonsultasi terlebih dahulu sebelum melakukan pemijitan.