Wow, Bayi 10 Bulan Memiliki Bobot 12 Kg

Aliya Saleem,bayi yang berasal dari Jharkhand-India ketika lahir memiliki berat badan 4 kg, siapa yang menyangka hanya dalam waktu 10 bulan telah mimiliki bobot mencapai 12 kg. Pertambahan berat badan yang semakin pesat ini dikhawatirkan berpengaruh pada kesehatan Aliya.

Bayi yang memiliki badan gemuk, lipatan di kaki dan tangan bahkan pipi yang chubby sangat menggemaskan. Bagaimana bila bayi dalam pertumbuhannya terlalu ekstrim, bahkan berat badannya mengalami kelebihan sesuai dengan usianya?

Orang tua dari Aliya Saleem yaitu Mohammad Saleem (28) dan Shabana Parven( 25) sangat khawatir dengan kondisi kesehatan anaknya. Anak pertama mereka Simran pernah mengalami obesitas ekstrem hingga meninggal dunia di usia 1 tahun.

Khawatir dengan kejadian serupa, kini Aliya diperiksakan untuk mengetahui penyebab pertumbuhan ekstream yang dialaminya. Orang tua Aliya kerepotan karena pakaian hanya dapat digunakan beberapa hari saja," Setelah kelahiran Aliya, harus dibelikan pakaian tiap dua minggu karena baju yang kekecilan. Ahli dokter yang berada di RS lokal tidak dapat mengetahui penyebab Aliya mengalami kegemukan yang berlebihan. Ahli dokter menyarankan untuk pergi ke kota lain akan tetapi kami tidak mempunyai banyak uang" Kata Saleem, Ayah Aliya.

Baca Juga: Panduan Lengkap Kehamilan dan Persalinan

Beberapa bulan terakhir, Aliya dibawa ke Fortis Hospital di Delhi bahkan dokter yang memeriksa Dr Krishan Chugh mengatakan bahwa kondisi Aliya dapat digolongkan menjadi kasus obesitas morbid atau dikatakan sebagai ketidakseimbangan hormon. Perlu dilakukan diagnosis yang tepat sehingga membantu dalam pengobatan Aliya. Sekali lagi orang tua Aliya masih mempertimbangkan karena alasan keterbatasan biaya.

Ibu Aliya, Shabana mengakui kesulitan dalam mengurus Aliya. Bahkan dengan bobot badan 12 kg, Aliya mengalami kesulitan duduk sendiri dan harus dippangku oleh ibunya selalu. Sedangkan di lain sisi, Shabana harus menyelesaikan pekerjaan rumah dan juga mengurus anak yang lain. Sang ibu sangat khawatir ketika Aliya mengalami kesulitan bernapas  "Aliya terus menangis bahkan selalu bangun ketika malam hari. Aliya mengalami sulit bernapas, kami khawatir Aliya mengalami yang sama dengan Simran. Bahkan kebutuhan makan Aliya masih dirasa berat oleh kami" tatar Shabana.  

Pertumbuhan Aliya yang berbeda dengan anak seuasinya sangat membebankan bagi kedua orang tuanya, salah satunya adalah kebiasaan makan Aliya porsinya hingga mencapai tiga kali lipat dari anak sebayanya. Bahkan Aliya senang sekali ngemil biskuit dan kari. Shabana untuk memenuhi makan Aliya dan keluarganya, terkadang membuat suaminya untuk meminjam uang kepada teman atau saudara.

Pekerjaan ayah Aliya, Saleem sebagai penjahit hanya 60 ribu perharinya.Meskipun demikian Saleem tidak merasakan kesulitan ketika harus meminta bantuan kepada orang di sekitarnya apalagi Aliya yang sangat disuka dan menggemaskan "Kondisi Aliya, warga desa menyayangi Aliya. Anak di sekitar lingkungan sangat senang bermain dengannya walaupun terkadang orang dewasa tidak dapat mengangkatnya karena bobot Aliya yang berat meskipun mereka sangat suka dan Aliya menggemaskan." Kata Saleem

Bobot yang terlalu berat pada tumbuh kembang bayi memang tidak selamanya menyehatkan apalagi akan mengganggu kesehatan. Oleh karena itu menjaga kesehatan bayi dengan menyeimbangkan berat badan dan usianya sangat penting. Berat badan yang kurang dapat menjadi gangguan kesehatan begitu pula dengan berat badan yang berlebih pada bayi yang dapat memicu obesitas dan komplikasi penyakit pada usia dini. Inilah yang menyebabkan pentingnya melakukan pengontrolan tumbuh kembang pada bayi anda.

Loading...

Follow us