data-ad-format="auto"

Tips Turunkan Berat Badan dengan Hentikan Kebiasaan Malam Ini!

Sewaktu anda berusaha untuk meurunkan berat badan, nampaknya seperti ada rentetan godaan yang tak pernah berakhir menganggu hari-hari deiat anda. Godaan tersebut datang dari berbagai sumber, baik dari luar rumah dan tidak berhenti hingga anda tiba dirumah. Selain itu, pada umumnya pemicu sulitnya berat badan yang menurun banyak disebabkan oleh beberapa hal termasuk hal-hal yang sering tidak kita sadari. Seperti salah satunya adalah kebiasaan yang dilakukan pada malam hari.

Ya, terjaga sampai larut malam baik itu disengaja ataupun tidak akan mungkin memicu resiko kenaikan berat badan yang tinggi untuk tubuh anda. Sehingga demikian untuk anda yang mendamba ingin segera menurunkan berat badan maka nampaknya kebiasaan yang sering anda lakukan pada malam hari pun perlu diperhatikan dengan baik.

Untuk itulah, mulai saat ini perbaiki pola hidup anda dengan menggantinya menjadi hal yang lebih baik dan lebih sehat. Hentikan beberapa kebiasaan buruk yang seringkali anda lakukan, baik secara sadar maupun tidak. Nah, dibawah ini adalah beberapa jenis kebiasaan buruk yang umunya seringkali dilakukan pada malam hari yang mana kebiasaan ini umumnya dapat menaikan resiko obesitas menjadi jauh lebih besar. Lantas apa saja kebiasaan tersebut? Mari kita simak beberapa halnya dibawah ini.

Makan Malam

Salah satu kebiasaan yang paling umum dilakukan oleh bayak orang adalah menerapkan waktu makan sesuai dengan waktunya. Memang baik makan secara teratur sebab manfaatnya akan dirasakan oleh tubuh anda dengan lebih baik. Akan tetapi, untuk anda yang tengah dalam proses penurunan berat badan ada beberapa jadwal makanan yang memang perlu diperhatikan sebab makan dijam tersebut akan mungkin membuat timbunan lemak semain parah. Salah satunya adalah menyantap makan malam, konsumsi makan beberapa jam sebelum tidur akan mungkin membuat anda menimbun lemak dalam jumlah yang lebih banyak. Akibatnya, ketika anda tidur dan tidak ada akivitas setelah menyantap makan malam maka timbunan kalori dan lemak jahat yang anda dapatkan dari makanan akan bersarang dalam tubuh anda dan menumpuk.

Baca Juga: Keputihan Pada Wanita - Jenis, Penyebab dan Pencegahan

Untuk itulah, bukan tidak boleh anda menyantap makan malam. Hanya saja, dalam rangka penurunan berat badan maka sebaiknya atur waktu makan anda dengan lebih baik. Anda bisa menggeser waktu makan ini ke sore hari. Maksimal waktu makan terakhir anda ada sampai jam 5 sore. Setelah waktu ini maka anda tidak diperkenankan untuk menyantap makanan berat lainnya selain air putih. Hal ini dikarenakan usus dan pencernaan anda akan membutuhkan waktu sedikitnya 5-6 jam untuk benar-benar mencerna makanan menjadi energi bukan menjadi timbunan lemak.

Ngemil di Jam Malam

Banyak orang menikmati snacking atau ngemil pada saat malam hari, terutama saat mereka melakukan rutinitasnya, seperti menonton televisi, membaca buku, menonton film dan lain sebagainya. Hal ini dianggap sebagai hal yang menyenangkan dan membuat perut mereka terganjal diantara waktu makan. Akan tetapi, ingat kembali makan malam saja sudah tidak diperkenankan untuk dilakukan pada malam hari, apalagi snacking atau kegiatan ngemil makanan ringan. Selain itu, pada umumnya seringkali banyak orang yang secara tidak sadar mengkonsumsi banyak makanan ringan karena mereka menganggap makanan tersebut lezat dan sulit membuat perut kenyang.

Untuk itulah, hindari pergi ke dapur dan terus menerus mengecek lemari es anda. Tahanlah diri anda didalam kamar dan upayakan untuk tidak terjaga terlalu larut malam sebab hal ini akan malah membuat anda semakin tersiksa dengan rasa lapar.

Terjaga Sampai Larut Malam

Kebiasaan terjaga sampai larut malam ketika anda sedang dalam proses menurunkan berat badan bukanlah solusi yang baik. Semakin larut anda terjaga maka hormon lapar dalam tubuh anda akan semakin aktif. Hal ini akan membuat anda merasa mudah kelaparan ditengah malam. Ketika anda merasakan kondisi yang satu ini maka akan semakin mudah untuk anda tergoda menyantap makanan karena tidak bisa menahan rasa lapar yang tak tertahankan.

Untuk itulah, hindari segala aktivitas yang akan membuat anda terjaga sampai larut malam. Bahkan bila itu adalah pekerjaan lembur anda. Cobalah sempatkan untuk segera tidur dan dapatkan tidur yang lebih awal dan berkualitas sebab ini akan menghindarkan anda dari stres.

Menyalakan Lampu

Suasana terang benderang didalam ruangan akan membuat anda kesulitan untuk dapat tidur dengan nyenyak. Selain itu, hal ini pun akan mungkin mengalihkan perhatian anda untuk melakukan kegiatan yang lain. Untuk itu, sebaiknya matikan cahaya yang ada diruangan ketika anda hendak tidur. Bila anda adalah tipikal orang yang takut dengan kegelapan maka cukup gunakan lampu tidur dengan cahaya yang redup. Kondisi yang seperti ini akan dapat membuat anda mendapatkan tidur yang nyenyak dan nyaman.

Bermain Dengan Ponsel Menjelang Waktu Tidur

Hindari mengoperasikan gadget atau ponsel pintar anda saat anda hendak tidur. Sebab kondisi seperti ini akan mungkin membuat anda terus-terusan terjaga dan sulit untuk mendapatkan waktu tidur yang cepat. Sederetan hal yang terjadi di sosial media atau internet yang terhubung dengan ponsel anda memungkinkan anda untuk mengakses segala hal yang akan mengalihkan perhatian anda. Hal ini akan berdampak tidak baik untuk waktu tidur anda.

Belum lagi postingan makanan yang terlihat lezat dan menggoda yang anda saksikan di sosial media akan mungkin membuat anda tergoda. Alhasil, bukan malah tidur anda akan mungkin mengalihkan perhatian anda dengan mencari makanan ke dapur.

Untuk itu, sebaiknya hentikan kebiasaan buruk mengoperasikan ponsel pada saat anda hendak tidur. Triknya dapat dilakukan dengan segera mencharge ponsel anda pada saat anda hendak tidur. Selain itu, sebaiknya gunakanlah charger dengan kabel yang pendek yang memungkinkan anda untuk tidak mengaksesnya selagi di charge karena kondisi kabel yang pendek.

Kamar Tidur yang Berantakan

Kondisi kamar tidur yang berantakan akan mungkin membuat anda merasa tidak nyaman dan sulit mendapatkan tidur yang nyenyak. Kondisi seperti ini bisa berdampak pada diet yang anda jalankan. Karena kesulitan mendapatkan tidur yang nyaman dan nyenyak anda akan lebih mungkin keluyuran dari kamar tidur anda dan berusaha mengalihkan rasa kantuk anda.

Hal ini bisa jadi membuat anda senang berada di ruang tengah, pergi ke dapur atau berada dihadapan televisi sambil menyaksikan tayangan yang tidak terlalu anda sukai. Kondisi terpaksa ini akan mungkin membuat anda mudah merasakan bosan. Akibatnya, anda akan dengan mudah mencari makanan untuk mnegalihkan kebosanan anda.

Perlahan bila kebiasaan buruk ini terus dilakukan maka akan berdampak tidak baik untuk kesehatan dan diet yang anda jalankan. Timbunan lemak yang terjadi dari konsumsi cemilan dan makanan yang anda santap akan semakin meningkat dan membuat kenaikan berat badan yang cepat.

Demikianlah beberapa hal yang dapat disampaikan dari pembahasan kali ini. Semoga bermanfaat dan memberikan informasi yang anda butuhkan.