data-ad-format="auto"

Tips Tetap Sehat Saat Puasa Bagi Penderita Diabetes

Puasa yang kita jalankan pada saat bulan Ramadhan memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Selama puasa kita harus tetap menerapkan pola hidup dan pola makan yang sehat. Jika kita tidak menjalankan puasa dengan baik dan benar, maka berbagai gangguan kesehatan akan datang. Bahkan untuk orang tertentu mungkin saja masalah akan muncul jika puasa tidak dilakukan dengan cara yang sehat dan benar. Orang yang dimaksud yaitu ia yang mengalami penyakit diabetes.

Penyakit diabetes atau sering disebut dengan kencing manis yaitu salah satu jenis penyakit kronis, yang mana kadar gula di dalam darah mengalami peningkatan. Sehingga sistem metabolisme di dalam tubuh menjadi terganggu. Ketika menjalankan puasa maka resiko meningkatkanya kadar glukosa sangat tinggi, sebab makanan ketika buka atau sahur tidak terkontrol. Terlebih lagi dengan menjalankan puasa selama seharian, maka akan memicu naiknya kadar gula dalam darah dan kekurangan cairan atau dehidrasi. Ketika menjalankan puasa mereka yang menderita penyakit diabetes harus hati-hati dan tetap harus menjaga kesehatannya. Pasalnya, jika mereka salah dalam menerapkan cara puasa yang dilakukan maka akan berdampak buruk pada kesehatannya sendiri.

Namun, bagi mereka penderita diabetes yang tetap memaksakan untuk ikut berpuasa ada beberapa tips yang harus dilakukan. Hal ini dilakukan agar tetap sehat dan puasa yang dijalankan tetap lancar. Lantas apa saja tipsnya? Berikut ini tips agar penderita diabetes tetap sehat selama puasa.

 

Baca Juga: Panduan Lengkap Kehamilan dan Persalinan

Tips Tetap Sehat Saat Puasa Bagi Penderita Diabetes

Berkonsultasi Sebelum Memutuskan Puasa

Bagi mereka penderita diabetes sangat penting melakukan konsultasi atau melakukan pemeriksaan pada dokter sebelum akhirnya memutuskan untuk menjalankan puasa. Hal ini dilakukan agar dokter bisa memberikan saran atau memandu anda dalam menjalankan ibadah puasa.

Kontrol Diri Saat Berbuka Puasa

Ketika buka puasa mungkin nafsu makan akan meningkat sehingga mendorong kita untuk mengkonsumsi banyak makanan pada saat itu. Namun, makan secara berlebihan pada saat bulan puasa nyatanya tidak dianjurkan karena akan mengganggu kesehatan, terlebih lagi untuk mereka penderita diabetes. Bagi penderita diabetes sendiri harus bisa mengontrol dirinya dan jangan makan berlebihan serta hindari mengkonsumsi makanan berat. Karena jika itu dilakukan akan berpotensi terjadinya hiperglekimia. Jaga asupan energi anda dengan makanan yang lebih ringan kurang lebih 2 sampai 3 kali. Cara ini efektif membantu anda dalam mengurangi naiknya gula darah.

Memantau Gula darah dengan Rutin

Bagi mereka penderita diabtes tipe 1 ketika menjalankan puasa harus diawasi dengan cermat. Memantau gula darah dengan rutin adalah hal yang harus dilakukan agar resiko terjadinya hal-hal tidak diinginkan berkurang, serta dosis insulin bisa disesuaikan dengan aktivitas dan asupan makanan.

Melakukan Diet Seimbang

Ketika puasa penderita diabetes tetap harus menjalankan diet seimbang seperti biasanya. Perbedaan mungkin hanya pada waktu saja, bukan pada kualitas dan kuantitas dari makanan yang dikonsumsi.

Jangan Lewatkan Sahur

Waktu sahur jangan dilewatkan, karena jika melewatkan makan selama berjam jam akan membuat kadar gula darah tinggi.  Lakukan makan sahur ketika dini hari jangan tengah malam. 

Hindari Minuman Mengandung Kafein

Penderita diabates dianjurkan untuk tidak mengkonsumsi minuman yang mengandung kafein dan minuman manis, seperti teh. Agar tidak memicu terjadinya kehausan pada saat berpuasa, disarankan untuk mengkonsumsi makanan mengandung zat air.

Demikian beberapa tips puasa bagi penderita diabetes agar tetap sehat. Semoga bermanfaat.