Tips Pintar Membantu Anak Yang Tidak Punya Teman

Masing-masing anak memiliki karakteristik yang berbeda. Bagi anak dengan karakter ekstrovert akan mudah bagi mereka mendapatkan teman dan bergaul dengan lingkungannya, bahkan anak dengan karakter ekstrovert akan cenderung mudah mengelola situasi dan kondisi sehingga mereka dapat memainkan peran yang dominan dalam lingkungannya. Sebaliknya dengan anak yang memiliki kepribadian introvert, anak yang introvert cenderung lebih pemalu, sulit bersosialisasi yang membuat mereka umumnya lebih sulit mendapatkan teman. ( Baca : Bantu Anak Mengurangi Rasa Pemalu Dengan 3 Cara Berikut )

Tidak hanya itu, biasanya kecenderungan anak sulit memiliki teman adalah ketika anak dihadapkan pada lingkungan baru, seperti misalkan saat anda baru saja pindah rumah atau ketika anda mengajak si kecil mengunjungi rumah sanak saudara untuk pertama kalinya. Mendapati anak yang selalu menyendiri dan kesulitan untuk bergaul tentu menjadi pukulan tersendiri untuk anda para orangtua. Ada saat dimana teman-teman sebayanya asik bermain dan berlarian kesana kemari bersama anak-anak lain, sementara anak anda hanya berdiam diri duduk termenung saja.

Hal ini tentu akan menjadi kekhawatiran tersendiri untuk anda. Sebagai orangtua kita tentu menginginkan hal yang terbaik untuk buah hati tercinta. Ketika anaknya mengalami masalah dengan sosialisasi dengan lingkungannya ibu yang bijak akan membantu anak mengatasi hal tersebut.

Nah, dibawah ini ada beberapa hal yang bisa dilakukan para orangtua untuk membantu anak yang tidak punya teman :

1. Ajarkan Anak Keterampilan Berteman

Sebelum anak anda memiliki teman, pertama-tama anak harus mengetahui bagaimana menjadi teman yang baik. Keterampilan berteman seperti mendengarkan, berbagi dan bersedia untuk saling berganti adalah keterampila yang harus dimiliki oleh anak agar menjadi teman yang baik. Mulailah ajarkan anak anda tentang menjadi teman yang baik untuk anak lain. Cara mereka hendaknya saling mendengarkan dan berbagi dengan yang pantas. Untuk menjadi seorang teman yang baik maka penting sekali mengajarkan mereka cara bermain, berinteraksi dengan anak lalin serta bergantian dalam bermain. Sebab bagian terpenting dari sebauh permainan ini adalah belajar berbagi mainan, bergantian dalam permainan dan bekerja bersama untuk mencapai satu tujuan.

2. Undangan

Cara lain untuk membantu anak mendapatkan teman adalah dengan mengundang teman sebayanya yang ada disekitar rumah untuk bermain ke rumah anda. Tidak perlu menunggu pada hari ulang tahun atau waktu liburan untuk mengumpulkan anak-anak agar bermain dengan anak anda. Anda bahkan bisa membuat sebuah rumah terbuka untuk orang-orang di lingkungan anda untuk mampir dan memperkenalkan diri bersama orangtuanya. Selain itu, hal ini juga akan membuat anda lebih banyak memiliki teman yakni para orangtua dari teman-teman anak anda.

3. Perhatikan Kualitas Bukan Kuantitas

Tak perlu risau atau merasa iba jika nampaknya anda melihat anak anda tidak memiliki banyak teman. Sebab ada beberapa anak yang kurang tertarik dengan kelompok besar. Mereka mungkin lebih senang memiliki beberapa teman yang baik. Untuk itu, jangan mendorong anak untuk memiliki banyak teman. Sebaliknya, ibu yang bijak akan membantu anak untuk membuat beberapa teman sebagai penggantinya dan mendukung anak dengan lingkungan positifnya.

4. Jangan Pernah Memaksakan Anak

Melihat anak yang hanya duduk sendiri seolah terisolasi sementara anak-anak sebayanya asik bermain dengan gembira mungkin akan membuat orangtua sedikit jengkel. Namun jangan pernah memaksa anak untuk membuat teman-teman baru atau bahkan menyeret-nyeret anak disekitarnya untuk bermain dan bergabung bersama anak lain. Sebab terlalu memaksa anak akan membaut anak-anak lain malah menjauhi anak anda sebab mereka berpikir anak anda aneh dan tampak kurang menyenangkan. Untuk itu, daripada memaksakan anak untuk membuat relasi dengan anak lain cobalah untuk perlahan membujuk anak dan menanyakan apa yang membuat mereka tak mau bergabung. Setelah mengetahui alasannya setidaknya anda bisa mencari solusi dari penyebab tersebut.

Demikian beberapa cara membantu anak yang tidak punya teman. Hal yang terpenting dalam membantu anak yang tidak punya teman adalah jangan pernah memaksakan mereka untuk seger memiliki teman, sebaliknya berikan kesempatan dan peluang secara perlahan agar anak dapat menyesuaikan diri.