data-ad-format="auto"

Tips Pintar Ajarkan Anak Gosok Gigi

Kebiasaan menggosok gigi adalah kebiasaan sehat yang perlu dilakukan anak untuk menjaga kebersihan mulut dan giginya. Apalagi jika usia anak semakin bertambah dan anak sudah mulai mengkonsumsi berbagai jenis makanan, seperti diantaranya makanan manis, jus, coklat, permen, snack dan lain sebagainya. Makanan manis yang dikonsumsi si kecil akan dapat merusak kesehatan gigi si kecil dan dapat menimbulkan masalah gigi berlubang, gigi keropos berwarna hitam hingga bau mulut yang tidak sedap. Untuk itulah, penting sekali untuk setiap orangtua agar mengajarkan gosok gigi secara teratur pada anak.

Menggosok gigi sebenarnya adalah kegiatan yang menyenangkan. Namun menggosok gigi bukan hal yang mudah karena membutuhkan tekhnik tertentu agar gigi terlihat sehat dan kuat. Menyikat gigi merupakan kebiasaan yang sebaiknya dilakukan sejak dini. Jika memang telah terbiasa, maka faktanya tidak akan banyak orang yang mengeluhkan gigi mereka bermasalah.

Masalahnya, mengajarkan anak untuk menggosok gigi bukanlah hal yang mudah. Anda harus pandai dalam memanfaatkan kesempatan agar anak mulai merawat kesehatan gigi mereka. Hanya saja pada intinya kesabaran yang akan sangat dibutuhkan dalam mengajarkan gosok gigi pada anak.

Nah, berikut ini ada beberapa cara untuk mengajarkan anak menggosok giginya.

1. Ajarkan Sejak Usia Dini

Baca Juga: Repot Bayi Sering Ngompol? Gunakan Sprei Waterproof, Atasi Ompol dan Bau Pesing

Membiasakan menggosok gigi pada anak akan lebih mudah jika anda melakukannya sejak usia dini. Anda bisa melakukannya sejak anak masih bayi ketika anak belum memiliki gigi. Anda bisa mulai membasuh gusi-gusi lembutnya dengan tisu basah atau kain lembut setelah anak selesai menyusu atau makan. Diusia ini anak belum diperkenankan untuk menggunakan pasta gigi. Nah, setelah anak berusia dua tahun atau baru anda bisa mulai memberikan pasta gigi dan mengajarkan secara rutin pentingnya menggosok gigi.

2. Biarkan Anak Memilih Sikat Gigi dan Pasta Giginya Sendiri

Agar minat anak semakin besar untuk mau menggosok gigi maka biarkan mereka menetukan pasta gigi dan sikat gigi seperti apa yang mereka inginkan. Saat ini sikat gigi dengan bentuk dan warna-warna cantik banyak tersedia di supermarket, ajaklah anak untuk memilih salah satunya yang mereka inginkan. Dengan demikian mereka akan lebih bersemangat untuk menggosok gigi.

3. Buat Acara Menggosok Gigi Menjadi Acara yang Menyenangkan Untuk Anak

Jelaskan pada anak pentingnya menggosok gigi untuk membasmi 'monster, bakteri atau kumpulan plak yang bersarang pada gigi yang dapat mengakibatkan kerusakan gigi. Untuk membuat hal ini menjadi lebih menarik, anda bisa memberikan cerita-cerita menarik seputar gigi atau menggambar betuk gigi yang dirusak oleh 'monster' (bakteri) jika tidak dibersihkan. Dengan begini anak akan tertarik untuk menggosok gigi dan merawat kebersihan giginya.

4. Menggosok Gigi Bersama

Mengajarkan anak untuk menggosok gigi tidak cukup hanya dengan teori, anak juga perlu mengetahui jika orangtuanya melakukan hal yang sama untuk merawat giginya. Untuk itu, tidak ada salahnya jika anda membarengi anak ketika gosok gigi. Saat menyikat gigi bersama, orangtua bisa mengevaluasi sedikit tentang cara menggosok gigi yang benar agar nantinya anak terbiasa untuk menggosok gigi dengan tepat.

Nah, itulah dia beberapa cara mengajarkan kebiasaan menggosok gigi pada anak sejak usia dini. Gigi yang sehat, kuat dan bersih akan membuat anak terhindar dari masalah gigi.