data-ad-format="auto"

Tips Olahraga Bakar Kalori Untuk Pemula

Memiliki tubuh yang ideal yang ramping dan sehat tentu tidak mudah untuk didapatkan. Tidak pula semua orang lahir dengan tubuh yang berotot, kencang dan juga sehat. Semua ini tentu saja didapatkan lewat perjuangan yang besar dan komitmen yang tinggi dalam menjaga dan merawat tubuh agar tetap prima.

Banyak cara yang dapat dilalukan orang-orang yang ingin memiliki tubuh yang ideal diantaranya adalah dengan menjaga pola makan, menjalankan diet dan bahkan melakukan olahraga secara teratur. Semua hal ini pada umumnya menjadi rangkaian yang tidak dapat terpisahkan. Sebab pada dasarnya apa yang anda konsumsi akan mempengaruhi kesehatan tubuh anda. Sementara itu, mengimbanginya dengan melakukan olahraga adalah apa yang membuat tubuh anda tetap sehat dan lebih fit saat melakukan aktivitas lainnya.

Nah, untuk anda yang ingin mendapatkan betuk tubuh yang ideal dan kesehatan yang senantiasa terjaga dengan baik. Melakukan olahraga dengan pergi ketempat fiteness seringkali menjadi pilihan. Banyak yang mengatakan bahwa olahraga ditempat fitness akan lebih efektif dibandingkan dengan melakukan olahraga sendiri. Hal ini dikarenakan fasilitas yang lengkap ditempat fitness akan membantu anda dapat melakukan pergerakan yang lebih efektif.

Akan tetapi tentunya tidak mudah pula melakukan olahraga sesuka hati. Anda akan perlu tips untuk dapat melalui masa-masa sulit dan menyiksa saat pertama kali hendak melakukan olahraga ditempat fitness. Nah, untuk itu mari kita simak beberapa tips olahraga bakar kalori untuk pemula dibawah ini.

Baca Juga: Keputihan Pada Wanita - Jenis, Penyebab dan Pencegahan

Lakukan Pemanasan Terlebih Dahulu

Olahraga yang dilakukan dengan tergesa-gesa dan sekaligus akan mungkin berdampak tidak baik untuk tubuh anda. Bukan memberikan manfaat dan membuat anda bisa mendapatkan ukuran tubuh yang didinginkan. Sebaliknya hal ini akan mungkin membuat anda mengalami kendala sewaktu melakukan olahraga seperti keram atau bahkan kecelakaan berolahraga.

Untuk itu, terlepas dari apakah latihan yang anda lakukan rutin atau tidak, baik itu aerobik, cardio atau melatih kekuatan, upayakan untuk anda selalu melakukan warming up atau pemanasan terlebih dahulu. Latihan pemanasan pada umumnya akan lebih banyak melibatkan peregangan tubuh dan juga membuat otot-otot mejadi lebih fleksibel sehingga anda akan dapat lebih siap untuk melakukan olahraga. Selain itu, pergerakan ini pun penting dilakukan untuk menghindari kecelakaan atau cidera sewaktu melakukan olahraga.

Umumnya beberapa pergerakan seperti meregangkan tangan, kaki dan batang tubuh bagian atas menjadi hal yang penting utnuk dilakukan. Selain itu, gerakan menekuk lutut dapat membuat darah terpompa dan bahkan anda akan terasa lebih panas sehingga anda akan dapat melanjutkan olahraga dengan menggunakan alat yang lainnya.

Pilih Peralatan Latihan yang Tepat

Banyak peralatan yang tersedia ditempat fitness yang cukup beragam. Hanya saja, tidak semua peralatan yang ada disana dapat digunakan. Untuk itu, sebaiknya gunakan peralatan latihan yang tepat sebab hal ini akan sangat penting untuk diperhatikan terutama untuk anda yang pemula. Pilihlah peralatan yang membuat anda nyaman dan tetap merasa aman.

Hindari pula penggunaan aksesoris yang dapat membuat anda cedera, selain itu perhatikan pula sepatu yang anda gunakan. Jangan gunakan sepatu casual atau sepatu flat yang akan membuat anda merasa tidak nyaman. Sebaiknya kenakan sepatu olahraga yang nyaman dan dapat mendukung aktivitas anda.

Bukan hanya itu, pemilihan pakaian olahraga yang tepat pun akan dapat memberikan kenyamanan anda sewaktu melakukan kegiatan yang satu ini. Penggunaan baju yang tepat akan dapat menyerap keringat. Anda dapat memilih untuk memakai ikat kepala atau band pergelangan tangan jika keringan berlebihan menganggu anda.

Jangan Paksakan Diri Anda

Banyak pelatih kebugaran menyarankan agar para pelaku olahraga atau latihan untuk pemula tidak memaksakan dirinya pada saat awal-awal latihan. Hal ini dikarenakan tubuh anda akan memerlukan waktu untuk dapat melakukan penyesuaian dengan peningkatan aktivitas fisik yang anda lakukan. Selain tu, jika anda baru saja memulai latihan sebaiknya kenali tubuh anda saat sudah mulai merasa lelah.

Mintalah untuk mengurangi porsi latihan atau menghentikannya sejenak agar anda memiliki waktu untuk menarik napas dan membuat tubuh anda beristirahat sejenak. Jangan pernah sepelekan kondisi kelelahan yang anda alami hanya karena anda ingin segalanya terlihat maksimal dan sempurna anda lantas mengabaikan kesehatan anda. Sebab pada dasarnya hal ini akan malah berdampak tidak baik untuk kesehatan anda.

Berikan Kesempatan Tubuh Untuk Beristirahat

Sebagai seorang pemula, anda akan membakar kalori secara fisik dan juga mental jika anda latihan tidak mendapatkan istirahat yang cukup. Untuk itu, berikan kesempatan tubuh anda untuk rehat setelahnya. Salah satu cara terbaik untuk memanfaatkan waktu istirahat adalah dengan mendapatkan tidur yang cukup dan berkualitas setidaknya 7 sampai dengan 8 jam pada saat malam hari. Untuk itu, hindari terjaga sampai larut malam yang akan membuat tubuh anda tidak mendapatkan waktu tidur yang cukup. Bukan hanya itu, terlalu sering terjaga sampai dengan larut malam malah akan membuat anda mudah merasakan stres. Jadi demikian, upayakan untuk tidur lebih awal agar anda dapat bangun lebih segar pada pagi hari.

Fokus Pada Latihan Cardio

Olahraga yang terbilang efektif untuk para pemula adalah jenis olahraga yang berfokus pada latihan kardiovaskular. Olahraga ini mencakup jenis olahraga seperti berjalan diatas treadmill atau bersepeda. Adapun manfaat dari melakukan olahraga ini akan baik untuk mendukung dan memperkuat jantung, kondisi otot dan juga membuat tubuh anda menjadi lebih fleksibel. Tentunya latihan inipun tidak dapat dilakukan dengan terlalu hebat dan tergesa-gesa. Anda dapat melakukannya dengan perlahan dan bertahap. Seperti misalkan pada hari pertama anda cukup melakukannya selama 15 menit dan menambah porsinya pada hari berikutnya sebanyak 20-30 menit setiap kali melakukan jenis olahraga kardio.

Perhatikan Pola Makan

Meski sudah melakukan olahraga yang berat dan dilakukan secara rutin. Akan tetapi, bila anda tidak sigap dalam memperhatikan pola makan maka mungkin hal ini akan dapat sia-sia saja. Tidak sedikit orang yang mengabaikan kebiasaan makan sehat karena berpikir mereka sudah berolahraga dengan giat.

Padahal pola makan sama pentingnya dengan latihan yang anda lakukan. Selama melakukan program ini maka sebaiknya konsumsilah lebih banyak protein dan makanan sehat. Hal ini akan dapat membantu anda mendapatkan ukuran tubuh yang ideal dan menjaga tubuh tetap sehat.

Demikianlah beberapa tips yang dapat disampaikan dari pembahasan kali ini. Semoga dapat bermanfaat dan membantu anda mendapatkan ukuran tubuh yang diinginkan. Pada dasarnya menjaga pola makan dan konsisten dalam melakukan latihan yang baik untuk tubuh akan membuat anda mendapatkan tubuh yang sehat. Ketika tubuh sehat maka ukuran berat badan anda pun akan tetap terjaga pada ukuran yang ideal. Untuk itu, perhatikan kembali gaya hidup yang sehat dan pola makan yang baik yang anda konsumsi setiap harinya.