Tips Nyaman Menjalani Kehamilan

Ketika seorang wanita sedang hamil biasanya akan sering merasakan lemas dan lesu. Terkadang tubuh akan terasa sangat lelah meskipun tidak melakukan aktivitas yang berat sekalipun.

Kehamilan memang bisa menyebabkan kelelahan fisik bagi ibu yang tengah mengandung, bahkan emosi dan stres pun terkadang memuncak. Rasa lelah, capek atau lesu ini mungkin akan mengganggu aktivitas harian anda. Oleh sebab itu, diperlukan cara untuk menghadapi kelelahan saat hamil. Di bawah ini tips bersantai yang dapat membantu anda mengurangi rasa lelah.

Beristirahat

Biasanya ibu yang tengah mengandung akan memiliki kembali eberginya pada saat trimester kedua. Nah, saat ini merupakan saat yang terbaik bagi anda untuk mengambil liburan atau menikmati liburan diakhir pekan.

Olahraga

Olahraga bisa menjadi salah satu pilihan anda  untuk bersantai. Dengan persetujuan dari dokter kandungan, maka anda bisa tetap atau memulai olahraga setiap hari. Namun, hal yang perlu anda perhatikan yaitu, janganlah melakukan olahraga berat,anda cukup melakukan olahraga ringan saja. Olahraga dapat membantu anda untuk memperkuat tubuh saat mempersiapkan proses kelahiran. Dengan melakukan olahraga selama 30 menit, dapat membantu seseorang untuk bersantai.

Tidur

Cobalah manfaatkan waktu tidur siang dan tidur lebih awal. Karena mungkin saja ini merupakan tidur yang terbaik yang akan anda alami sementara waktu. Diharapkan anda  mampu menikmati setiap bagiannya.

Memanjakan diri

Jika anda tidak memungkinkan melakukan liburan atau perjalanan, maka bunda bisa melakukan liburan mental. Maksud liburan mental di sini yaitu memanjakan diri. Anda juga bisa melakukan pijat pada telapak kaki atau punggung. Mintalah suami memanjakan anda di salon kecantikan.

Membatasi wejangan

Terkadang wanita yang tengah mengandung akan meminta atau mendapatkan banyak wejangan dari oang tua atau teman-temannya mengenai kisah kelahiran. Tanpa disadari hal ini dapat menyebabkan kegelisahan atau stres. Batasi wejangan-wejangan yang diberikan tersebut, terkecuali dari kaum profesional yang anda percayai.

Jangan menjadikan masalah kecil beban pikiran

Bebaskanlah pikiran bunda dari masalah-masalah kecil yang menghampiri. Hal ini dilakukan agar bunda terbebas dari stres berkelanjutan.

Mengurangi kegiatan

Mungkin akan terasa sulit ketika anda mencoba mempetahankan jadwal yang biasa selama masa kehamilan, terlebih lagi selama trimester pertama dan ketiga. Daripada bunda melawannya, lebih baik sesuaikan dengan keaktifan. Cobalah untuk membuat jadwal yang disesuaikan dengan perubahan fisik dan emosi.

Makan dengan baik dan benar

Diet sehat dengan memperbanyak asupan buah-buahan, sayuran dan protein tidak berlemak akan membantu ibu hamil dalam membatasi kenaikan berat badannya, dimana kenaikan berat badan ini bisa menambah stres fisik dan emosi. Tidak hanya itu saja, mengkonsumsi makanan sehat juga dapat menjauhkan dari berbagai macam gangguan kesehatan, seperti gangguan pencernaan dan konstipasi yang biasanya terjadi selama kehamilan.

Membagi tugas

Jangan mencoba mengambil alih semua aspek yang bersangkutan dengan kehamilan anda. Cobalah menyusun bantuan untuk tugas-tugas lainnya yang mungkin tidak bisa atau terlalu berat untuk anda saat ini.

Rencanakan segala sesuatu jauh dari sebelumnya

Merencanakan atau memutuskan masalah penting jauh dari sebelumnya sangat baik dilakukan untuk menghindari atau mengurangi stres yang akan terjadi dikemudian hari. Buatalh rencana atau keputusan tentang rencana melahirkan, dokter anak-anak, cara mendidik anak jauh sebelumnya.

Lelah dan capek saat hamil adalah gejala normal dan wajar bagi ibu hamil, namun apabila anda mengalami kelelahan yang sangat, maka diharapkan anda menghubungi dokter atau bidan agar mendapatkan pengobatan. Demikian cara bersantai selama kehamilan. Semoga bermanfaat.