Tips Merawat Kehamilan pada Trimester Pertama

Kehamilan merupakan masa yang sangat menarik untuk anda mengetahui perkembangan janin dari minggu pertama hingga minggu terakhir dia terlahir ke dunia. Meskipun perkembangan pada minggu pertama masih belum terdeketeksi oleh sebagian dari anda karena di rasa tidak memiliki tanda-tanda kehamilan. Kehamilan ditandai dengan berakhirnya siklus menstruasi sementara sehingga untuk anda yang memiliki siklus panjang atau pendek sulit untuk menentukannya. Alat bantuan medis bisa anda gunakan untuk mengetahui apakah anda sudah memasuki masa kehamilan. Bila anda sedang berada di masa kehamilan pertama sebaiknya anda banyak mendapatkan informasi tentang kehamilan dikarenakan awal kehamilan di trimester pertama masih rentan terhadap perkembangan janin.

Merawat kehamilan pada trimester pertama memang bukan hal yang mudah mengingat beberapa gaya hidup, pola kerja dan makanan memerlukan adaptasi dengan kehamilan anda. Selain itu perubahan fisik menjadi salah satu yang harus anda perhatikan bila mengarah ke hal yang abnormal konsultasikan segera pada dokter anda. Umumnya pada trimester pertama terjadi beberapa perubahan fisik dan psikologis yang dipengaruhi oleh hormon. Morning sickness merupakan perubahan yang membuat anda memerlukan cara untuk mengatasinya. Perasaan mual dan ingin muntah terjadi hampir sepanjang hari sehingga anda lebih memilih beberapa makanan dan minuman saja yang dirasa dapat diterima oleh tubuh anda. Padahal memilih makanan apalagi menghindari makanan yang bergizi untuk asupan ibu hamil akan menggangu perkembangan
janin.

Berikut adalah tips merawat kehamilan pada trimester pertama yang bisa anda lakukan sehingga terhindar dari perubahan abnormal mengancam janin anda :

1.  Perhatikan asupan nutrisi

Pada perkembangan kehamilan di trimester pertama memang bukan hal yang mudah untuk menerima asupan makanan dan minuman padahal janin anda sangat membutuhkan nutrisi untuk perkembangannya. Nutrisi diperlukan dalam menjaga janin anda sehingga terhindar dari keguguran yang biasanya rawan terjadi di trimester ini. Kurangi terlebih dahulu makanan dan minuman yang mengandung kafein  selain itu perhatikan makanan yang mengandung pengawet, bahan kimianya sangat berbahaya untuk perkembangan janin anda. Asupan yang harus anda hindari selanjutnya adalah keju apalagi keju putih yang akan menyebabkan keguguran yang spontan.

2.  Pola kerja yang terjadwal

Bagi anda wanita karir pada trimester pertama memang mengalami hal yang perlu penyesuain mengingat perubahan fisik dan psikologis yang mempengaruhi pekerjaan anda. Sebaiknya anda menghindari pekerjaan yang terlalu berat. Pekerjaan dengan kategori berat bisa diartikan menyita waktu istirahat anda selain itu beberapa pekerjaan yang akan membuat anda merasa terbebani memicu stress. Kondisi dengan keadaan stress sebaiknya dihindari selama kehamilan apalagi di trimester pertama yang akan memicu hormon yang akan berkontrasksi dengan rahim akan meningkatkan keguguran pada kehamilan di usia muda.

3.  Mengelola emosi

Pada usia kehamilan muda anda emosi akan tiba-tiba naik ataupun turun dikarenakan adanya pengaruh hormon yang tidak seimbang selama kehamilan. Mengelola emosis merupakan cara yang terbaik dalam trimester pertama apalagi untuk anda yang memiliki riwayat penyakit hipertensi sebelum kehamilan sebaiknya harus pandai pandai mencari cara untuk rileksasi dalam menjaga kehamilan.

4.  Berkonsultasi dengan dokter kandungan/bidan

Meskipun sebuah keharusan dalam berkonsultasi kesehatan selama kesehatan akan tetapi pada kehamilan pertama seakan anda sulit membedakan perubahan normal dan abnormal yang harus segera di konsultasikan atau tidak. Anda harus segera konsulasi dengan dokter apabila tubuh anda mengalami pendarahan pada vagina, mual dan muntah yang berlebih, demam tinggi dan keputihan ditandai abnormal.