data-ad-format="auto"

Tips Menyenangkan Belanja Bersama Buah Hati

Semua jadwal kegiatan harian atau jadwal tertentu yang telah anda susun dengan sebegitu apiknya mungkin memerlukan perubahan yang mendadak ketika anak anda merengek ingin ikut dengan anda, terutama jika meraka masih berusia balita. Sebenarnya, pergi berbelanja atau shopping bisa menjadi sebuah kegiatan yang menyenangkan, apalagi umumnya semua anak senang diajak keluar rumah seperti ke mall yang notabene dipenuhi dengan orang dan berbagai pemandangan menarik, hanya saja jika anda melakukannya dengan perencanaan yang tepat dan antisipasi terhadap hal-hal terduga.

Tidak sedikit mama yang enggan membawa balita mereka pergi ke supermarket saat harus membayangkan kehebohan dan kerusuhan yang mungkin terjadi. Si kecil yang berlari-lari, menarik barang, atau bermain dengan kereta dorong tanpa hati-hati. Belum lagi jika anak anda tidak sedang dalam suasana hati yang baik, bosan dan merengek-rengenk menginginkan sesuatu. Sementara apa yang diinginkan anak tidak ter-bugdet dalam list ataupun waktu yang mepet membuat mama kerap kali dibuat frustasi.

Ketika belanja, umumnya kita akan membuat daftar belanjaan yang begitu terperinci dan juga panjang. Nah, dimana hal seperti inilah yang membuat anak bosan, karena mereka mengganggap daftar belanjaan anda tidaklah menarik. Pada akhirnya si anak akan mencari kegiatan lain untuk membuat anda memperhatikan mereka. Jika anda pergi dengan anak-anak untuk belanja maka sebaiknya persiapkan beberapa hal. Dengan membawa anak ikut serta menemani anda belanja hal ini akan pula memberikan manfaat untuk si kecil nantinya.

Nah, berikut ini beberapa tips menyenangkan ketika berbelanja bersama si buah hati.

Baca Juga: Repot Bayi Sering Ngompol? Gunakan Sprei Waterproof, Atasi Ompol dan Bau Pesing

1. Buat Perencanaan Terlebih Dahulu

Saat anda memutuskan membawa si buah hati ikut serta menemani anda berbelanja, sebaiknya buat terlebih dahulu perencanaan yang jelas. Akan kemana, membeli apa dan bahkan perencanaan waktu belanja juga sebaiknya anda perhitungkan. Jangan samapi ketika tiba di tempat perbelanjaan, anda menghampiri toko-toko yang tidak ada dalam jadwal. Selain membuat si kecil bosan, hal ini juga akan membuat mereka kelelahan pada akhirnya si kecil yang rewel tidak akan terhindarkan.

2. Buat Catatan Belanja yang Jelas

Membaut catatan belanja adalah hal yang penting, setelah catatan ini dibaut. Jelaskan pada anak bahwa anda hanya akan membeli barang-barang yang tercantum dalam list dan tidak akan membawa budget tambahan untuk barang-barang lain. Sehingga nantinya, ketika tiba di tempat belanja anda tidak akan dibuat pusing karena si kecil ingin dibelikan barang-barang lain.

3. Terapkan Aturan

Menerapkan beberapa aturan sebelum pergi berebelanja bersama si buah hati bisa jadi menjadi poin yang penting. Bicaralah dengan anak secara serius, katakan pada mereka agar tidak pergi jauh-jauh dari anda sewaktu anda berbelanja. Pastikan pula jika anda selalu menyertai anak anda ketika mereka tertarik melihat-lihat sesuatu.

4. Bawa Mainan

Membawa mainan dari rumah sebelum pergi berbelanja bersama dengan si buah hati akan menjadi hiburan untuk anak. Kegiatan belanja, terutama belanja yang banyak dan menghabiskan waktu akan menjadi hal yang membosankan untuk anak. Untuk itu, keberadaan mainan, setidaknya dapat mengurangi rasa bosannya.

Berbelanja bersama si buah hati bisa menjadi hal yang menyenangkan. Hanya saja jika anda mempersiapkannya dengan baik. Selain itu, usia anak akan dapat mempengaruhi seberapa besar kerumitan yang akan anda hadapi ketika membawa mereka berbelanja. Namun perencanaan yang matang akan sedikit memudahan anda untuk berbelanja bersama mereka.

Loading...

Follow us