Tips Menjaga Stamina Saat Puasa

Wajib hukumnya menjalankan puasa bagi umat muslim ketika bulan Ramadhan. Selama menjalankan ibadah puasa berarti tidak ada kegiatan makan maupun minum. Puasa menjadi tantangan tersendiri bagi mereka yang aktif bekerja.

Karena seharian tidak ada asupan makanan maupun minuman, maka kinerja tubuh maupun otak akan terpengaruh. Rasa lapar dan haus bisa saja datang setiap saat yang  akan berpengaruh pada tubuh. Stamina bisa saja turun dan menghambat aktivitas yang dijalankan. 

Tips Menjaga Stamina Saat Puasa Agar Tetap Semangat

Saat bulan puasa jam kerja akan berubah dari bulan sebelumnya. Libur panjang akan menanti, sehingga waktu kerja akan semakin singkat dan akibatnya akan membuat beban kerja anda semakin meningkat. Dalam keadaan seperti ini tentunya dibutuhkan banyak konsentrasi dan stamina. Namun, tidak jarang juga banyak orang yang stress dan stamina menjadi turun.

Nah, ikuti tips di bawah ini agar stamina tetap terjaga saat puasa sehingga aktivitas tetap lancar.

  • Jaga Asupan Makanan

Menjaga asupan makanan harus anda lakukan agar pasokan energi dalam tubuh tetap tersedia, sehingga puasa tidak akan mengganggu aktivitas anda. Sahur adalah hal yang harus anda lakukan setiap hari sebelum menjalankan puasa. Ketika waktu berbuka telah tiba, disarankan untuk langsung membatalkan puasa dan mengkonsumsi makanan sehat yang sudah disediakan. Sahur dan buka memiliki fungsi penting dibulan Ramadhan. Yang mana sahur berfungsi untuk menyediakan energi selama puasa. Sedangkan buka puasa berfungsi untuk mengembalikan energi yang telah hilang selama menjalankan puasa seharian.

Pada saat sahur anda harus menerapkan pola makan yang sehat dengan mengkonsumsi makanan seimbang. Menu makanan yang harus anda santap yaitu makanan seimbang dan lengkap, serta tidak berlebihan. Makanan lengkap yang dimaksud yaitu makanan yang mengandung karbohidrat kompleks, buah dan sayur, daging ayam, susu dan produk olahan susu lainnya, serta produk makanan yang mengandung gula dan lemak tidak berlebih. Ketika sahur dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang lambat dicerna oleh sistem pencernaan. Makanan yang lambat dicerna yaitu makanan yang kaya akan serat dan karbohidrat kompleks. Makanan yang kaya akan serat akan lembat ketika dicerna, sehinngga anda tidak akan mudah lapar. Sedangkan makanan yang mengandung karbohidrat akan membantu tubuh melepaskan energi dengan lambat.

Cukupi juga kebutuhan cairan, minumlah air putih sesuai yang telah di anjurkan yaitu 8 sampai 10 gelas mulai dari buka hingga sahur.

  • Lakukan Kegiatan Fisik Atau Olahraga

Ketika puasa biasanya banyak orang mengurangi aktivitas fisik dan menghindari melakukan olahraga. Tetapi olahraga tetap harus dilakukan meskipun sedang menjalankan puasa karena akan membantu tubuh tetap fit, stamina akan tetap terjaga, memperlancar proses metabolisme tubuh dan menjaga fungsi sistem tubuh.

Menjalankan olahraga pada saat puasa akan membuat tubuh mengalami dehidrasi atau kekeringan karena tubuh akan kehilangan banyak cairan melalui keringat atau urine. Agar olahraga yang dilakukan saat puasa tetap memberikan manfaat untuk tubuh, maka anda harus memilih olahraga yang ringan. Anda juga bisa melakukan olahraga ketika sore hari menjelang waktunya berbuka. Ketika tubuh membutuhkan cairan anda bisa memenuhinya saat berbuka. Olahraga ringan yang bisa anda lakukan saat puasa yaitu yoga atau jalan kaki. Bahkan anda bisa bersepeda keliling komplek sambil menunggu waktunya buka.

Puasa jangan dijadikan sebagai alasan terhambatnya aktivitas sehari hari. Jika asupan makanan dan minuman yang anda konsumsi sehat, serta dibarengi dengan aktivitas fisik, maka stamina anda selama bulan puasa akan tetap terjaga.