data-ad-format="auto"

Tips Menjadi Ibu Tiri yang Baik dan Disayangi Anak

Pandangan umum mengenai ibu tiri biasanya memiliki citra yang kurang baik. Pada kebanyakan cerita dongeng maupun film, figur ibu tiri telah memberikan gambaran yang tidak baik tentang ibu tiri dan hal ini telah menjadi sesuatu hal yang diingat oleh kebanyakan orang. Sosok ibu tiri selalu digambarkan sebagai seseorang yang selalu memanipulasi keadaan, merubah hubungan antara keluarga dan memiliki karakter yang begitu egois. Padahal dalam kehidupan nyata, tidak semua ibu tiri seperti demikian.

Seorang ibu tiri juga dapat dicintai dan merangkul keluarganya layaknya seorang ibu pada umumnya. Memasuki lingkungan keluarga yang baru dimana pasangan hidup kita memiliki anak pada umumnya akan membutuhkan penyesuaian yang lebih. Pada awalnya tidak semua anak dapat menerima kehadiran orang baru dalam hidupnya, apalagi jika orang tersebut menggantikan posisi ibunya, yang mana peran ibu adalah sesosok yang paling dekat dengan anak. Dibutuhkan waktu dan pendekatan agar seorang ibu tiri bisa diterima dan dirangkul dalam lingkungan keluarga barunya.

Nah, tips berikut ini akan membantu anda bagaimana menjadi seorang ibu tiri yang baik dan disayangi oleh anak.

1. Pahami Si Anak

Cara pertama agar anda segera diterima dengan baik dalam lingkungan keluarga yang baru terutama oleh anak-anak dari pasangan anda saat ini adalah dengan memahami si anak. Walaupun mereka bukan anak kandung anda, namun anda harus tetap bersikap baik dan memahami mereka. Ketahuilah bahwa perpisahan antara kedua orangtua anak-anak bukanlah pilihan mereka. Jadi bukan anak-anak yang memilih ibu tiri mereka. Akan tetapi, andalah yang memilih ayahnya dan mereka.

Baca Juga: Keputihan Pada Wanita - Jenis, Penyebab dan Pencegahan

2. Berbicara dengan Anak Secara Terbuka

Pada tahap awal jangan berharap bahwa anak tiri anda akan datang dengan sendirinya menghampiri anda dan menerima anda dengan lapang dada. Anak-anak yang memiliki ibu tiri baru, akan cenderung berpikir bahwa ibu tirinya adalah orang yang telah mencuri ayahnya dari ibu mereka. Tidak ada salahnya, jika anda mencoba untuk mengajak anak berbicara secara terbuka dan membuat mereka paham bahwa anda bukanlah musuhnya. Namun untuk melakukan hal ini tentunya perlu diperhatikan pula usia anak, sehingga penyesuaian untuk melakukan pendekatan bisa anda lakukan.

3. Jangan Berharap Si Anak Memanggil 'Mama' Pada Anda

Setiap wanita memang memiliki hak untuk mendapatkan panggilan 'mama' dari anak yang telah dilahirkannya. Akan tetapi bagi anda yang menjadi ibu tiri, janganlah terlalu berharap hal tersebut. Ketahuilah bahwa masih ada banyak hal penting bagaimana anda membangun hubungan baik dengan si anak. Dengan demikian fokuslah pada hal tesebut, meskipun rasanya hal ini akan sulit bagi anda.

4. Jadilah Orangtua, Bukan Teman

Ibu tiri biasanya akan berusaha begitu keras untuk menyenangkan anak-anak tirinya. Hal ini umumnya akan dilakukan pada tahap awal untuk mendekatkan hubungan mereka. Namun ketika anda sudah melihat anak tiri anda sudah dapat memahami jikalau anda memang mencintainya, langkah selanjutnya jadilah orangtua. Sebab anak-anak tidak butuh ibu tiri sebagai seorang teman yang mereka butuhkan adalah orangtua yang dapat mengajarkan mereka dan mengkoreksi mereka jika mereka salah. Tugas anda sebagai orangtua adalah mencintai dan menyayangi anak serta menjadi petunjuk untuk mereka. Jadi akan lebih baik jika tidak mengajarkan anak-anak mengenai hal buruk hanya karena anda ingin terlihat keren didepan anak-anak tiri anda.

5. Selalu Ada Untuk Anak

Sebuah perpisahan tentu akan berdampak buruk untuk mental dan psikologis seorang anak yang membuat mereka merasa kesepian dan tidak diperdulikan. Sebagai ibu tiri yang baik, maka hadiah terbaik yang bisa ibu berikan pada mereka adalah kehadiran ibu yang selalu ada untuk mereka dalam kondisi apapun.

Terkadang dibutuhkan waktu yang cukup lama dan kesabaran yang ekstra bagi seorang ibu tiri agar bisa diterima dalam keluarga barunya. Namun selalu bersikap baik dan menunjukan cinta kasih anda pada mereka akan membuat ikatan serta kedekatan anda dengan mereka lebih cepat terjalin.

Loading...

Follow us