data-ad-format="auto"

Tips Mengatasi Mual saat Mengkonsumsi Susu Khusus Ibu Hamil

Dalam membantu perkembangan dan pertumbuhan janin selama di dalam kandungan, penting sekali memperhatikan asupan nutrisi, tidak saja sekedar makan dan minum dalam jumlah yang banyak akan tetapi diperhatikan jumlah dan komposisi gizi yang terkandung apa telah mencukupi kebutuhan ibu dan janin, pada masing masing ibu akan ditemukan beberapa kondisi yang mengharuskan ibu mengkonsumsi vitamin dan mineral tambahan. Ahli kesehatan juga menyarankan agar ibu hamil mengkonsumsi susu khusus ibu hamil untuk mendapatkan tambahan vitamin dan mineral di dalam tubuh.

Sayangnya tidak semua ibu hamil menyukai susu khusus ibu hamil, beberapa diantaranya merasakan mual saat mengkonsumsinya, padahal kandungan susu ibu hamil sangat bermanfaat untuk kesehatan ibu dan janin. Pada hakikatnya semua susu yang dikhususkan untuk ibu hamil memiliki kandungan yang baik untuk kesehatan. Susu perlu dikonsumsi dari awal kehamilan anda, bahkan beberapa calon ibu telah mempersiapkan dengan mengkonsumsi susu sebelum kehamilan. Pada ibu yang sedang hamil disarankan untuk mengkonsumsi dua gelas susu perhari. Susu memang memiliki kandungan pelengkap yang sangat baik untuk memenuhi kebutuhan nutrisi terutama kalsium dalam menunjang pertumbuhan otak janin dan pertumbuhan tulang. Minum susu bagi ibu hamil dapat membantu dalam menyeimbangkan kelengkapan menu harian yang dibutuhkan tubuh selama kehamilan. Kandungan yang terdapat di dalam susu ibu hamil dilengkapi dengan kandungan asam folat, kalsium ekstra, yodium, vitamin C, B1, B6 dan juga kandungan DHA dan AA.

Pentingnya susu dikonsumsi oleh ibu hamil diakarenakan kandungan yang terdapat di dalam segelas susu dapat membantu menjaga kesehatan selama kehamilan. Susu mengandung protein yang berfungsi dalam membangun jaringan tubuh janin, membantu dalam pembentukan darah, terbentuknya antibodi. Kandungan terpenting di dalam susu adalah kalsium yang dapat membantu dalam pembentukan tulang, menjaga kebutuhan kalsium untuk menghindari osteoporosis dan membantu ibu hamil mempersiapkan asi. Selanjutnya adalah kandungan vitamin D yang berfungsi dalam penyerapan kalsium. Susu juga mengandung vitamin A yang membantu dalam menjaga daya tahan tubuh terhadap infeksi dan pembentukan jaringan (rambut, gigi, kuku, penglihatan) pada bayi. Begitu pentingnya kandungan susu pada ibu hamil, hingga para ahli medis menyarankan untuk mengkonsumsi susu sebanyak dua kali sehari pada pagi dan malam hari.

Berikut adalah cara untuk menghindari mual saat mengkonsumsi susu khusus ibu hamil :

1.  Mengatur takaran susu

Baca Juga: Panduan Lengkap Kehamilan dan Persalinan

Bagi anda yang sering mual ketika minum susu khusus ibu hamil, anda dapat menyiasati dengan mengatur takaran dari pada hari pertama mengkonsumsi hingga terbiasa. Misalnya pada hari pertama anda dapat mengkonsumsi 1 sdm susu khusus ibu hamil ditambahkan dengan tambahan air 1/3 gelas, konsumsi terlebih dahulu satu gelas pada malam hari. Selanjutnya pada hari ke lima anda dapat mengkonsumsi susu dari 2 sdm ditambah dengan air sebanyak 2/3 gelas , konsumsi satu kali pada pagi atau siang. Pada hari ke tujuh masih menggunakan takaran yang sama seperti hari ke lima, tingkatkan frekuensi mengkonsumsi pada pagi dan malam hari.

2.  Konsumsi susu setelah makan

Untuk mengurangi rasa mual ketika minum susu, anda dapat mengkonsumsi susu setelah makan di pagi hari. Anda dapat membuat dalam porsi yang kecil dan diminum sekaligus, biasanya ibu hamil sering mengeluhkan bau amis, padahal itu hanya respon tubuh saat hamil yang tidak terbiasa mengkonsumsi susu khusus ibu hamil.

3.  Pilih susu khusus ibu hamil yang memberikan rasa berbeda

Banyak sekali susu ibu hamil yang menghadirkan variasi rasa untuk mengurangi rasa mual pada saat dikonsumsi. Pilih rasa yang berbeda pada saat anda konsumsi, anda dapat mengganti rasa yang beda setiap minggunya sehingga tidak menimbulkan rasa bosan.

Loading...

Follow us