data-ad-format="auto"

Tips Mengatasi Lactose Intolerant,Kesulitan produksi Enzim Laktase Saat Hamil

Ibu hamil mengalami gangguan terhadap asupan susu karena sering mengalami diare, kembung dan kram?Apakah anda diantarnya yang mengalami lactose intolerant?

Susu merupakan salah satu minuman yang baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Susu memiliki sumber kalsium bagi janin. Bagaimana apabila ternyata ibu hamil mengalami lactose intolerant yaitu kondisi dimana ibu hamil bermasalah dengan produksi enzim laktase?

Lactose Intolerance adalah kondisi tubuh yang tidak dapat mencerna laktosa karena tubuh mengalami gangguan dalam produksi laktase.Laktosa banyak ditemukan pada susu atau keju.Bahkan beberapa olahan susu yang akan menyebabkan orang penderita lactose intolerance terganggu.

Pada ibu hamil yang menderita lactose intolerance akan mengalami gangguan saat mengkonsumsi produk susu.Beberapa kondisi yang terajdi pada penderita lactose intolerance diantaranya adlaah mual, begah, kram perut dan diare. Gejala yang sering timbul kurnag lebih 30 menit hingga 2 jam setelah makan atau minum olahan susu.

Baca Juga: Panduan Lengkap Kehamilan dan Persalinan

Bagaimana hubungannya dengan ibu hamil ?

Susu memiliki kandungan kalsium yang baik untuk kesehatan.Bahkan dengan adanya susu yang khusus ibu hamil dapat mendukung kesehatan ibu selama kehamilan. Banyak juga penelitian yang membuktikan peran penting susu untuk ibu hamil,lantas bagaimana jika ibu hamil mengalami gangguan terhadap konsumsi susu ?

Tidak hanya ibu hamil, wanita penting untuk mengkonsumsi susu. Selain karena wanita lebih rentan terkena osteoporosis, susu juga memiiliki peranan dalam menjaga kesehatan apalagi untuk ibu hamil dan ibu menyusui. ( Artikel menarik lainnya: Tips Cepat Hamil )

Susu yang tinggi kalsium akan membantu dalam menjaga tumbuh kembang janin. Kekurangan kalsium akan menyebabkan tumbuh kembangn dan kesehatan janin terhanggu. Sehingga lebih disarankan untuk minum 3 cangkir susu setiap hari.

Kekurangan kandungan  protein selama kehamilan maka akan menyebabkan turunnya berat badan dan pertumbuhan perkembangan janin terganggu.Kandungan protein pada susu justru akan membantu ibu hamil dalam menguatkan rahim dan melancarkan sirkulasi darah dan mempersiapkan produksi ASI.

Susu merupakan sumber vitamin D yang baik yang dibutuhkan untuk menjaga tubuh ibu hamil terhindar dari rakhitis dan juga berat badan bayi yang rendah. Dengan mengkonsumsi susu akan mencukupi kebutuhan vitamin D hingga 95%. Selain itu, ibu hamil yang seringkali mengalami gangguan mual dan muntah dapat dihindari dengan susu. Kandungan susu juga dapat menghidrasi tubuh ibu hamil selain dari air minum yang disarankan dikonsumsi oleh ibu hamil 8 gelas perhari.Mengingat pentingnya manfaat susu bagi ibu hamil,bagaimana dengan ibu hamil yang mengalami intolerasi laktosa ?

Memaksakan diri untuk mengkonsumsi susu pada ibu yang mengalami gangguan intoleransi laktosa akan menyebabkan gangguan kesehatan seperti diare, kembung ,kram dan kembung. Solusinya adalah ibu hamil tetap dapat mengkonsumsi susu tanpa mengalami gangguan, inilah tipsnya untuk anda:

1.Mengganti susu dengan susu kedelai

Susu kedelai merupakan olahan kedelai dimana proses pembuatannya lalu dicampur dengan air. Meskipun tidak terbuat dari susu sapi akan tetpi kandungan gizinya tidak kalah dengan susu sapi. Susu kedelai memiliki jumlah protein yang lebih tinggi seperti vitamin A, vitamin D, B12 dan riboflavin yang baik untuk kesehatan ibu hamil.Bahkan susu kedelai disarankan untuk ibu hamil yang memili bobot tubuh melebihi ideal karena kandungan rendah lemak dibandingakan dengan susu sapi.

2.Pilihlah Susu Bebas Laktosa

Untuk tetap mengkonsumsi susu, anda dapat memilih susu bebas laktosa yang banyak di jual di Supermarket.Susu bebas laktosa ini dilengkapi dengan tambahan kalsium yang dapat membantu mendapatkan kalsium dari susu tanpa mengalami gangguan pada perut.

3. Enzim Laktase

Anda dapat berkonsultasi dengan dokter kandungan mengenai enzim laktase. Kurangnya produksi enzim laktes inilah yang akan menyebabkan ibu hamil menderita laktose intolerant.Dokter akan memeriksa kebutuhan tubuh anda, sehingga anda dapat membeli enzim laktase dalam bentuk kapsul atau tablet di apotek.