data-ad-format="auto"

Tips Mengatasi Gangguan Kulit Bayi

Kulit merupakan bagian tubuh bayi yang sangat sensitif. Orang tua perlu benar-benar merawat dan menjaganya agar tetap sehat dan bebas iritasi. Namun, kadang tetap saja muncul beberapa masalah pada kulit bayi tersebut. Gangguan kulit yang biasanya muncul pada kulit bayi antara lain biang keringat dan eksim popok. Biang keringat adalah yang paling sering terjadi. Gangguan kulit ini biasanya muncul di daerah dahi, leher, ketiak, punggung, dan bagian lain yang tertutup dan sering lembab. Jika kulit bayi Anda kemerahan dan muncul gelembung kecil-kecil yang berair, itulah biang keringat. Bayi akan merasakan gatal dan panas di bagian yang ditumbuhi biang keringat tersebut. Jika dibiarkan, biang keringat itu bisa menjadi ruam merah dan peradangan.

Untuk mengatasi gangguan kulit bayi ini, lakukan merawat kulit bayi secara rutin. Caranya setiap memandikan bayi, gunakan air hangat yang bersih. Kemudian setelahnya keringkan kulit bayi dengan benar menggunakan handuk lembut. Terutama jika bayi Anda berbadan gemuk dan tubuhnya berlipat-lipat. Setelah itu, Anda bisa mengoleskan lotion anti biang keringat yang aman. Saat mengoleskan lotion, Anda bisa sembari melakukan pijat bayi dengan lembut. Cara ini bisa menjadi bukti kasih sayang Anda terhadap si bayi. Hal yang juga Anda perlu perhatikan adalah ruangan tempat si bayi. Usahakan kamar dan tempat bermain bayi Anda memiliki ventilasi udara yang cukup sehingga ia tidak terlalu sering berkeringat.

Popok adalah hal yang tak terpisahkan dari bayi. Namun, perlengkapan bayi ini juga bisa memicu masalah kulit bernama eksim popok atau ruam popok. Penyakit kulit bayi ini umumnya ditemukan di lipatan kulit paha dan pantat akibat popok yang lembab. Popok lembab memang rentan terhadap bakteri dan menyebabkan iritasi. Untuk mengatasi gangguan kulit bayi ini, gantilah popok sesering mungkin, terutama ketika sudah basah. Pilih juga popok yang memiliki daya serap baik dan lembut. Perhatikan juga ukuran popok jangan sampai terlalu ketat dan menggesek-gesek kulit. Ketika bayi buang air, selalu bersihkan dengan benar dan lap sampai kering.

Yang tidak kalah penting dalam merawat kulit bayi, pilih baik-baik setiap produk perawatan bayi yang Anda gunakan. Mulai dari sabun, sampo, bedak, minyak telon, dan minyak kayu putih. Semuanya harus anti-alergik dan aman. Cermati zat warna dan bahan-bahan pembuatnya. Juga kadar pH-nya harus sesuai dengan kulit bayi. Dan pastikan Anda menggunakan produk perawatan bayi itu secara tidak berlebihan. Terakhir, untuk pakaian bayi pilihlah yang berbahan katun yang menyerap keringat. Hindari memakaikan pakaian berbahan nilon atau wol terlalu sering. Dengan penanganan dan perawatan yang tepat, kulit bayi Anda akan lebih sehat dan cantik. Semoga tips mengatasi gangguan kulit bayi ini bermanfaat untuk Anda.

Baca Juga: Repot Bayi Sering Ngompol? Gunakan Sprei Waterproof, Atasi Ompol dan Bau Pesing

Loading...

Populer di Dunia Bayi

1500+ Rangkaian Nama-Nama Bayi Laki-Laki Islami Modern

Mendapatkan kehamilan memang merupakan salah satu berkah yang luar biasa yang di berikan…

Nama-Nama Bayi Perempuan Islami

Nama adalah doa dan nama juga bisa menjadi pengharapan orang tua kepada anak. Oleh karena…

Cara Ampuh Menaikan Berat Badan Bayi

Pada umumnya bayi dilahirkan dengan berat badan dan ciri yang berbeda satu sama lainnya,…
Default Image

Bayi Muntah Setelah Diberi ASI

sumber : KuliahBidan Gumoh dan muntah sering kali terjadi hampir setiap pada bayi. Gumoh…

Bayi Kuning, Kenali dan Waspadai

Pigmen bernama bilirubin adalah faktor penyebab dari bayi kuning (ikterus) yang harus di…

Follow us