Wasir (Hemorrhoid) adalah pelebaran pembuluh darah balik (vena) akibat adanya pembendungan pada bagian atas dubur (biasa disebut varises). Ada dua jenis wasir yaitu internal (tempatnya didalam) dan eksternal (tempatnya diluar dubur dan dapat diraba).

Pada kehamilan akibat pembendungan darah balik dibagian perut oleh janin, maka bagi ibu hamil yang telah menderita wasir, akan dapat kambuh dan sering menyiksa saat kehamilan. Apalagi waktu proses melahirkan, wasir tersebut akan semakin membesar bahkan yang jenis internal dapat keluar.

Nah, tips kali ini akan membahas tentang pencegahan wasir yang dapat digunakan bagi ibu yang hamil maupun yang tidak hamil.

  • Makan-makanan yang mengandung serat, seperti buah-buahan dan sayur-sayuran, utamakan gandum karena memiliki serat yang tinggi.
  • Minumlah air putih sebanyak 6-8 gelas perhari.
  • Hindari duduk terlalu lama. Jika aktifitas kerja anda terlalu banyak duduk, sediakanlah 5 menit untuk istirahat sambil berdiri atau berjalan-jalan.
  • Hindari angkat beban yang terlalu berat, mintalah bantuan kepada ornag sekitar bila ingin mengangkat beban untuk mengurangi tekanan pada dubur.
  • Lakukan olahraga ringan tiap pagi, minimal selama satu jam. Karena olah fisik akan membantu pergerakan usus dalam mencerna makanan.

Sedangkan untuk ibu yang menderita wasir, beberapa poin diatas dapat ditambahkan dengan poin-poin dibawah ini untuk diketahui.

  1. Kurangi konsumsi daging, agar kotoran atau feses tidak terlalu keras.
  2. Hindari makanan pedas yang berasal dari cabai dan merica agar rasa nyeri dan panas tidak muncul saat atau setelag Buang Air Besar.
  3. Gunakan waslap atau kain basah sebagai kompres saat nyeri timbul.
  4. Gunakan obat-obatan supositoria (obat yang dimasukkan dalam dubur) untuk mengurangi pembengkakan atau salep anesthesia yang berfungsi mengurangi rasa nyeri.

Untuk mengetahui jenis dan tingkatan ringan atau beratnya disarankan untuk berkonsultasi dengan petugas kesehatan terdekat.
Semoga bermanfaat! ?


.>> Diskusikan Topik ini di Forum