Tips Mencegah Datangnya Penyakit Di Musim Hujan Pada Ibu Hamil

Ibu yang sedang hamil sangat disarankan untuk menjaga kesehatan dikarenakan pada saat musim penghujan seringkali daya tahan tubuh menjadi menurun. Kondisi kesehatan yang menurun pada ibu hamil dapat mengganggu perkembangan dan pertumbuhan janin sehingga penting sekiranya untuk menjaga kesehatan ibu hamil di musim hujan dengan melakukan pencegahan yang tepat. Beberapa penyakit yang seringkali mengganggu kesehatan ibu hamil diantaranya adalah flu, mual dan muntah, bronchiolitis dan juga infeksi dada.

Penyakit yang disebabkan karena perubahan cuaca pada musim hujan dan seringkali mengganggu kesehatan ibu hamil salah satunya adalah flu. Gejala yang timbul adalah mengalami pilek, badan menggigil, penurunan nafsu makan dan batuk. Kondisi gangguan kesehatan ini berhubungan dengan virus yang menginfeksi lapisan lunak yang terdapat pada hidung. Kedua kondisi kesehatan yang mengganggu ibu hamil saat musim hujan ditandai dengan nyeri otot, mual, muntah dan juga kram perut yang mengakibatkan ibu hamil kehilangan cairan dan lesu.

Terakhir gangguan kesehatan yang harus diwaspadai ibu hamil pada saat sedang hamil yaitu bronchiolitis dan infeksi dada yang mengakibatnya terganggu saluran pernapasan ibu hamil dan menimbulkan sesak napas disertai nyeri pada bagian dada. Untuk melakukan pencegahan akan datangnya penyakit di musim hujan pada ibu hamil maka dapat melakukan cara-cara berikut.

Tips untuk mencegah datangnya penyakit yang dapat timbul pada saat musim hujan pada ibu hamil :

1.  Selalu Membawa Payung

Video Hari Ini

Tips untuk mengetahui sisi positif, keunggulan dan bakat anak
Bangga dari Prestasi atau Kebesaran Hati?

Bangga dari Prestasi atau Kebesaran Hati?.

Posted by Bidanku on Friday, April 4, 2017

Sediakan selalu payung lipat di tas anda ketika akan bepergian. Payung merupakan salah satu perlindungan yang membantu anda untuk menjaga kesehatan di musim hujan. Adapun jika anda melupakan membawa payung dan membuat badan anda kehujanan sebaiknya segera mandi dan keramas sehingga dapat mengurangi air hujan yang tidak bersih yang mengandung partikel polusi menyebabkan daya tahan tubuh anda menurun.

2.  Lemon hangat dan madu

Flu dapat terjadi pada saat musim hujan salah satunya menyebabkan kondisi kesehatan ibu hamil menurun dan mudah sekali lesu. Untuk menghindari flu yang seringkali disertai dengan sakit pada bagian tenggorokan anda dapat mengkonsumsi lemon hangat dan madu sehingga dapat meredakan sakit pada bagian tenggorokan.

3.  Menjaga Kebersihan dan Kesehatan Tangan

Beberapa bahaya yang dapat disebabkan oleh air hujan adalah penyebaran kuman dan bakteri yang lebih tinggi sehingga ibu hamil harus mewaspadai penyakit diare. Sehingga dalam menghindarinya anda dapat mencuci tangan dengan menggunakan sabun secara sering, minimal sebelum makan, setelah memegang hewan peliharaan dan setelah buang air kecil dan buang air besar. Dengan membiasakan mencuci tangan akan mengurangi infeksi virus dan bakteri yang menyebabkan sakit.

4.  Istirahat Cukup

Luangkan waktu istirahat anda pada siang hari, kondisi yang terlalu lelah dan membuat anda tertekan akan meningkatkan resiko gangguan kesehatan apalagi di musim hujan. Dengan memberikan waktu istirahat sekitar 20-30 menit pada siang hari maka anda dapat kembali membuat badan menjadi bugar, untuk anda yang memiliki kesibukan kantor anda dapat beristirahat sejenak dari rutinitas kantor selama 10-15 menit disela aktivitas anda dan buatlah tubuh anda rileks.