Tips Memilih Rumah Sakit Bersalin Yang Baik

rumah sakit bersalinAnda yang sedang hamil tentu harus pintar-pintar mencari rumah sakit bersalin yang baik untuk anda dan bayi anda. Suami biasanya akan mulai mendiskusikan dan memilih yang terbaik bagi anda. Anda harus benar-benar selektif karena salah-salah anda dan bayi anda bisa dalam keadaan yang sangat berbahaya. Anda harus mengetahui beberapa tips untuk mencari rumah sakit yang terbaik bagi anda dan anak anda. Beberapa tips yang bisa anda pilih ketika anda akan memilih rumah sakit bersalin yang terbaik bagi anda adalah sebagai berikut:

Hal yang pertama yang harus anda perhatikan adalah apakah rumah sakit memberikan waktu kepada ibu untuk memberikan ASI sesaat bayi baru lahir. Bayi harus mendapatkan ASI ketika sudah dilahirkan. ASI mengandung nutrisi terlengkap dan terbaik sehingga bayi tidak membutuhkan nutrisi lainnya kecuali ASI. Rumah sakit bersalin yang terbaik tentu akan mendukung air susu ibu agar bisa keluar dan bayi harus dibawa kedekapan ibu untuk mencari dimana putting susu si ibu. IMD atau inisiasi menyusui dini akan membuat bayi anda cerdas dan sehat. Hal kedua yang harus anda perhatikan adalah fasilitas rawat gabung untuk bayi anda.

Biasanya rumah sakit bersalin akan memisahkan ibu dari bayi yang baru dilahirkan. Bayi akan diletakkan diruangan bayi dan ibu akan ada diruang perawatan lain. Rumah sakit yang baik akan memberikan layanan 24 jam pertama setelah bayi dilahirkan sehingga bayi akan mendapatkan asi yang terbaik dan ibu akan lebih dekat dengan bayinya. Rumah sakit juga punya kebijaksanaan untuk tidak melakukan rawat gabung jika memang tidak memungkinkan atau ada suatu masalah yang serius pada bayi atau ibu.

Hal yang ketiga adalah rumah sakit selalu mendukung pemberian ASI tanpa jadwal. Ibu harus mau menyusui bayi ketika bayi merasa sangat lapar. Ibu bisa dengan leluasa memeluk bayi dan memberikan asi tanpa ada harus ada batasan jadwal pemberian asi pada bayi anda. Rumah sakit tidak boleh membatasi dengan jadwal pemberian asi. Ini tentu akan menyiksa anak bayi anda yang memang sedang sangat membutuhkan asi.

Anda juga harus memperhatikan hal yang keempat. Jangan sampat rumah sakit memberikan empeng atau dot pada bayi yang sedang menangis. Anda harus mencari rumah sakit yang menggunakan cara lain untuk menghentikan tangisan bayi yaitu dengan cara menggunakan cangkir, pipa tabung atau pipet untuk memberikan asi. Banyak cara yang tidak perlu menggunakan dot karena akan membuat ketergantungan pada bayi anda


Video Minggu Ini
Tips untuk mengetahui sisi positif, keunggulan dan bakat anak.

You must have the Adobe Flash Playerthe Adobe Flash Player installed to view this player.

Video courtesy of Bebeclub.


Hal yang terakhir yang harus anda perhatikan adalah carilah rumah sakit bersalin yang memiliki kelompok pendukung ibu yang menyusui bayinya. Ibu memang sangat perlu memberikan asi karena kandungan asi tidak bisa dibandingkan dengan kandungan susu formula termahal sekalipun.

Anda harus benar-benar mencari rumah sakit yang berkualitas dengan tenaga medis yang terpercaya. Banyak rumah sakit yang tidak teliti sehingga banyak kasus bayi tertukar dengan keluarga lainnya. Ini akan sangat merugikan anda. Banyak rumah sakit yang tidak aman, karena semua perawat bisa masuk keruangan bayi dan mengambil bayi. Anda harus menghindarinya.