Tips Memilih Menu Berbuka bagi Ibu Menyusui

Pada dasarnya kesehatan setiap individu berbeda sehingga untuk anda yang sedang menyusui dan memutusan untuk berpuasa ada baiknya untuk mengetahui kondisi kesehatan anda dan bayi dengan bantuan dokter sehingga menjalankan puasa tanpa adanya gejala yang mempertinggi resiko gangguan kesehatan.

Prinsipnya, berpuasa dalam islam bagi anda yang sedang hamil dan menyusui merupakan suatu hal yang tidak menjadi keharusan jika dikhawatirkan akan menggangu kesehatan bayi dan anda. Bagi anda yang akan melakukan ibadah puasa silahkan saja asalkan bisa menjaga asupan nutrisi selama berpuasa dalam produksi air susu. Pada saat menyusui penting untuk menjaga pola makan yang seimbang. Dalam memasuki bulan ramadhan dan memutuskan untuk mengikuti puasa maka anda harus tetap menjaga pola makan tersebut untuk nutrisi yang dibutuhkan di dalam produksi asi dalam memberikan kualitas dan kuantitas asi terbaik untuk bayi anda.

Apabila anda tidak bisa menjaga pola makan yang seimbang maka dikhawatirkan akan berimbas pada kesehatan diri anda karena dalam produksi asi membutuhkan asupan gizi yang cukup selain itu kalori di dalam tubuh juga sangat penting untuk melakukan aktifitas sehari-hari. Pada saat anda menyusui sangat dibutuhkan jenis makanan yang bervariasi untuk memberikan kualitas asi terbaik, ketika berpuasa asupan makanan bisa anda jaga selama sahur dan berbuka. Sehingga meskipun anda tidak memberikan asupan di siang hari maka kebutuhan tersebut masih bisa dilengkapi. Hal yang harus anda ketahui bahwa selama anda berpuasa tidak akan mempengaruhi volume asi anda.

menu-buka-puasa.jpg

 

Meskipun asupan makan dan minum tidak terjadi selama 14 jam akan tetapi asi dapat dikontrol dengan adanya respon otak sehingga pengeluaran cairan bisa dapat diperkecil. Pada dasarnya apabila anda dapat mencukupi kebutuhan gizi selama puasa maka akan menjaga kesehatan tubuh anda dan tidak akan menimbulkan gangguan kesehatan bagi bayi anda. Saran untuk anda yang akan berpuasa memang sebaiknya dilakukan pada usia lebih dari enam bulan karena nutrisi bisa didapatkan dari makanan pendamping asi.

Berikut komposisi seimbang yang dibutuhkan untuk mencukupi gizi ketika anda berpuasa yang bisa anda lengkapi ketika sahur dan berbuka.

1.    Karbohidrat. Karbohidrat dibutuhkan dalam menjaga energi anda sepanjang hari selain itu pada saat menyusui anda memang membutuhan kalori yang lebih besar dari biasanya hal ini untuk memenuhi kebutuhan produksi air susu anda.

2.    Protein. Protein yang berasal dari hewani dan nabati bisa anda jadikan menu saat berbuka, selain kandungan gizi yang baik, protein dapat membantu anda dalam membangun sel yang telah rusak dan tidak dibutuhkan dalam tubuh.

3.    Vitamin dan Mineral. Vitamin yang di butuhkan ketika sedang anda menyusui bisa anda lengkapi ketika sedang berbuka dan sahur, konsumsi jenis sayur dan buah yang bervariasi untuk mendapatkan manfaat bagi sari makanan bayi anda. Ketika anda berbuka puasa maka anda tetap bisa menjaga pola makan anda. Apalagi pola makan tiga kali sehari masih tetap dibutuhkan dalam memenuhi asupan nutrisi produksi susu :

Menu berbuka puasa :

  1. 1 gelas jus buah
  2. 1-2 buah kurma

Menu makan :

  1. 1 piring nasi
  2. 1 potong ikan
  3. 2 potong tempe dan tahu
  4. 1 mangkuk sayur asam
  5. 1 potong buah

Menu makan setelah sholat tarawih :

  1. 1 potong roti semangkuk kacang-kacangan
  2. 1 gelas susu khusus ibu menyusui