Tips Memilih Makanan Masa Nifas

Pasca ibu melahirkan, seorang ibu membutuhkan proses pemulihan agar seluruh tubuhnya dapat kembali normal sama seperti sebelum ibu melahirkan. Masa pemulihan tersebut berlangsung kurang lebih selama 40 hari setelah melahirkan. Masa nifas atau masa setelah ibu melahirkan sangat membutuhkan perhatian yang lebih sama halnya ketika ibu masih mengandung, terutama kebutuhan akan makanan yang mengandung zat gizi serta cairan dalam tubuh. Selain itu perubahan hormon setelah melahirkan harus segera anda hadapi. Jika anda tidak memperhatikan keadaan tubuh anda maka peran anda sebagai ibu akan terasa sangat melelahkan.

Jika anda tidak segera mengatasinya, kondisi tersebut bisa menyebabkan postpartum depression atau depresi setelah melahirkan yang tidak berakhir lebih dari 10 hari, hal ini disebabkan karena ibu belum bisa menyesuaikan keadaan setelah melahirkan tersebut. Siasati hal tersebut melalui makanan yang dikonsumsi. Makanan selain dapat mempercepat sebuah proses pemulihan, makanan juga dapat berpengaruh terhadap mood, juga meningkatkan kualitas pada ASI.

Makanan apa saja yang sebaiknya dikonsumsi? Berikut adalah daftarnya :

1.    Susu, tidak hanya bayi saja yang sangat membutuhkan susu, namun sang ibu pun sangat membutuhkan susu bagi kebugaran dan kesehatan tubuhnya.

2.     Minyak Omega-3, sebaiknya anda banyak mengkonsumsi berbagai jenis makanan yang mengandung banyak minyak omega-3. Minyak omega3 dapat membantu menangani depresi, dan meningkatkan fungsi pada otak. Minyak omega-3 ini bisa kita dapatkan dari salmon, minyak biji ami dan juga kenari.

3.    Suplemen omega-3, jika anda mengurangi makanan ikan karena takut akan kandungan merkuri yang ada dalam ikan, maka anda dapat mengkonsumsi suplemen omega-3 yang berbahan dasar sari minyak ikan asli dan alami yang aman dan baik bagi ibu menyusui.

4.    Protein, protein yang terkandung dalam susu, kedelai, ikan, dan daging sangat bermanfaat bagi perkembangan otak dan memberikan efek tenang pada otak. Untuk itu demi meningkatkan protein dalam tubuh anda maka cobalah untuk sarapan orak-arik telur, dan untuk makan siangnya bisa anda dapatkan dari daging sapi. Cemilannya anda dapat mengkonsumsi keju, yoghurt dan juga biskuit.

5.    Air putih, kondisi akan semakin buruk ketika kita mengalami dehidrasi. Gejala dehidrasi itu sendiri dapat berupa kecemasan dan kelelahan. Untuk mengurangi dehidrasi maka biasakan minum air putih sebanyak 8 gelas setiap harinya.

6.    Batasi konsumsi kafein, meminum 1-2 cangkir kopi setiap paginya akan membantu menaikan semangat beraktivitas. Akan tetapi jika anda meminum kopi atau minuman yang mengandung kafein sepanjang harinya akan membuat anda menjadi sering lelah, gelisah, mudah tersinggung dan mood anda terganggu. Jika anda ingin sepenuhnya terbebas dari kafein anda dapat menguranginya secara perlahan dan jangan lakukan secara drastis.

7.    Dark chocolate, jika anda diharuskan untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung gula, maka makanlah coklat. Dark chocolate dengan kualitas tinggi yang mengandung lebih dari 70% kadar cocoa, sangat baik dalam memperbaiki mood.

8.    Sereal gandum, setelah melewati malam yang melelahkan, dengan mengkonsumsi sereal gandum di pagi hari dapat menambah energi untuk menjalani hari.

9.    Sayuran hijau, banyaklah mengkonsumsi sayuran hijau seperti bayam, brokoli, buncis dan sayuran hijau laiinya yang mengandung vitamin C dan zat besi yang kaya akan antioksidan.

10.    Jeruk, buah jeruk yang banyak mengandung vitamin C dapat membantu tubuh anda dalam menambah energi. Wanita yang baru melahirkan lebih membutuhkan banyak vitamin C dibandingkan pada saat anda sedang hamil.