Tips Membeli Perlengkapan Bayi Guna Menyongsong Si Kecil
 

Perlengkapan bayi merupakan salah satu dari banyak hal yang perlu anda siapkan menjelang kelahiran bayi anda.memiliki bayi merupakan hal  yang paling ditunggu-tunggu oleh hampir semua pasangan suami istri dan ketika hari kelahiran bayi tersebut sudah dekat, maka inilah saat-saat yang mendebarkan sekaligus membuat pasangan suami istri menjadi tidak sabar menanti. Mungkin banyak dari anda dan pasangan anda belum tahu tentang apa saja yang harus anda persiapkan untuk menyambut kehadiran buah hati anda di dunia karena mungkin ini adalah kali pertama bagi anda dan pasangan anda memiliki momongan. Agar anda lebih siap dalam menyambut buah hati anda, maka ada beberapa hal yang perlu anda persiapkan dan salah satunya adalah menyiapkan perlengkapan yang akan digunakan oleh bayi anda nanti setelah lahir.

 

Persiapan sejak masa-masa akhir kehamilan

Karena bayi adalah anggota baru dalam keluarga anda, maka persiapan yang perlu anda lakukan juga harus dari awal., nama, seperti kamar, perlengkapan bayi, serta masih banyak lagi yang perlu anda siapkan. Biasanya, persiapan untuk bayi akan dilakukan saat trimester terakhir dari sebuah kehamilan, karena pada saat-saat ini jenis kelamin bayi yang sedang anda kandung sudah dapat diketahui, baik itu laki-laki maupun perempuan, sehingga perlengkapan yang nantinya akan dibeli dapat disesuaikan dengan jenis kelaminnya. Untuk perlengkapan yang akan digunakan oleh bayi anda nantinya, anda juga harus mengetahui apa-apa saja yang perlu anda beli dan apa saja yang tidak perlu.

Sesuaikan dengan kebutuhan

Untuk perlengkapan yang paling mendasar dan diperlukan oleh bayi tentunya adalah pakaian. Pada awal masa kelahirannya, bayi hanya akan menggunakan popok karena intensitas buang air kecil dan buang air besarnya yang masih cukup sering. Anda juga perlu membeli popok dalam jumlah yang lebih banyak, setidaknya dua lusin, untuk mengantisipasi resiko kehabisan popok terutama pada musim penghujan.Kemudian, anda perlu juga membeli baju, baik itu lengan panjang, lengan pendek, atau tanpa lengan. Untuk baju bayi, sebaiknya anda tidak perlu membelinya dalam jumlah yang banyak karena bayi akan cepat sekali tumbuh dan penggunaannyapun tidak akan sesering popok.

Perlengkapan bayi yang perlu anda persiapkan selanjutnya adalah bedong flannel, karena fungsinya hanya untuk menghangatkan bayi dan bukan untuk meluruskan kaki bayi.Lalu kaos tangan untuk mengantisipasi kuku bayi yang belum dipotong menggores mukanya, gendongan bayi baik gendongan instan maupun gendongan kain panjang. Anda juga pasti akan memerlukan perlak agar air kencing bayi tidak tembus ke kasur anda. perlak dapat anda beli juga dalam bentuk meteran jika anda ingin tetap dapat menggunakannya hingga bayi anda besar. Yang tidak kalah penting lagi ialah kojong atau kelambu yang berfungsi melindungi bayi dari nyamuk dan serangga jenis lain terutama saat bayi sedang tidur. Selanjutnya, anda perlu untuk mempersiapkan perlengkapan mandi untuk bayi anda seperti handuk, waslap, ember, sabun, dan shampoo.

Yang tidak perlu disiapkan

Namun, ada pula beberapa perlengkapan yang biasanya disiapkan untuk bayi namun dengan alasan kesehatan ternyata tidak perlu anda persiapkan antara lain adalah gurita, bedak, dot, dan sit baby walker. Mengingat begitu banyak perlengkapan untuk bayi anda yang harus anda siapkan, anda tidak perlu membelinya dalam satu waktu.Anda dapat melakukannya secara bertahap sehingga anda tidak kaget dengan budget yang anda keluarkan untuk membeli seluruh perlengkapan bayi anda dalam satu waktu.


.>> Diskusikan Topik ini di Forum