Tips Melatih Berjalan Pada Anak dengan Tindakan yang Tepat Orang Tua

Memasuki usia bayi 8-9 bulan, kemampuan motoriknya semakin meningkat. Perkembangan yang sangat terlihat adalah ketika bayi mampu berdiri dan belajar berjalan. Peranan orang tua sangat besar dalam menstimulasi kemampuan bayi anda untuk berjalan. Hindari penggunaan baby walker saat bayi anda belajar berjalan sebaiknya anda melatih berjalan pada anak dengan tindakan-tindakan yang aman dan menyenangkan.

Masing masing anak memiliki usia yang berbeda dalam kemampuan berjalan. Bayi dapat mulai berjalan pada usia 9 bulan, adapula yang baru mulai berjalan antara usia 12-17 bulan. Perbedaan selanjutnya seringkali dialami oleh anak-anak, dalam menumbuhkan rasa kepercayaan diri ketika belajar berjalan. Ada anak anak dapat cepat yakin dengan kemampuannya berdiri dan mulai melangkah adapula yang sulit meyakini kemampuannya karena dianggap akan membahayakan dirinya. Sebelum anda mengajarkan anak anda berjalan pastikan bahwa gerakan yang dimilikinya telah didukung oleh otot tubuh, otot kaki dan juga lengannya sehingga mampu menopang badannya.

Berikut adalah trik yang dapat anda pilih dalam melatih anak anda untuk belajar berjalan dengan tindakan yang tepat dari orang tua :

1. Pilih suasana yang aman dan nyaman untuk anak anda

Pertama kali ketika sedang mengajarkan anak anda berjalan, seringkali orangtua merasakan ketakutan dan kekhawatiran kalau anaknya terjatuh. Hal yang harus anda lakukan adalah buatlah rasa percaya diri pada anak anda sehingga tidak menghambat kemampuannya dalam berjalan. Anda dapat memasang karpet yang tidak terlalu keras dan tidak pula terlalu lunak sehingga mudah dalam belajar berjalan. Kemudian hindari pula benda benda yang akan beresiko membuat anak anda terluka, atau cairan yang membuatnya terpeleset ketika belajar berjalan.

2. Gunakan sepatu dan sandal yang cocok

Ketika melatih anak anda belajar berjalan, perhatikan sandal atau sepatu yang digunakan. Perhatikan kecocokan alas kaki yang digunakan jangan sampai menghambat dalam proses belajar anak anda. Ketika sedang belajar berjalan, pilihlah sepatu atau sandal yang mempunyai dasar sol yang datar, lembut sehingga mampu merangsang berjalan dengan baik dan leluasa.

3. Gunakan permainan untuk merangsang permainan

Anda dapat melatih untuk merangsang kemampuan anak anda untuk berjalan dengan menggunakan permainan favoritnya. Tempatkan permainan yang dapat membuat anak anda lebih bersemangat untuk belajar berjalan.

4. Dapatkan berat badan ideal anak anda

Ketika berat badan anak anda terlalu besar maka kemampuan anak anda untuk berjalan akan terhambat. Hal yang harus anda lakukan adalah batasan normal sehingga berat badan anak anda akan menunjang kemampuan berjalan. Perhatikan asupan makanan bergizi agar tumbuh kembangnya optimal.

5. Hindari menggunakan Baby walker

Pemakaian baby walker akan meningkatkan resiko kecelakaan pada bayi, terutama ketika bayi anda jatuh dan menghambat kemampuannya untuk berjalan. Hal ini juga dapat menghambat rangsangan pada otot-ototnya terutama pada paha dan kaki dengan optimal. Biarkan anak belajar berdiri dan berjalan dengan alami. Dengan berpegangan pada benda disekitarnya dan memberikan kenyamanan dari bantuan pengawasan anda.