data-ad-format="auto"

Tips Melakukan Stimulasi Menyenangkan Sesuai Usia Janin

Pentingnya memberikan stimulasi pada janin anda sehingga mampu meningkatkan sel-sel otak pada janin, dengan banyaknya sel otak yang terbentuk maka semakin luas pula jaringan otak pada janin anda. Dengan ukuran dan perkembangan otak yang optimal akan menentukan kecerdasan anak anda di masa yang akan datang, selain itu secara psikologis stimulasi yang dilakukan pada janin akan membuat ikatan batin yang kuat antara ibu dan janin. Sebelum anda memberikan stimulasi pada janin anda sebaiknya anda pahami usia janin atau kehamilannya sehingga pada masing masing usia memiliki perbedaan stimulasi.

Berikut adalah tips melakukan stimulasi dengan cara yang menyenangkan dapat dilakukan oleh ibu dan ayah sesuai dengan usia janin anda :

1.    Pada Usia janin 1-4 minggu

Pada minggu pertama kehamilan sebaiknya melakukan stimulasi gizi sehingga memberikan asupan yang baik pada janin. Anda dapat memperhatikan pola makan yang sehat dengan mengkonsumsi makanan seimbang dan memperhatikan asupan vitamin selama kehamilan.

2.    Pada Usia janin 9-12 minggu

Baca Juga: Panduan Lengkap Kehamilan dan Persalinan

Usia ini bayi telah memiliki reflek terhadap sentuhan sehingga apabila perut ditekan janin akan memberikan respon melakukan gerakan. Hal ini terkait dengan refleks terhadap sentuhan yang sering kali disarankan pada ibu hamil untuk mengusap lembut perut sambil mengajak janin berbicara dengan ikatan emosi yang positif.

3.    Pada Usia janin 13-16 minggu

Pada usia ini indra pendengaran janin sudah berfungsi sehingga seringlah mengajak janin untuk berbicara, anda dapat melibatkan peran ayah dengan mengungkapkan hal yang positif dan menyenangkan. Ibu dan ayah dapat memberikan stimulasi dengan cerita kurang lebih 10 menit sehingga janin akan belajar menyimak.

4.    Pada Usia janin 17-20 minggu

Anda dapat mendengarkan musik klasik kepada bayi anda, penelitian menemukan bahwa seringkali bayi yang diberikan alunan musik klasik akan menjadi tenang dan lebih mudah berkonsentrasi. Selain itu bayi anda akan mudah merespons ketika diputarkan musik. Atur jadwal dalam pemberian musik klasik pada janin anda sehingga janin akan menikmati alunan musik dan menstimulasinya secara optimal.

5.    Pada Usia janin 21-24 minggu

Pertama-tama anda dapat duduk dengan rileks kemudian arahkan senter ke perut ibu setelah itu gerakan cahaya dari senter ke kiri dan ke kanan, bayi anda akan bereaksi dengan melakukan tendangan dan pukulan ketika mendapati cahaya tersebut.

6.    Pada Usia janin 25-28 minggu

Anda dapat memberikan stimulasi dengan memberikan suara, cahaya dan sentuhan, ajaklah bayi anda berkomunikasi sehingga merasakan sentuhan orang tua sekaligus mendengarkan musik yang membuatnya rileks. Lakukan secara teratur, seperti menjadwalkan dua kali dalam sehari dan masing masing dilakukan selama 30 menit.

7.    Pada Usia janin 33-36 minggu

Pada bulan kesembilan ini janin sangat merespon suara yang berasal dari rahim, ungkapkan kata kata yang postif, menenangkan dan membuat anda dan keluarnya sedia menunggu kehadirannya. Dengan begitu dapat membuat anda rileks dalam persalinan.

Loading...

Follow us