Tips Mangatur Energi Menjadi Ibu Baru

Kini hadirnya bayi ditengah keluarga akan mengubah agenda dan jadwal rutinitas anda. Meskipun demikian anda harus tetap dapat mengatur waktu dan tenaga sehingga tetap dapat merawat bayi anda. Beberapa diantara ibu baru banyak yang mengeluhkan cape, kelelahan bahkan hingga mengalami stres karena tidak dapat mengatur waktu dan tenaga menjadi ibu baru.

Kondisi ibu mengalami stres setelah melahirkan sering juga disebut dengan syndrome baby blues dimana kondisi fisik maupun psikis akan menimbulkan stres atau tertekan. Anda tidak sendirian, masih delapan dari sepuluh ibu yang melahirkan akan mengalami kondisi ini. Meskipun tergolong ringan dan hanya terjadi sekitar 2 minggu setelah melahirkan akan tetapi snagat menganggu apabila anda tidak dapat mengatasinya dengan cara yang tepat.

Pemicu terjadinya baby blues adalah faktor hormonal dimana ibu yang baru melahirkan akan mengalami kenaikan hormon laktogen dan mengalami penurunan progesteron sehingga perubahan yang signifikan ini akan mengalami kelelahan fisik.

Selain itu, faktor fisik ibu yang tidak dapat mengatur waktu dan tenaga ketika menjadi ibu baru adalah salah satu pemicu terjadinya sindrome baby bluse. Sehingga sangat penting untuk dapat mengatur waktu dan tenaga menjadi ibu baru. ( Baca : Tips Atasi Kelelahan Menjadi Ibu Baru )

Kondisi Yang Dihadapi IBu Baru

Menjadi ibu baru memang tidak mudah,banyak sekali tantangan yang dihadapinya. Melakukan pekerjaan rumah dan ditambah lagi dengan kewajiban ibu untuk memberikan ASI. Aktivitas yang berulang setiap hari inilah yang menyebabkan ibu baru terkadang kewalahan. Anda dapat meminta bantuan asisten rumah tangga ataupun kerabat untuk membantu membereskan rumah. Selain itu berbagi peran dengan suami untuk mengurus anak dapat membuat anda lebih rileks.

Ibu baru juga baru saja menghadapi persalinan dan kini memasuki merawat anak yang sulit untuk mengatur waktu hingga banyak kerjaan yang berteteran. Ibu baru dihadapi pada masalah menyusui yang terkadang datang di minggu minggu pertama kelahiran bayi anda. Ibu akan menghadapi bayi yang menangis dan tidak mau menyusui atau beberapa ganguan kondisi payudara yang membuat anda terkendala ketika memberikan ASI.

Permasalahan selanjutnya yang dihadpai oleh ibu baru adalah seringkali merasa tidak percaya diri dengan kondisi tubuh setelah melahirkan. Beberapa wanita menurunkan berat badan lebih cepat dan adapula yang mengalami kesulitan mengalami penuruan setelah melahirkan. Ada banyak faktor yang menyebabkan kondisi ini, kenaikan berat badan kehamilan, tingkat aktivitas, genetika, jumlah ASI, kesulitan kelahiran, temperamen bayi baru lahir, kuantitas tidur, jumlah dukungan, bagaimana tubuh Anda / otak merespon stres.

Belum lagi anda merasa bahwa anda tidak dapat menjadi ibu yang sempurna sehingga anda sangat terobesi untuk dapat menjadi ibu yang terbaik. Ibu baru yang berpikir untuk menjadi yang sempurna yang kadang membuat dirinya semakin tertekan dan mengalami kelelahan ketika harus mengurus bayi. Padahal menjadi ibu yang sempurna memang memerlukan banyak latihan dan tidak perlu anda khawatirkan setiap orang bisa melakukannya.

Mengatur Energi Menjadi Ibu Baru

Menjadi ibu baru tidak perlu memerlukan pengajaran di sekolah melainkan harus anda jalani dengan ikhlas dan senang hati, dengan demikian untuk menjadikan anda ibu baru yang menyenangkan anda dapat mengatur waktu dan energi selama mempunyai peranan ini.

Berikut ini adalah Tips Mangatur Energi Menjadi Ibu Baru :

1. Tidak perlu membandingkan dengan orang lain

Kondisi menjadi ibu baru memang berbe-beda, jangan membandingkan dengan teman anda yang berhasil menjadi ibu baru karena akan membuat anda terbebani. Abda dapat merawat bayi anda dengan cara yang berbeda dari ibu lain dan menumakan kebahagian ketika mengurus bayi anda. Selain itu anda juga harus percaya dengan naluri anda yang dimiliki wanita yang memiliki sifat keiibuaan. Hal ini biasanya anda dapat merasakan ikatan batin dengan bayi anda, terlebih bagi anda yang menyusui secara langsung. Kontak batin antara anda dan bayi dapat semakin kuat lewat kulit anda yang bersentuhan.

2. Mengatur jadwal Tidur

Kebiasaan anda untuk begadang di malam hari akan membuat anda cepat lelah esok harinya. Inilah yang harus anda siasati dengan mengatur jadwal tidur anda, sesekali anda dapat ikut beristirahat dengan bayi anda di siang hari sehingga tidak mengalami kelelahan. Ibu baru juga harus tetap tenang dan rileks untuk mendukung produksi ASI yang optimal. Kondisi tubuh yang sehat secara fisik dan mental akan mendukung tumbuh kembang bayi anda. Dengan mencukupi waktu istirahat anda maka anda dapat dengan mudah menjadi ibu baru yang tetap berenergi.

3. Mencukupi Kebutuhan Nutrisi

Ibu baru membutuhkan cukupan nutrisi selain untuk produksi ASI juga untuk tenaga sehingga tidak cepat lelah. Anda dapat memenuhi kebutuhan makan siang anda dengan seimbang. Selain makan siang yang harus anda perhatikan adalah mengganti cemilan anda, usahakan cemilan yang anda konsumsi adalah cemilan sehat seperti buah-buahan sehingga tetap membuat anda sehat selama menyusui.

Untuk mengatur kebutuhan nutrisi dan tetap berenergi selama menjadi ibu baru, anda dapat memulai dengan sarapan sereal dan susu kemudian mencukupi kebutuhan buah-buahan anda dengan menjadikan kudapan pada waktu brunch. Selain itu makan siang dengan kaya lauk yang berprotein dan sayuran dapat menambah energi anda (Artikel terkait: Resep Sayur AsemResep Sayur Asem). Malam hari anda melengkapi menu anda dengan susu sehingga membantu anda untuk mudah istirahat.

4. Menghindari Stres

Kondisi ibu baru yang tertekan dapat terjadi dikarenakan ibu seringkali mengingat rutinitas dan takut tidak dapat mengerjakannya dengan baik. Belum lagi beban menjadi ibu baru yang belum bisa menjadi ibu yang sempurna untuk bayi anda dapat menjadi beban di pikiran anda. Beban pikiran akan membuat anda menjadi tidak bersemangat dan cenderung berputus asa hingga mengalami stres dan memicu terjadinya sindrome baby bluse, sehingga untuk menghindarinya sebaiknya anda melakukan daftar apa yang dapat anda kerjakan segera, apa yang dapat meminta bantuan orang lain dan juga apa yang tidak begitu penting untuk anda kerjakan.

5. Berolahraga

Menjadi ibu baru membuat anda kesulitan untuk menemukan waktu yang pas untuk berolahraga. Padahal dengan berolahraga akan membuat tubuh anda menjadi lebih bugar. Anda dapat menyisiatinya dengan olahraga di rumah. Beberapa pilihan diantaranya adalah senam nifas yang baik dan bermanfaat untuk ibu setelah melahirkan.

Selain itu anda dapat menghitung langkah anda dengan melakukan kebiasaan jalan bersama dengan bayi anda. Anda dapat mengajak bayi anda jalan jalan di sore hari. Anda dapat membuat target 10.000 langkah dan memiliki tubuh yang sehat setiap hari dengan mendorong kereta pagi sekedar untuk mengelilingi taman kota atau membeli perlengkapan bayi anda. Menjadikan kegiatan olahraga anda tetap menyenangkan dan memberikan manfaat untuk ibu baru yang tidak mempunyai banyak waktu untuk mengikuti kelas olahraga.