data-ad-format="auto"

Tips Cerdas Agar Si Buah Hati Tak Gampang Sakit

Melihat si buah hati tumbuh sehat dan selalu aktif serta ceria tentunya menjadi harapan untuk kita para orangtua. Karenanya, hati orangtua mana yang tidak sedih saat harus melihat kecerian si buah hati sirna karena penyakit yang menyerang mereka.

Saat si buah hati jatuh sakit biasanya para orangtua menjadi panik dan sedih karena melihat anaknya terkulai lemas tak berdaya. Apalagi saat ini kita hampir menghadapi penghujung tahun, biasanya bulan-bulan akhir di penghujung tahun akan memasuki musim hujan. Sebagaimana kita ketahui musim hujan selalu diidentikan dengan penyakit, kuman dan bakteri. Itulah mengapa pada musim ini anak-anak akan lebih rentan terkena berbagai penyakit seperti diantaranya demam, flu, batuk hingga diare.

Sejatinya memang wajar jika bayi dan anak-anak menjadi mudah sakit dibandingkan dengan orang dewasa, hal ini dikarenakan sistem imun atau kekebalan tubuh anak-anak tidak sebanding kuat dengan sistem yang dimiliki orang dewasa, sistem imun pada anak-anak sejatinya belum terbentuk secara sempurna sehingga ketika paparan bakteri atau kuman masuk kedalam tubuhnya, ia akan menjadi lebih rentan terserang penyakit.

Selain dipengaruhi oleh faktor alami seperti cuaca, polusi, pencemaran lingkungan dan minimnya pengetahuan masyarakat untuk menjaga fasilitas umum menambah faktor penyebab mudahnya penyebaran penyakit terjadi. Namun demikian, setidaknya sebagai orang tua kita dapat mengupayakan beberapa pecegahan untuk menjaga si buah hati agar tidak gampang sakit.

Baca Juga: Repot Bayi Sering Ngompol? Gunakan Sprei Waterproof, Atasi Ompol dan Bau Pesing

Berikut ini tips yang bisa anda lakukan agar si buah hati tak gampang sakit :

1. Jaga dan Perhatikan Kebersihan Si Buah Hati

Kita semua mungkin sudah tahu jika kotoran dan kuman merupakan sumber penyakit yang paling umum, bahkan bibit penyakit yang terdapat pada kotoran akan dengan mudah berkembang sehingga semakin cepat menjadi sarang penyakit jika terkena tubuh dan menyebar pada tubuh. Disinilah peran orang tua terutama ibu amat dibutuhkan. Ibu dituntut untuk sedapat mungkin menjaga dan memelihara kebersihan lingkungan sekitar serta makanan yang dikonsumsi si buah hati. Selain itu, hal yang tak kalah penting diperhatikan pada si buah hati adalah jaga kebersihan kuku, gigi dan pakaian anak, sebab beberapa hal tersebut adalah sumber terkecil kuman untuk menyerang sistem imunitas atau kekebalan tubuh si bauh hati.

2. Penuhi Kebutuhan Cairan

Tubuh amat membutuhkan cairan untuk menjaga segala proses di dalamnya, seperti proses pencernaan dan sirkulasi darah dalam tubuh, serta proses metabolisme tubuh lainnya. Yang mana kesemua proses tersebut membutuhkan cairan cukup dalam tubuh untuk dapat menunjang kelangsungan proses dengan optimal. Apabila tubuh kekurangan cairan, maka yang terjadi dengan tubuh anda adalah tubuh yang akan mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan. Akibatnya tubuh akan lebih rentan terserang penyakit karena proses dalam tubuh terhambat atau tidak lancar. Untuk itu, pastikan jika anda selalu memenuhi kebutuhan cairan si kecil setiap hari.

3. Konsumsi Buah dan Sayur

Jenis makanan seperti buah dan sayur mengandung banyak vitamin dan mineral yang amat dibutuhkan tubuh. Dengan mengkonsumsinya secara rutin dalam porsi yang pas untuk anak-anak, maka hal ini akan membantu mereka untuk terhindar dari penyakit dan membuat sistem imunnya menjadi lebih kuat.

4. Berikan Madu

Untuk bayi dengan usia berada diatas 2 tahun, orang tua bisa memberikan madu alami secara rutin sebagai obat imun untuk menjaga sistem kekebalan tubuhnya menjadi lebih kuat, sehingga ia tidak mudah terserang penyakit. Hal ini dikarenakan madu memiliki kandungan anti kuman, anti virus dan memiliki kemampuan untuk mengingkatkan kekebalan tubuh secara alami.

Demikian beberapa tips cerdas untuk menjaga si buah hati agar tidak mudah sakit. Anak yang aktif dan ceria mengisi hari-harinya tentu akan membuat hati orangtua menjadi gembira. (Baca juga artikel lainnya: Nama Bayi Perempuan)

Loading...

Populer di Dunia Bayi

1500+ Rangkaian Nama-Nama Bayi Laki-Laki Islami Modern

Mendapatkan kehamilan memang merupakan salah satu berkah yang luar biasa yang di berikan…

Nama-Nama Bayi Perempuan Islami

Nama adalah doa dan nama juga bisa menjadi pengharapan orang tua kepada anak. Oleh karena…

Cara Ampuh Menaikan Berat Badan Bayi

Pada umumnya bayi dilahirkan dengan berat badan dan ciri yang berbeda satu sama lainnya,…
Default Image

Bayi Muntah Setelah Diberi ASI

sumber : KuliahBidan Gumoh dan muntah sering kali terjadi hampir setiap pada bayi. Gumoh…

Bayi Kuning, Kenali dan Waspadai

Pigmen bernama bilirubin adalah faktor penyebab dari bayi kuning (ikterus) yang harus di…

Follow us