data-ad-format="auto"

Tips Berkarir Sambil Memberikan Asi Ekslusif

Selamat bagi anda kini yang tengah berbahagia dengan kehadiran anggota keluarga baru. Untuk tetap mendukung perkembangan dan pertumbuhan anak anda berikan ASI eksklusif hingga usia anak anda minimal 6 bulan. Anda yang harus kembali ke kantor sehabis cuti melahirkan terkadang sangat dilematis karena kebanyakan wanita karir seringkali dihadapkan dengan pemberian ASI ekslusif dan tuntutan untuk kembali kerja.

Seringkali kendala dalam memberikan ASI ekslusif adalah kesibukan anda yang harus berbagi peran di luar rumah. Ya, menjadi wanita karir dan harus memberikan ASI ekslusif memang harus memiliki tips tersendiri sehingga anda dapat membagi waktu dan memprioritaskan untuk tetap mendukung pertumbuhan dan perkembangan yang optimal.

Pertimbangan bagi anda adalah ASI adalah pilihan yang terbaik dibandingkan susu formula dikarenakan kandungan gizi yang terdapat ASI sangat sempurna sehingga dapat membangun perkembangan kecerdasan dan mencegah terserang berbagai macam penyakit.

Baca Juga: Repot Bayi Sering Ngompol? Gunakan Sprei Waterproof, Atasi Ompol dan Bau Pesing

Inilah tips yang dapat anda lakukan untuk membagi waktu pekerjaan dan memberikan ASI :

1. Lakukan jauh hari sebelum anda masuk kerja

Lakukan persiapan jauh-jauh hari sebelum anda masuk kerja sehingga membuatnya terbiasa. Anda dapat melakukan persiapan untuk memberikan ASI ekslusif pada saat anda sedang hamil. Bekali dengan pengetahuan dan juga persiapan saat menyusui semasa hamil.

2. Berikan ASI ekslusif melalui ASI perah

Anda dapat memberikan ASI perah dengan memberikan tiga jam sekali memerah ASI kemudian memasukan ke dalam plastik ataupun botol penampungan ASI.Ketika anda akan memberikan ASI perah sebaiknya anda ciptakan suasana yang tenang ketika akan memerah ASI kemudian cucilah tangan untuk menghindari bakteri yang masuk ke dalam susu perah. Ketika akan memerah ASI, tenmpatkan tangan anda di areola dengan posisi ibujari berlawanan dengan jari telunjuk. Anda dapat menekan tangan ke arah dada, untuk mengikuti aliran air susu. Putar perlahan dengan menggunakan jari sehingga kelenjar susu dapat tertekan dan melancarkan air susu.

3. Kenali Daya Tahan ASI perah

Pada dasarnya ASI akan bertahan pada suhu ruangan selama 4 jam sedangkan apabila anda ingin menyimpannya dalam waktu lebih lama anda dapat menyimpan di dalam termos es/lemari es sehingga bertahan hingga 5 hari. Untuk memudahkan anda, ketika menyimpan ASI perah berikan label tanggal pengambilan ASI perah.

4. Jadwalkan Waktu memerah ASI

Anda dapat memerah ASI pada waktu pagi sebelum berangkat, kemudian di sela sela istirahat kantor anda dapat memerah kembali. Umumnya, di beberapa kantor menyediakan ruangan sehingga membuat anda nyaman akan tetapi jika tidak tersedia anda dapat menggunakan ruangan yang membuat anda rileks. Ketika anda kesusuhan memerah ASI menggunakan tangan, anda dapat menggunakan pompa. Perhatikan pula kesterilan pompa dan botol susu sehingga tidak menimbulkan ancaman kesehatan bagi bayi anda. Sedangkan bagi anda yang memiliki waktu (jarak rumah dan kantor lebih dekat) disarankan untuk memberikan ASI langsung di sela istirahat anda.

Demikian beberapa tips yang dapat membantu anda untuk memberikan ASI meskipun anda sibuk sebagai wanita karir. Dengan memberikan ASI secara ekskutif maka akan membantu dalam memenuhi asupan gizi yang tetap terjaga. Selamat memberikan ASI ekskutif untuk mendukung tumbug kembang bayi anda.

 

 

Loading...

Populer di Dunia Bayi

1500+ Rangkaian Nama-Nama Bayi Laki-Laki Islami Modern

Mendapatkan kehamilan memang merupakan salah satu berkah yang luar biasa yang di berikan…

Nama-Nama Bayi Perempuan Islami

Nama adalah doa dan nama juga bisa menjadi pengharapan orang tua kepada anak. Oleh karena…

Cara Ampuh Menaikan Berat Badan Bayi

Pada umumnya bayi dilahirkan dengan berat badan dan ciri yang berbeda satu sama lainnya,…
Default Image

Bayi Muntah Setelah Diberi ASI

sumber : KuliahBidan Gumoh dan muntah sering kali terjadi hampir setiap pada bayi. Gumoh…

Bayi Kuning, Kenali dan Waspadai

Pigmen bernama bilirubin adalah faktor penyebab dari bayi kuning (ikterus) yang harus di…

Follow us